Kebanyakan dari ibu hamil, hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang perkembangan janin dari minggu ke minggu. Akibatnya adalah ibu hamil tidak tahu apakah janinnya tumbuh sehat ataukah justru menjadi janin tidak berkembang. Memang dari minggu ke minggu janin akan berkembang. Mulai dari segumpal darah sampai membentuk janin atau bayi dengan organ yang sempurna. Ibu hamil sendiri memegang peranan yang sangat penting untuk perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Ibu hamil harus selalu memeriksakan kandungannya serta mendukungnya dengan membekali nutrisi dan makanan yang sehat. Berikut perkembangan janin bulan pertama :

  1. Minggu ke 1

Minggu ini sebenarnya masih periode menstruasi, bahkan pembuahan pun belum terjadi. Sebab tanggal perkiraan kelahiran si kecil dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir Anda. Proses pembentukan antara sperma dan telur yang memberikan informasi kepada tubuh bahwa telah ada calon bayi dalam rahim. Saat ini janin sudah memiliki segala bekal genetik, sebuah kombinasi unik berupa 46 jenis kromosom manusia. Selama masa ini, yang dibutuhkan hanyalah nutrisi (melalui ibu) dan oksigen. Sel – sel telur yang berada didalam rahim, berbentuk seperti lingkaran sinar yg mengelilingi matahari. Sel ini akan bertemu dengan sel – sel sperma dan memulai proses pembuahan. 5 juta sel sperma sekaligus berenang menuju tujuan akhir mereka yaitu menuju sel telur yang bersembunyi pada saluran sel telur. Walaupun sel – sel sperma ini sangat banyak, tetapi pada akhirnya hanya 1 sel saja yang bisa menembus indung telur. Pada saat ini kepala sel sperma telah hampir masuk.

  1. Minggu ke 2

Pembuahan terjadi pada akhir minggu kedua. Sel telur yang telah dibuahi membelah dua, 30 jam setelah dibuahi. Sambil terus membelah, sel telur bergerak di dalam lubang falopi menuju rahim. Setelah membelah menjadi 32, sel telur disebut morula. Sel – sel mulai berkembang dan terbagi kira – kira dua kali sehari sehingga pada hari yang ke – 12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastosit terpaut pada endometrium

  1. Minggu ke 3

Sampai usia kehamilan 3 minggu, Anda mungkin belum sadar jika sedang mengandung. Sel telur yang telah membelah menjadi ratusan akan menempel pada dinding rahim disebut blastosit. Ukurannya sangat kecil, berdiameter 0,1 – 0,2 mm.

  1. Minggu ke 4

Pada masa ini sudah kelihatan pembentukan otak dan tulang belakang serta anggota lain seperti jantung yang mengepam darah ke paru – paru dan aorta.