Bagi sepasang Suami Istri , kehamilan adalah sesuatu hal yang di damba damba kan ,dan berbagai cara di lakuakan untuk menjaga bayi yang di kandung agar tetap dalam ke adaan sehat. Ketika sang istri sedang mengandung ,istri lebih sensitive, mudah khwatir, cemas, dan lebih waspada hal ini adalah hal yang wajar  mengigat proses mengandung adalah awal lahirnya manusia ke mkua bumi dan tentunya saja  segala harapan yang baik ada di dalamnya yang tentunya berharap anak nya nanti jadi sholeh sholeha.

Mendekatkan diri dengan allah dengan cara berbadah dan membaca Al-Quran adalah cara yang baik untuk menghilangkan rasa cemas selama mengandung . Untuk ibu ketahui ada beberapa surah dalam AL-QUR’AN yang memang di tunjukan untuk seorang ibu membaca dan mengamalkan agar mendapatkan  bayi yang sehat secara  jasmani maupun rohani

Berikut ini adalah beberapa surah dalam Al-Qur’an  ynag jika di baca dan di amalkan insha ALllah akan medapatkan kebaikan dan pertolongan  Allah selama mengandung sampai mendidk anak agar menjadi generasi yang sholoeh dan sholehah

  1. Surah Al-Fatihah

Al-Fatihah merupakan surah pertama di Al-quran. Tidak heran, jika Al-Fatihah disebut sebagai pembukaan. Surah Al-Fatihah berisi 7 ayat. Lantas, apa keistimewaan dari surah Al-Fatihah?
Surah Al-Fatihah termasuk surat yang paling mulia di Al-Quran. Al-Fatihah disebut sebagai Ummul Quran. Yang namanya ummu berarti induk (ibu). Tak heran, jika Al-Fatihah menjadi surah wajib yang dibaca saat shalat. Tidak ada shalat tanpa bacaan Al-Fatihah.
Begitu mulianya surah Al-Fatihah juga dianjurkan untuk diamalkan oleh ibu hamil. Surah Al-Fatihah bisa menenangkan hati dan menguatkan daya ingatan. Dengan kata lain, ibu hamil yang mengamalkan surah Al-Fatihah sama saja dengan mendoakan supaya anak yang dikandungnya kelak mempunyai daya ingat yang kuat.

  1. Surah Al-Baqarah

Al-Baqarah merupakan surat kedua di Al-Quran. Surah Al-Baqarah ini memiliki 286 ayat. Setiap ayatnya mengandung arti. Tak terkecuali surah Al-Baqarah ayat 128.
Surah Al-Baqarah ayat 128 ini merupakan salah satu yang dianjurkan untuk ibu hamil. Ayat 128  ini adalah salah satu doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim As bersama Ismail. Dari awal ayat saja maknanya luar biasa.

Pada awal ayatnya berbunyi, “ Rabbanaa waj ‘ainaa muslimaini”. Artinya, “Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau”. Sekilas mungkin bunyi ayat tersebut sederhana, namun jika dicermati lagi maknanya sangat luar biasa.
Kemudian lanjutannya berbunyi, “Wa min dzurriyyatinaa ummatam muslimatal laka”. Artinya, “Dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang patuh terhadap engkau)”. Dalam penggallan ayat ini bermakna untuk menjadikan generasi berikutnya untuk patuh dan tunduk kepada Sang Pencipta, yaitu Allah swt.
Lalu, “Wa arina manaasikanaa”, “Dan tunjukilah kami tata cara melaksanakan ibadah”. Maksudnya adalah semoga kita dihindarkan dari hal-hal yang menyimpang dari aturan Allah swt.
Dan pada akhir ayat berbunyi, “Wa tub ‘alainna innakan antattawwaabur rahiim”. Artinya, “Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”. Maknanya kita sebagai manusia tak luput dari salah dan senantiasa memohon pintu pertaubatan dari Yang Maha Kuasa.
Nah, untuk ibu hamil, Surah Al-Baqarah ayat ke 128 ini adalah doa memohon agar anak patuh atas perintah Allah swt. Dengan kata lain menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

  1. Surah Al-Imran

Al-Imran merupakan surat ketiga yang berisikan 200 ayat. Nah dari sekian banyak ayat dalam Surah Al-Imran, ada beberapa yang sesuai untuk ibu hamil. Di antaranya adalah surah Al-Imran ayat ke dan ayat ke-38.
Pada surah Al-Imran ayat ke 8 berisikan tentang dia untuk memohon rahmat. Pada penggalan ayatnya dibagian akhir, berbunyi “Karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)”.
Kemudian ada juga ayat lain pada surah Al Imran yang dianjurkan untuk ibu hamil, yakmi ayat ke 38. Ayat ke-38 ini merupakan doa memohon dikarunia anak (keturunan) yang baik. Dalam ayat tersebut dikatakan, “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.

  1. Surah Yusuf

Surah Yusuf adalah surah ke-12 yang berisikan 111 ayat. Adapun manfaat dari surah Yusuf adalah doa untuk memohon anak yang cantik (rupa dan akhlak).

