Menghitung jelang Ramdhan , Tentunya Keluarga keluarga muslim mulai mempersiapkan datangnya Bulan Ramdhan bulan yang penuh rahmat ini. Bergam persaipan  fisisk dan ruhani di lakukan.

Persaipan Ramadhan untuk anak anak juga di lakukan, Sambil mengenalkan makna Ramdhan dan menjadikan bulan ini istimewa. Apa saja persiapan yang perlu atau dapat dilakukan oleh orang tua bersama anak?

Berikut ini ada beberapa tips untuk mempersiapkan anak anak kitamenyambut  Ramadhan sehingga mereka mersakan keistimewaannya  dan ibadah bersama anggota keluarga terasa makin nikmat.

1.Meningkatkan Ibadah harian Bersama- sama

Ajak anak untuk ikut meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah sebelum memasuki Ramadhan, seperti shaum dan sholat sunnah. Hal ini juga untuk meneladani Rasulullah SAW karena beliau paling banyak beribadah sunnah di bulan Sya’ban, yaitu bulan sebelum Ramadhan.

Seperti sabda Rasulullah SAW berikut, dari Aisyah ra berkata: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak puasa sunnah melebihi (puasa sunnah) di bulan Sya’ban.” (HR Bukhari dan Muslim).

2.Mendekorasi rumah dengan hiasan-hiasan atau craft yang berhubungan dengan Ramadhan.

Selain untuk menciptakan suasana yang berbeda, kegiatan ini juga bisa menumbuhkan spirit Ramadhan dan menciptakan hubungan yang erat orang tua dan anak.

3.Untuk anak yang baru akan berlatih puasa, bisa diperkenalkan tentang Ramadhan melalui cerita atau dongeng. Kisah-kisah teladan tentang Ramadhan bisa menggugah dan memotivasi anak banyak beribadah di bulan Ramadhan.

4.Mengajak anak membuat target Ramadhan bersama-sama. Target ini kemudian bisa ditempel di dinding untuk saling mengingatkan.

5..Mempersiapkan wirausaha. Tidak ada salahnya memanfaatkan momen Ramadhan untuk memperluas pintu rezeki, sambil mengajarkan anak berwirausaha. Seperti berjualan makanan berbuka puasa, pakaian, dan sebagainya. Siapkan anak-anak sejak sebelum Ramadhan untuk bisa terlibat dengan kegiatan wirausaha bersama orang tua.

6.Menyusun aktivitas yang akan dilakukan selama Ramadhan. Biasanya, anak-anak sekolah libur di awal dan akhir Ramadhan. Libur yang cukup lama akan membuat mereka cepat bosan. Oleh karena itu, orang tua dan anak bisa menyusun agenda selama liburan Ramadhan.

7.Memberi hadiah spesial, seperti mushaf Al Qur’an yang cantik agar anak memiliki mushafnya sendiri. Hal ini bisa memotivasi anak untuk makin senang membaca Al Qur’an.

8.Mulai mengurangi jajan, supaya anak-anak terbiasa tidak jajan di siang hari di bulan Ramadhan nanti.

9.Latihan bangun lebih pagi. Kalau biasanya anak-anak bangun saat waktu Subuh, ajaklah untuk bangun beberapa menit sebelum adzan berkumandang. Tujuannya untuk latihan sahur.

10.Membuat kotak sedekah. Ajak anak untuk lebih banyak bersedekah di bulan Ramadhan. Uangnya bisa mulai dikumpulkan sebelum Ramadhan tiba, sehingga jumlahnya akan terkumpul lebih banyak pada waktu Ramadhan nanti.

demikian beberapa ide yang bisa dilakukan bersama anak untuk menyambut bulan suci mulia, bulan yang pahala kebaikannya berlipat ganda. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bersama keluarga, semoga Allah menyampaikan usia kita.