Dengan cara kita melarang anak untuk jajan di luar mungkin sulit di turut  anak apa lagi yang sudah kebiasaannya jajan di luar ataupun di sekolahnya , Bahaya dari jajanan anak sekolah mungkin bisa di kurangi dengan cara pntar memilih jajanan yang sehat .

Menurut BPOM, pangan jajanan yang sesuai adalah yang aman, bergizi, dan bermutu. Beberapa tips untuk memilih pangan jajanan sebagai berikut:

1.Pilih jajanan yang aman

Anda bisa memilih jajanan yang aman dengan memperhatikan kebersian tempat jualan tersebut  dan kebersihan pedagang jalanan, perhatikan segala hal hal yang berhubungan dengan kebersihan , mulai dari air untuk mencuci , cara penyajian makanan nya , tempat penyajian makanan dan sebagainya.

2.Jaga kebersihan

Sebelum kita memakan atau memgang makanan tersebut harusnya mencuci tangan terlebih dahulu. Tangan bisa menjadi sumber kuman, kebiasaan anak anak suka menyentuh makanannya dan lansung memakan makanan tanpa mencuci tangan nya terlebih dahulu. Padahal di situ lah bakteri yang terdapat di tangan kita menyebabkan penyakit, seperti diare. Sebaik nya bunda selalu mengigantkan atau membiasakan anak nya untuk mencuci tangan sebelum makan dengan air mengalir dan sabun.

3.Perhatikan warna, aroma, dan rasa masakan.

Beri tahu anak bahwa sebaiknya ia tidak memilih makanan atau minuman yang berwarna mencolok, memiliki rasa yang terlalu asin, manis, atau asam, dan atau mempunyai aroma yang tidak enak, seperti bau tengik. Juga, batasi anak untuk mengonsumsi minuman ringan atau minuman berasa. Terutama bagi anak yang kelebihan berat badan atau obesitas, sebaiknya batasi asupan gula, garam, dan lemaknya dalam sehari, seperti yang ditemukan dalam makanan cepat saji (fast food).

4.Baca lebel makanan

Jika makanan tersebut dalam kemasan , ajarkan ia untuk  membaca lebel makanan pada kemasan makanan tersebut. Yang perlu di perhatikan adalah tanggal kadaluarsa, nama jenis produk, komposisi dan informasi nilai gizi(jika ada). Biasanya anak langsung saja memakan makanan dalam kemasan, padahal bia saja makanan tersebut sudah kedaluarsa, dan hal ini bisa menyebabkan anak sakit.

Semoga bermanfaat.