huong-dan-cach-massage-cho-be-yeu1

Kebahagiaan orang tua yang baru memiliki anak adalah melihat setiap perkembangan bayi, termasuk perkembangan awal yakni mereka mulai bergerak dengan aktif maka perlu ibu mengajari cara agar bayi cepat tengkurap sendiri. Bayi selalu berkembang setiap waktu. Bahkan ada yang mengatakan bahwa wajah bayi bisa berubah-ubah. Perkembangan bayi dimulai dari tengkurap, mengangkat kepala, memekik gembira, duduk, merangkak, memegang benda dan kemudian berjalan.
Setiap orang tua pasti menginginkan selalu ada di dekat bayi untuk menemani di masa perkembangannya. Selalu ada yang pertama, pertama kali bayi bisa tengkurap, pertama kali bayi duduk dan masih banyak hal pertama lainnya. Kejadian pertama itu menjadi moment tersendiri yang menjadi moment bahagia bagi orang tua nah itulah alasan kenapa tips agar bayi cepat bisa tengkurap menjadi pengetahuan penting.

Namun tidak semua bayi bisa melalui tahap perkembangan sesuai usianya. Setiap bayi memiliki waktu dan cara tersendiri dalam tumbuh dan berkembang. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Perkembangan bayi setelah lahir tidak lepas dari perkembangannya pada saat masih dalam kandungan.

Tips  Agar Bayi Cepat Tengkurap Sendiri

Tahap perkembangan pertama bayi adalah tengkurap. Tengkurap adalah posisi di mana bayi bisamembalikan badan menghadap bawah dengan sendirinya. Normalnya bayi akan tengkurap pada usia 2-3 bulan. Setiap bayi memiliki waktu sendiri dalam setiapperkembangannya, untuk usia bayi bisa  tengkurap juga berbeda. Ini dia tips agar bayi cepat tengkurap ;

  • Latihan menopang tubuh bayi dengan bantal

Anda bisa mencoba untuk menempatkan bantal bayi di samping tubuh bayi. Kemudian biasanya bayi akan mencoba untuk menegakkan leher mereka lalu berusaha berguling alami dengan bantal ini. Ketika sudah seperti ini maka cobalah dengan melatih bayi tengkurap dengan membantu bagian kaki bayi. Biasanya ketika Anda memegang bagian ini, maka bagian atas bayi akan bergerak lebih kuat untuk mengkurap. Bayi bisa belajar tengkurap selama beberapa kali hingga mereka merasa lelah. Kebiasaan ini juga sangat baik jika Anda ingin mengajarkan cara melatih bayi duduk agar cepat bisa sesuai pola perkembangan bayi.

 

  • Menahan tubuh bayi di perut Anda.

Anda juga bisa mencoba mengenalkan tengkurap kepada  bayi dengan menahan tubuh mereka diatas perut Anda. Cara ini akan membantu bagian punggung dan leher bayi menjadi lebih kuat. Jika bayi sudah terbiasa dengan posisi seperti ini maka mereka juga bisa tengkurap dengan mudah. Anda bisa membuat bayi memiliki bagian otot tubuh yang lebih kuat sehingga mereka siap untuk belajar tengkurap. Setelah bisa tengkurap dengan cara ini maka ibu bisa melakukan cara menstimulasi bayi merangkak.

 

  • Mencoba membuat bayi tengkurang di kaki Anda

Kemudian Anda bisa mencoba untuk meletakkan bayi dengan posisi tengkurang tapi ada di bagian kaki Anda. Anda bisa melakukan cara ini setelah bayi berumur antara 4 bulan sampai 5 bulan. Letakkan bagian perut bayi di kaki Anda, lalu kepala di lutut Anda. Kemudian panggil bayi dari depan sehingga mereka merasa mendapatkan tampilan visual dari beberapa titik yang berbeda dibandingkan cara yang biasanya. Bayi yang senang dengan cara ini biasanya akan mudah tengkurap. Kebiasan ini bisa mencegah masalah seperti anak lambat bicara sehingga tidak perlu melakukan terapi anak terlambat bicara.

 

  • Biarkan bayi tidur di lantai dengan alas yang aman

Biasanya sulit untuk membuat bayi belajar tengkurap ketika posisi mereka sudah nyaman. Anda bisa memindah bayi agar bisa bermain di lantai. Kemudian berikan alas yang aman untuk tubuh dan kepala bayi. Lalu berikan mainan di beberapa arah sehingga bayi Anda berusaha untuk menjangkau mainan tersebut. Biasanya secara alami bayi akan berusaha untuk bergerak ke arah mainan itu, meskipun harus dengan tengkurap terlebih dahulu.

 

  • Tidur disamping bayi dengan posisi tengkurap

Cara tengkurap untuk bayi juga bisa dicontoh dari orang dewasa. Bayi bisa melihat ada proses tengkurap karena mereka melihat hal ini dari orang lain. Ketika bayi tidur dengan posisi telentang maka lihat atau panggil bayi. Mereka biasanya akan terangsang secara alami untuk bisa berada dalam posisi seperti orang dewasa. Ketika Anda melakukan cara ini maka pastikan bayi dalam posisi yang nyaman, misalnya tidak setelah minum susu agar tidak menyebabkan perut kembung pada bayi.  Jika Anda membuat posisi ini setelah bayi minum susu maka bayi bisa muntah atau gumoh.

