Asallam muallaiqum wr wb. Mungkin Bagi anda ayah bunda yang baru mungkin melaksanakan Aqiqah akan sedikit bingung, banyak hal yang anda harus ketahui dan pahami termasuk halnya rukun Aqiqah yang saya bahas kali ini.

Mengenai Rukun rukun aqiqah dalam pandangan Syari’at adalah bisa meliputi hal hal sebagai berikut ini:

  1. waktu/kapan di lakukannya Aqiqah
  2. kapan rambut si bayi di cukur
  3. Apa yang kita lakukan dengan cukuran rambut bayi tersebut

Kapan Waktu pelaksanaa Aqiqah ,

Aqiqah disunnahkan dilaksanakan pada hari ketujuh. Hal ini berdasarkan hadits,

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى »

Dari Samuroh bin Jundub, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud no. 2838, An Nasai no. 4220, Ibnu Majah nol. 3165, Ahmad 5/12. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

jika tidak dapat melaksanakannya pada hari ketujuh maka boleh pada hari ke-14, jika tidak bisa lagi boleh dikerjakan pada hari ke-21. Berdalil dari riwayat Thabrani dalm kitab “As-Shagir” (1/256) dari Ismail bin Muslim dari Qatadah dari Abdullah bin Buraidah

Rambut bayi di cukur bisa pada saat pelaksanaan aqiqah , rambut yang telah dicukur ditimbang kemudiaan menyedekahkan dengan hitungan perak seberat timbangan rambut tersebut . Wallahu a’lam. Beberapa  rukun aqiqah yang menjadi syarat syarat aqiqah sesuai dengan  ketentuan syara’ penting untuk diketahui. Agar ibadah kita afdhal dan menjadi pahala di hadapi Allah.

Semoga Bermanfaat , Wasallam muallaikum wr wb