Seperti yang kita ketahui, dari kisah-kisah Nabi disebutkan bahwa Nabi Yusuf merupakan nabi yang sangat tampan. Ketampanannya membuat wanita tergila-gila. Namun bukan hanya rupanya yang tampan, melainkan sikapnya juga patut diteladani. Ini alasannya, kenapa surah Yusuf juga menjadi bagian dari amalan yang dibaca oleh ibu hamil.

  1. Surah Ibrahim

Surah Ibrahim merupakan surat ke-14 yang berisikan 52 ayat. Nah, pada ayat ke-40 merupakan doa untuk memohon anak supaya senantiasa mendirikan shalat.
Seperti yang kita tahu bahwa shalat itu tiang agama. Shalat membentengi iman kita agar tidak goyah dengan berbagai cobaan yang datang. Adapun bunyi surah Ibrahim ayat ke-40, yakni “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku”.

  1. Surah Maryam

Ayat suci lainnya yang dianjurkan untuk senantiasa dilantunkan oleh ibu hamil adalah surah Maryam. Surah Maryam merupakan surah ke-19 yang berisikan 98 ayat.
Lantas, apa fadhillah dari surah Maryam? Surah Maryam merupakan doa untuk ibu hamil agar dimudahkan saat persalinan. Persalinan merupakan momen mendebarkan bagi seorang wanita, dimana ia berjuang mempertaruhkan nyawa demi melahirkan buah hatinya.
Nah, tak jarang dalam beberapa kasus harus ada yang dipertaruhkan. Entah kepergian bayi atau sang ibu. Demi melancarkan dan menghindarkan dari kondisi tersebut kita senantiasa memohon doa kepada Allah untuk dimudahkan. Salah satunya dengan surah Maryam.

  1. Surah Luqman

Surah Luqman merupakan surah ke-31 yang berisikan 34 ayat. Surah Luqman dipercaya sebagai doa untuk memohon anak yang cerdik. Cerdik dalam mendalami segala ilmu.
Selain itu, surah Luqman juga mengingatkan kita untuk bertaqwa. Karena pada hari kiamat nanti, tidak ada yang bisa menolong kecuali amal. Dan semoga dengan mengamalkan surah Luqman saat hamil membuat anak tersebut menjadi anak yang sholeh/sholehah dan patuh kepada Tuhan.

   8. Surah As-Sajdah
As-Sajdah merupakan surah ke-13 yang berisikan 30 ayat. Nah, pada ayat ke 7-9 merupakan doa untuk memohon agar anak sholeh/sholehah.

Pada surah As-Sajdah ayat ke 7-9 disebutkan tentang penciptaan manusia. “Manusia diciptakan sebaik-baiknya dari tanah. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina. Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan) Nya. Dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hai (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur“.

Maksud dari ayat diatas adalah sebagai pengingat untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Dengan bersyukur kita menjadi bagian dari anak yang sholeh/sholehah.

  1. Surah Al-Hujurat

Al-Hujurat merupakan surat ke-49 yang berisikan 18 ayat. Ada banyak fadhillah dari surah Al-Hujurat. Salah satunya adalah memperbanyak air susu ibu (ASI). Ini alasannya, kenapa surah Al-Hujurat menjadi bagian dari amalan yang dianjurkan untuk ibu hamil.
Peran ASI sangatlah penting bagi seorang bayi. Karena nutrisi yang diperlukan oleh bayi adalah ASI. Meski bisa digantikan oleh suu formula. Tapi manfaatnya jauh lebih besar ASI.

  1. Surah Al-Furqan

A-Furqan merupakan surah ke-25 yang berisikan 77 ayat. Adapun ayat yang dianjurkan untuk diamalkan oleh ibu hamil adalah ayat ke-74. Surah Al-Furqan ayat ke-74 merupakan doa untuk memohon agat dikaruniai anak yang menyenangkan ibu bapak dan doa untuk keluarga bahagia.

Adapun isi surah Al-Furqan ayat 74 adalah “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-iseri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa”. Intinya memohon untuk senantiasa diberi kebahagiaan.

  1. Yasin

Yasin merupakan surah ke-36 yang berisikan 83 ayat. Seperti yang kita ketahui, surah Yasin banyak sekali fadhillahnya. Mulai dari sebagai doa untuk menyembuhkan penyakit, dijauhkan dari bala, senantiasa diberikan rezeki, dan masih banyak lagi.
Nah, dari sekian banyak fadhillah, ada satu yang cocok untuk ibu hamil, yakni mendoakan supaya diberikan ketenangan hati dan anak dijauhkan dari godaan setan.

  1. Surah At-Taubah

At-Taubah merupakan surat ke-9 yang berisikan 129 ayat. Apa manfaat mengamalkan surah At-Taubah untuk ibu hamil?
At-Taubah merupakan doa untuk membersihkan dan menjauhkan dari maksiat. Diharapkan kelak saat anak ini lahir, bisa jadi tauladan bagi orang lain dan jauh dari hal-hal yang dilarang Allah swt.

 

Semoga Bermanfaat !!!

Pengunjung Juga Mencari:

  • doa untuk ibu hamil ayatnya
  • nama bayi agar kelak bisa membaca al quran dengan bagus
  • pkeistimewaan surat annak ba dalam alquran
  • surat yang cocok untuk di amalkan kepada anak
  • surat yang dilantunkan untuk ibu hamil