Suhu normal bayi adalah Suhu tubuh dapat dijadikan sebagai indikator untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi. Suhu tubuh yang tinggi dapat merupakan salah satu cara tubuh kita untuk melawan infeksi. Suhu tubuh bayi yang normal adalah sekitar 36 sampai 37 derajat celcius. Jika suhu tubuh bayi kurang dari 36 derajat celcius, bayi perlu untuk dihangatkan.

FUNGSI

Suhu tubuh dapat dijadikan sebagai indikator untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang karena tubuh kita akan selalu berusaha untuk menjaga suhu yang sesuai agar semua organ tubuh dapt berfungsi dengan baik.

Jika bayi memiliki suhu tubuh yang tinggi, disarankan untuk tidak menurunkannya terlalu cepat. Hal seperti merendam bayi dalam bak mandi dingin dapat membuat bayi menggigil. Menggigil dapat meningkatkan suhu dari dalam tubuh bayi karena proses menggigil dapat memproduksi panas. Akan tetapi jika bayi masi terlalu kecil, bayi tidak memiliki kemampuan untuk mengigil tetapi bayi akan menjadi mudah mengantuk dan tidak memiliki keinginan untuk menyusui.

Bayi dikatakan mimiliki temperatur low grade  jika suhunya berkisar antara 37 sampai 37,5 derajat celcius. Low grade tidak dianggap sebagai demam, tetapi dapat disebabkan kerena bayi berpakaian terlalu tebal, kepanasan, selimut yang terlalu tebal, suhu panas di mobil, serta dibungkus terlalu ketat. Jika bayi memiliki temperatur low grade, dapat dicoba untuk membuka bedongan bayi, mengganti dengan pakaian dan selimut yang lebih tipis.

Jika suhu bayi di antara 37,5 sampai 38 derajat , bayi dikatakan memiliki suhu yang meningkat. Hal ini dapat diakibatkan oleh kondisi bayi yang tidak terlalu sehat atau efek samping dari imunisasi. Kondisi ini tidak memerlukan obat kecuali suhunya terus meningkat. Bayi dapat dikompres dengan air hangat untuk menurunkan suhunya serta hindari pakaian yang tebal.

Suhu bayi yang meningkat lebih dari 38 derajat celcius menandakan bayi mengalami demam, hal ini dapat diakibatkan oleh infeksi virus atau bakteri. Jika bayi mengalami demam, sebaiknya dibawa untuk berobat ke dokter untuk diberi obat.

Cara Mengukur Suhu

Menyentuh dahi bayi biasa dilakukan untuk mengetahui suhu normal bayi. Itu memang merupakan gejala umum dari demam. Meskipun, belum tentu kenaikan suhu tubuh tersebut tergolong demam.

Untuk memastikan suhu pada bayi, Anda perlu mempergunakan termometer. Termometer yang disarankan untuk bayi dan anak adalah termometer digital, sebab termometer raksa dianggap berisiko beracun jika pecah.

Ada beberapa jenis termometer yang dapat digunakan termasuk yang ditempatkan di ketiak, telinga, mulut, atau pun yang ditempelkan pada dahi. Meski demikian, termometer rektal yang digunakan pada dubur dianggap paling akurat dan mudah digunakan pada bayi.

Termometer yang digunakan pada dubur disarankan dipilih dengan desain keperluan tersebut. Umumnya yang memiliki ujung fleksibel dan pegangan lebar untuk menjaga termometer tidak masuk terlalu dalam.

Untuk menggunakan termometer dubur, pastikan termometer tersebut dalam keadaan bersih. Cuci dalam air sabun atau lap dengan alkohol. Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap.

Lalu oles sedikit petroleum jelly pada ujung termometer dan masukkan termometer sekitar 2 cm pada dubur. Biarkan beberapa waktu hingga termometer berbunyi sebagai tanda pengukuran selesai. Tarik termometer dan baca hasilnya.

Penting untuk di ketahui

Penting untuk selalu menjaga suhu tubuh bayi dalam batas normal karena perubahan suhu tubuh pada bayi merupakan salah satu indikator untuk melihat kondisi kesehatan bayi. Hal ini juga dikarenakan bayi belum bisa mengungkapkan keluhan yang dialaminya