Assalamu’alaikum ayah bunda sahabat As Shidiq Aqiqah, ketika menghitung waktu untuk menyambut kedatangan sang buah hati, saat inilah rasa takut yang besar biasanya terjadi saat pada bunda untuk kali pertama dalam persalinan. Berikut adalah beberapa rasa takut yang biasanya muncul:

  1. Takut Sakit
    rasa sakit adalah bagian dari persalinan. Tetapi, bunda jangan terlalu cemas karena dunia kedokteran saat ini sudah maju. Tentunya dokter memiliki pengalaman dan cara untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Selain itu, rasa sakit itu akan jadi pengalaman dan cerita yang berkesan bagi bunda nantinya. Semua demi sang bayi bunda tercinta.
  2. Takut Disalahkan
    Banyak bunda yang mengalami perasaan ini. Mereka takut berteriak atau BAB pada saat persalinan. jangan khawatir, Hal tersebut adalah reaksi normal saat persalinan. Dokter dan perawat pasti tetap akan menolong.
  3. Takut Meninggal
    Perasaan takut meninggal saat persalinan sangat wajar, namun bunda jangan terlalu khawatir karena saat ini kecanggihan teknologi kedokteran meminimalisasi hal ini. bunda sebaiknya semakin kuat dalam berdzikir mengingat Allah karena kepada Allah suma kita akan ber-pulang. 
  4. Takut terlalu lama dalam proses melahirkan bila bunda takut, maka persalinan akan berjalan lebih lama. Waktu persalinan akan bertambah hingga 2 jam dan membuat bunda menjadi tambah stres. Tentunya hal ini tidaklah baik untuk bunda dan bayi yang masih berada dalam kandungan.

Tips agar bunda dapat menghindari rasa takut di atas cukup mudah. yaitu :

  1. Percaya diri. Ibu adalah makhluk sempurna ciptaan Tuhan. Jadi, Ibu pasti dapat melaluinya dengan baik.
  2. Berbagi perasaan takut tersebut dengan menceritakannya pada suami. Dengan begitu pasangan dapat membantu Ibu menenangkan diri.
  3. Baca segala macam informasi mengenai persalinan. Hal ini akan dapat membantu Ibu nantinya. Pikiran Ibu akan menjadi lebih tenang dan Ibu sudah tahu apa yang akan dihadapi. Konsultasi juga pada dokter yang akan menjelaskan dengan detail tentang persalinan.

semua ini adalah untuk satu tujuan, kita beribadah dengan cara melahirkan generasi yg taat kepada Allah, dan berbakti untuk ayah bunda, maka hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang dan bayangkan senyum mungil si buah hati kelak.. wuiiii… lucunyaaa…. Masya Allah

Semoga tips persiapan persalinan ini dapat membantu bunda lebih tenang menghadapi persalinan nanti.