(1/1/2019) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat as shidiq aqiqah

Siapa yang sering mengalami susah tidur  (insomnia) ?Susah tidur atau insomnia bukanlah hal yang bisa disepelekan sebab kadang bisa menjadi permasalahan serius bagi kebanyakan orang. Jika ini terjadi untuk jangka panjang akan memiliki resiko yang dapat menurunkan kesehatan dan mengurangi ketahanan tubuh hingga berujung terserangnya berbagai penyakit.

Insomnia sendiri bukanlah penyakit baru, sebab dizaman Rasulullah pun penyakit ini sudah ada… Ya, Khalid Bin Walid adalah salah seorang sahabat yang pernah mengalaminya. Ia pernah mengadukan keluhan gangguan tidurnya tersebut pada Rasulullah.

Berikut ini ada beberapa doa yang  bisa diamalkan bagi kita yang mengalami insomnia agar bisa segera cepat tidur seperti apa yang di alami oleh Khalid bin Walid.

Diriwayatkan oleh At Tirmidziy dalam Jami’nya dari Buraidah, ia menceritakan :

Khalid pernah mengadu kepada Nabi, Ia berkata ” Wahai Rasulullah ! Aku susah tidur!” Rasulullah menjawab ,” Bila engkau hendak tidur di pembaringanmu, hendaknya engkau mengucapkan doa berikut :

“Ya Allah, Rabb dari langit yang tujuh serta segala yang dinaungi olehnya, Rabb dari bumi yang tujuh serta segala yang menaunginya, Rabb dari segala jenis setan dan siapa saja yang disesatkan oleh mereka ; jadikanlah penyelamat bagiku dari segala kejahatan seluruh makhluk-Mu, sehingga tak satu pun di antara mereka yang menzhalimiku, melanggar hakku. Sungguh mulia pertolongan Mu, sungguh besar puja-puji bagi Mu, tidak ada yang berhak diibadahi secara benar melainkan Engkau zaja.” ( HR At Tirmidziy No 3523)

Masih dalam Jami ‘ At Tirmidziy diriwayatkan dari Amru bin Syu’aib bahwa Rasulullah mengajarkan untuk mengatasi rasa takut atau terkejut :

” Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemurkaan Nya, siksa dan kejahatan hamba hamba Nya, serta dari hembusan setan. Aku berlindung kepada Mu ya Rabbi dari para setan yang mendatangiku .” (HR At Tirmidziy No 3528 )

Demikian Tulisan kami pada hari ini semoga bermanfaat ?

Referensi

Ibnu Qayyim Al Jauzziyah. 2017. Metode Pengobatan Nabi. Jakarta : Griya Ilmu.