Perkembangan janin pada bulan ketiga ditunjukkan dengan tahap hampir terbentuk sempurnanya semua bagian tubuh bayi. Tangannya akan mulai bisa mengepal, dan kuku – kukunya juga mulai dapat tumbuh. Meski belum terlihat dengan sempurna, jenis kelamin bayi di usia kehamilan ini juga sudah mulai terbentuk, oleh karenanya pemeriksaan USG pada bulan ketiga cukup tepat dilakukan jika tujuannya untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Perlu diketahui pula bahwa bagian dalam tubuh janin juga sudah mulai berkembang, sistem kemih dan organ reproduksi mulai terbentuk, sedang hati mulai memproduksi empedu. Di usia hamil 3 bulan, risiko keguguran menurun dibandingkan masa kandungan 2 bulan. Namun perut yang mulai tampak membesar akan membuat Anda perlu mengganti pakaian dengan busana yang lebih longgar dan nyaman. Seiring dengan berkurangnya morning sickness, Anda lebih dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tubuh saat mengandung. Berikut perkembangan janin usia 3 bulan :

 

Minggu ke 10

Jika janin yang dikandung berjenis kelamin perempuan, biasanya baru akan terlihat pada usia kehamilan ini. Berfungsinya pankreas memproduksi urin dan tulang sudah mulai mengeras. Dan yang terpenting dalam minggu ke 10 ini adalah pertumbuhan otak yang berkembang pesat menyusun dan membentuk 250 ribu neutron tiap menit. Pada fase ini, tulang janin sudah mulai menggantikan tulang muda (kartilago) dan otot – ototnya berkembang dengan cepat, termasuk otot leher. Selain otot, otak janin juga sudah mulai berkembang pesat sehingga proporsi kepala menjadi lebih besar dibandingkan dengan tubuhnya.

Dengan kondisi otak, otot, dan juga syaraf yang sudah demikian matang, janin pada fase ini telah mampu menerima dan mengirim pesan dari otak dan melakukan gerakan refleks. Pada minggu ke sepuluh ini juga ibu hamil biasanya akan dapat merasakan seperti mendapat tendangan dari janin.

 

Minggu ke 11

Apakah janin Anda di dalam kandungan itu bernafas? jawabannya adalah Iya dan janin pertama kali bernafas pada minggu ke 11. Organ paru – parunya sudah mulai bekerja. Memang didalam kandungan tidak ada udara untuk bernafas dan janin bernafas dalam air yaitu air ketuban yang masuk dalam paru – paru dan air ketuban jugalah yang membantu paru – paru janin berkembang. Letak telinga yang sebelumnya belum proporsional, di minggu ke 11 ini telinga janin bergeser untuk mengikuti juga perkembangan kepalanya. Selain itu, pada minggu ke sebelas ini janin juga memungkinkan untuk mengubah posisinya memutar atau gerakan lain mengubah posisinya yang terkadang terasa menyakitkan sekaligus membahagiakan bagi ibu hamil.

 

Minggu ke 12

Pada masa ini, idealnya panjang janin sudah mencapai sekitar 8 cm. Selain itu, organ – organ tubuh janin sudah terbentuk mendekati sempurna. Ibu hamil akan mulai bisa merasakan sensasi tendangan janin lebih jelas. Selain itu juga, pada minggu terakhir bulan ketiga ini, biasanya rasa mual dan muntah yang tak membuat nyaman selama hamil sudah mulai berkurang atau bahkan hilang.

 

Minggu ke 13

Minggu ke 13 adalah dimulainya pembentukan kesempurnaan janin untuk menjadi bayi dengan bentuk yang semakin lama telah mirip manusia. Mata yang sebelumnya terletak agak disamping maka pada minggu 13 mata akan berpindah ke depan. Begitu juga posisi telinga yang telah baik. Tubuh akan berkembang dengan cepat dan mulai membesar pada minggu ini. Meskipun kaki belum proporsional panjangnya, namun tangan sudah memanjang dan proporsional dengan tubuhnya.

 

Minggu ke 14

Pada akhir kehamilan bulan ke 3 yaitu minggu ke 14 janin sudah mulai menghisap jempolnya sendiri. Langit – langit mulut juga sudah baik dan pipi janin sudah terlihat lebih besar atau tembem. Jika bayi Anda laki – laki maka janin sudah mulai membentuk prostat dan jika bayi Anda perempuan maka janin sudah membentuk ovarium dan bergerak ke dalam pinggul.