Tahap perkembangan janin dari bulan kebulan sangat ingin diketahui oleh para ibu hamil agar memastikan kondisi calon bayi yang dikandungnya baik baik saja. Ika para ibu hamil yang memiliki budget lebih bisa saja melakukan USG setiap bulan nya pada massa kandungan untuk mengetahui perkembangan calon bayi yang ada dalam kandungannya.

Namun jika sebagian ibu hamil merasa pemeriksaan USG pada kandungan tidak perlu dilakukan terlalu sering, mengetahui kondisi kandungan cukup dengan cara membayangkan perkembangan janin dari bulan ke bulan pada umumnya.

Untuk lebih jeasnya berikut adalah tahapan perkembangan janin dari masa kandungan bulan pertama hingga bulan ke 9 yang dideskripsikan secara singkat agar mudah dipahami.

27-gambar-perkembangan-janin-dari-bulan-ke-bulan

Perkembangan janin 1 bulan

Pada bulan pertama pada perkembangan janin di mulai dengan terbentuknya kantung kehamilan yang berperan sebagai lapisan pelindung janin dari air ketuban. Pada bulan pertama ini juga mulai terbentuknya plasenta yang berfungsi sebagai saluran makanan atau nutrisi tubuh dari ibu hamil ke calon bayi nya. Selain itu pada bulan pertama juga mulai terjadinya sirkulasi darah yang terjadi pada janin.

Perkembangan janin 2 bulan

Pada bulan ke dua, bayi sudah akan mulai berkembang dan wajahnya pu mulai terbentuk. Telinga juga sudah dapat terlihat akan tetapi baru berbentuk lipatan dibagian kanan dan kiri kepala sang janin. Seiring dengan perkembangan tersebut tentunya juga akan mulai terkihat cikal bakal  lengan, kaki beserta jemarinya, selain itu syaraf pusat otak dan saluran pencernaan juga akan mulai terbentuk di bulan ke dua.

Perkembangan janin 3 bulan

Pada bulan ke tiga ini ditunjukan dengan hampir terbentuk sempurnanya semua bagian tubuh pada janin. Jemari tangan nya akan mulai bisa mengepal dan kuku pada jarinya juga akan mulai tumbuh.

Perkembangan janin 4 bulan

Perkembangan kandungan diusia kehamilan empat bulan menunjukan keadaan yang sudah semakin lengkap. Bagian bagian seperti tangan,kaki,jari,dan wajah juga sudah dapat terlihat dengan jelas, oleh karena itu untuk pemeriksaan USG di sarankan pada usia kandungan ke empat bulan. Tentunya sang ibu juga dapat mendengan detak jantung calon buah hatinya dengan cara menggunakan alat khusus. Calon bayi juga akan semakin aktif dan sering bergerak di dalam kandungan ibunya.

Perkembangan janin 5 bulan

Pada tahap perkembangan janin di usia kandungan lima bulan,gerakan janin akan lebih kuat karena unntuk melatih otot otot pada tubuhnya. Bagian kepala janin juga sudah mulai di tumbuhi rambut halus, begitu pun dengan tangan dan kakinya juga terdapat rambut rambut halus.

Perkembangan janin 6 bulan

Pada perkembangan janin di usia enam bulan, keriput yangterdapat pada kulit bayi akan mulai terbentuk. Akan tetapi pemblu darah masih akan terlihat dikarnakan kulit calon bayi masih sangat tipis,di usia kehamilan enam bulan bayi juga sudah mulai bisa membuka dan menutup kelopak matanya dan mendengar segala suara yang berada di dalam kandungan ibunya.

27gambar-perkembangan-janin-dari-bulan-ke-bulan-b

Perkembangan janin 7 bulan

Perkembangan janin yang terjadi pada usia kehamilan 7 bulan, bayi sudah bisa mendengar suara suara yang terdapat di luar kandungan ibunya. Di usia kehamilan ini pertumbuhan bayi juga berkembang begitu pesat, tubuh bayi akan semakin besar dan para ibu hamil juga dapat merasakan jika bayi yang di kandungnya berubah posisi.

Perkembangan janin 8 bulan

Cukup banyaknya lemak yang tersimpan di dalam kulit bayi akan menjadikan kulit yang semula keriput menjadi halus tanpa keriput. Pendengaran,penglihatan dan system tubuh sebagian besar sudah dapat berfungsi kecuali  paru paru. Otak bayi juga akan semakin sempurna oleh karena itu pergerakan bayi akan sangat  terasa bagi ibu hamil diusia kehamilan ke delapan bulan.

Perkembangan janin 9 bulan

Perkembangan pada paru paru bayi akan semakin membaik di usia 9 bulan di dalam kandungan, dan tubuh bayi akan memutar sehingga bagian kepala bayi akan mengarah ke jalur lahir. Di bulan ini para ibu hamil akan semakin sangat dekat dengan proses persalinan, oleh karena itu para ibu hamil disarankan untuk mempersiapkan fisik dan mental untuk proses persalinan.

Ketika sudah sampai proses persalinan bayi akan keluar dari perut ibunya dan untuk pertama kali nya bayi akan lahir dan melihat dunia di sekalilingnya. Pada usia bayi 7 hari setelah lahir akan ada kegiatan yang di lakukan, yaitu aqiqah, aqiqah sendiri adalah bentuk rasa syukur orang tua yang telah dikaruniai bayi/anak dengan cara menyembelih/mengurbankan hewan seperti kambing atau domba. Di jaman yang modern ini tidak perlu lagi repot repot melakikan aqiqah sendiri, karena telah ada penyediaan jasa aqiqah seperti assidiq aqiqah yang akan siap membantu para orang tua untuk melaksanakan ibadah aqiqah untuk anak nya, tentu nya dengan biaya yang murah dan kualitas bahan pokok yang terjamin.

Demikianlah tahap perkembangan jani pada usia kehamilan dari bulan ke bulan, jika terdapat salah satu perbedaan dalam tahapan kehamilan para ibu hamil, kami mohon dimaklumi karena proses perkembangan suatu janin masing masing memiliki perkembangan yang berbeda beda.