sudah-siapkah-menjadi-orangtua

Setiap orang baik laki-laki ataupun perempuan tentunya sangat mendambakan saat dirinya menikah dan memiliki seorang anak. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, “sudah siapkah Anda menjadi orang tua?”

Tentu, menjadi orang tua bagi sang buah hati tidak main-main, Anda diharuskan memiliki tanggung jawab dan juga menjadi pembimbing yang baik bagi anak kita nantinya. Menjadi orang tua juga bukanlah sebuah peran yang mudah. Anda dituntut untuk terus memberikan yang terbaik bagi si buah hati.

Setidaknya, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum menjadi orang tua agar kedepannya sang buah hati mendapatkan semuanya dengan layak, karena anak tentunya adalah Amanah dari Allah SWT.

Harus siap untuk memegang teguh komitmen

Di saat Anda memutuskan untuk menikah, tentu Anda sudah mengetahui segala konsuekensi yang akan Anda hadapi, salah satunya dengan nantinya kehadiran anak. Jadi, jika Anda sudah siap untuk mendapatkan anak, maka Anda harus meninggalkan segala keburukan yang ada di diri Anda dahulu, dan menjauhkan segala sifat serta hal buruk dari keluarga dan juga anak Anda nantinya. Dan ada baiknya saat menjadi orang tua Anda harus memiliki visi serta misi yang kuat dan sama antara si ayah dan si ibu ketika merawat anak.

  • Siap untuk menghadapi segala kendala dan tantangan saat merawat anak

Menjadi orang tua tentu butuh tangguh jawab. Baik dalam menjaga ataupun merawat anak hingga memenuhi segala kebutuhannya seperti misalnya Aqiqah. Selain itu faktor lingkungan luar juga dapat mempengaruhi mental dan perilaku sang anak. Disini juga dituntut peran orang tua untuk melindunginya dari hal buruk yang mungkin terjadi.

  • Menciptakan sebuah metode untuk mendidik sang anak

Masing-masing keluarga memiliki cara ataupun metode yang berbeda beda ketika mendidik anak. Hendaknya ibu dan ayah harus selaras dalam menentukan metode dalam mendidik anak ini, sehingga sang anak tidak kebingungan. Pembagian peran dalam mendidik anak juga diperlukan agar seimbang.

  • Menyiapkan rencana matang untuk masa depan

Sebelum memutuskan untuk memiliki anak, pasangan suami isteri hendaknya juga sudah harus menentukan rencana kedepannya ketika sudah memiliki anak. Salah satu yang paling penting adalah rencana finansial untuk kebutuhan si anak, seperti misalnya pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

  • Siap untuk keadaan yang tidak sesuai dengan harapan

Pastinya dalam kehidupan rencana tidak semuanya berjalan dengan mulus. Untuk itulah, kesiapan dalam menghadapi hal seperti ini juga perlu dilakukan. Setidaknya pasangan ayah dan ibu harus siap menyikapi berbagai keadaan dengan cara yang bijak dan arif.

Selain beberapa hal diatas, ada baiknya juga untuk Anda dan pasangan menyiapkan Aqiqah pada sang anak yang baru lahir nantinya, agar si anak tidak tergadaikan lagi. Asshidiq Aqiqah menyediakan jasa Aqiqah secara modern dan professional untuk kemudahan Anda menjalankan syariat Islam bagi sang buah hati.