25955167_s

Bayi yang telah melewati proses persalinan normal maupun caesar selalu menjadi kejutan untuk orang tua. Setelah melewati kehamilan selama sembilan bulan tanpa gangguan kehamilan, tentu hadirnya seorang bayi yang sehat menjadi sangat menyenangkan. Terlebih untuk orang tua yang memiliki anak kembar baik itu laki-laki maupun perempuan. Namun salah satu hal yang menarik dari kelahiran bayi adalah penampilan bayi itu sendiri. Selain diharapkan lahir sehat tanpa cacat maka bagian rambut bayi selalu bisa menjadi perhatian orang tua. Beberapa  bayi dilahirkan dengan rambut yang lebat sementara bayi yang lain terlihat seperti orang tua yang botak. Tentu saja kepala bayi tanpa rambut yang lebat akan membuat orang tua merasa kasian dan terkadang bayi mudah sakit.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat bayi memiliki rambut lebat secara alami

  1. Perhatikan asupan gizi bayi bunda

Hal pertama yang harus diperhatikan agar rambut bayi bunda lebih tebal dan lebat adalah dengan memperhatikan asupan gizi penting bunda pada makanan yang dikonsumsi. Jika bayi bunda masih menyusui ASI, maka sebaiknya bunda yang harus mengkonsumsi makanan-makanan bergizi, seperti banyak mengkonsumsi asupan serat, vitamin dan zat besi untuk kesehatan rambut bayi bunda. Nah, jika bayi bunda sudah mendapatkan MPASI, maka bunda bisa menambahkan makanan yang membuat rambut bayi bunda lebih sehat seperti ikan, susu, telur, buah-buahan dan sayuran. Faktor makanan inilah yang berpengaruh pada kesehatan dan kesuburan rambut bayi bunda.

  1. Aplikasikan minyak kemiri

Tips merawat rambut bayi agar tebal berikutnya adalah cukup dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala bayi bunda. Minyak kemiri, bisa didapatkan dengan cara menumbuk beberapa biji kemiri yang sudah digarang atau di sangrai sedikit gosong, kemudian dimasukkan ke dalam kain dan peras hingga mengeluarkan minyak. Nah, kain inilah yang nantinya digosok secara perlahan pada kulit kepala bayi bunda. Cara alami ini bisa menjadi cara efektif untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal.

  1. Potong rambut bayi

Meskipun banyak yang bilang dengan sering memotong rambut bayi, maka rambut akan lebih tebal dan lebat. Akan tetapi anggapan tersebut tidak selamanya benar. Faktor ketebalan rambut selebihnya ditentukan oleh faktor keturunan. Meskipun begitu, kegiatan memotong rambut bayi bisa digunakan sebagai cara untuk mendapatkan kulit kepala yang lebih bersih dari kotoran maupun kerak yang biasanya menempel di kulit kepala si kecil.

  1. Aplikasikan madu

Bunda juga bisa mengaplikasikan madu asli untuk dioleskan pada kulit kepala bayi untuk mendapatkan rambut yang tebal dan lebat. Cara ini memang sudah banyak digunakan oleh orang di zaman dulu karena secara alami bisa menyehatkan dan menyuburkan rambut.

Ya, itulah beberapa tips merawat rambut bayi agar tumbuh lebat dengan cara alami yang aman untuk bayi bunda. Semoga bermanfaat!