 

  • Pijat bayi

Memberikan pijatan bayi juga bisa membantu bayi lebih cepat belajar tengkurap. Pijatan bayi yang dilakukan untuk beberapa titik tubuh bayi akan membuat bayi bisa mudah untuk tengkurap. Cara ini sangat baik karena  bayi bisa belajar dengan cepat. Ada sebuah fakta yang membuktikan jika rangsangan pada bagian syaraf tubuh bayi bisa membuat mereka bisa memiliki perkembangan motorik yang lebih cepat dibandingkan bayi yang tidak pernah mendapatkan pijatan. Jadi pastikan bahwa bayi Anda mendapatkan pijatan bayi yang benar sehingga bayi menjadi lebih sehat.

 

  • Tempatkan cermin di depan bayi

Memberikan mainan seperti cermin di depan bayi sangat baik untuk membantu bayi bisa lebih cepat tengkurap. Cara melatih bayi tengkurap ini sangat baik karena bisa membuat bayi terlihat sama dengan cermin atau mereka ingin melihat bayangan dari berbagai posisi yang berbeda. Anda juga bisa menambahkan mainan atau beberapa benda kesukaan bayi agar mereka merasa termotivasi untuk bergerak ke mainan tersebut.

 

  • Lakukan kontak mata dengan bayi sambil tengkurap

Ibu juga bisa mencoba untuk melakukan kontak mata dengan bayi namun posisi dibuat dengan tengkurap. Cara ini sangat baik karena bisa membantu bayi mengenali orang dewasa dari berbagai sisi atau sudut pandang yang berbeda. Kemudian Anda bisa membuat suara yang lucu, nyanyian atau memanggil nama bayi. Ketika bayi Anda sudah sangat senang dengan membuat suara tawa maka cobalah menarik badan bayi dengan lembut hingga bayi berada dalam posii tengkurap. Jika bayi menangis maka kembalikan posisi seperti semula dan lakukan selama beberapa kali. Latihan ini sangat baik untuk bayi yang terlahir dengan kondisi autis.

 

  • Melatih otot leher bayi

Anda bisa mencoba cara melatih bayi tengkurap dengan cara melatih otot leher bayi. Cara ini bisa dilakukan dengan menahan selama beberapa menit bayi Anda di dada dengan posisi tengkurap. Cara ini bisa dilakukan sambil tidur atau saat Anda ingin memberikan ASI untuk bayi. Rangsangan  otot leher yang kuat sangat baik untuk bayi karena bayi bisa memiliki bagian punggung dan leher yang lebih kuat. Ketika mereka siap untuk tengkurap maka bayi merasa tidak takut sehingga bisa tengkurap dengan cepat

.

  • Melatih keseimbangan bayi dengan lembut

Ketika Anda mencoba menempatkan perut pada bagian dada mereka maka lakukan dengan penuh kesabaran. Biasanya pada menit pertama bayi akan merasa senang, namun pada waktu berikutnya mereka justru menangis. Jika Anda mengalami hal seperti ini maka segera rubah posisi bayi agar mereka menjadi lebih nyaman. Bayi mungkin merasa tertekan dengan posisi ini pada tahap awal, namun biasanya juga akan lebih cepat senang sehingga mereka belajar tengkurap sendiri. Lakukan dengan waktu yang singat sehingga bayi merasa nyaman dan perut bayi terhindar dari kembung.

 

  • Mainan bola di bawah perut bayi

Anda bisa mencoba untuk meletakkan bola besar sesuai dengan ukuran tubuh bayi dibagian bawah perut bayi. Cara ini akan membantu bayi mendapatkan posisi yang disukai sehingga mereka merasa lebih senang. Jika bayi merasa rewel dengan cara ini maka lakukan dalam waktu yang singkat saja. Beberapa ibu juga  berusaha untuk membuat balon mengecil dengan pelan sehingga memberi kekuatan otot punggung dan leher bayi.

 

  • Senam bayi

Senam bayi merupakan sebuah tehnik untuk mengenalkan berbagai gerakan bayi sesuai dengan kemampuan atau umur bayi. Cara ini dilakukan dengan bantuan seorang instruktur yang sudah berpengalaman. Bayi bisa dibantu dengan beberapa gerakan agar mereka bisa tengkurap. Sebuah cermin besar sering diletakkan pada bagian depan sehingga bayi seolah-olah bisa melihat siapa bayangan dalam cermin tersebut. Melakukan senam bayi dengan bayi yang lain juga bisa mendorong cara melatih bayi tengkurap cepat bisa tengkurap.

 

  • Melakukan terapi fisik untuk bayi

Anda juga bisa mencoba melakukan terapi fisik untuk bayi jika bayi Anda terlihat terlambat untuk belajar tengkurap. Terapi biasanya dilakukan oleh seorang yang sudah ahli dalam bidang ini. Pada dasarnya terapi dilakukan dengan beberapa tehnik untuk melihat apakah bayi memiliki kelainan sehingga tidak cepat tengkurap. Jika bayi sehat maka dalam waktu beberapa kali terapi biasanya bayi sudah bisa tengkurap sendiri tanpa bantuan orang lain.

Kunci untuk melakukan cara melatih bayi tengkurap dengan alami dan cepat ini adalah kesabaran. Orang tua tidak bisa memaksakan bayi untuk tengkurap, karena pada dasarnya bayi memiliki naluri atau perasaan mereka sendiri ketika akan memiliki kemajuan. Cara inilah yang harus disadari oleh semua orang tua.