Pada periode kehamilan ini belum terlihat membesar, namun janin pada periode ini berkembang dengan pesat menyusun organ dan tubuh mereka. Jika pada hamil 1 bulan si Kecil masih disebut sebagai embrio atau kumpulan sel, maka pada hamil 2 bulan ini embrio telah menjadi janin dengan anggota tubuh yang mulai terlihat. Asupan gizi dan nutrisi yang baik harus terus dikonsumsi karena janin masih berkembang untuk membentuk organ – organ tubuh. Berikut tahapan – tahapan pada perkembangan janin usia 2 bulan:

Minggu ke 5

Pada saat perkembangan janin 5 minggu, ukuran bayi Anda sekarang kira – kira sebesar biji apel dan pada minggu ini disebut sebagai embrio. Minggu ke 5 akhir masuk dalam bulan kedua kehamilan. Bayi Anda sudah mempunyai detak jantung sendiri. Plasenta dan tali pusat sudah bekerja sepenuhnya pada minggu ini. Vesikel – vesikel otak primer mulai terbentuk, dan sistem syaraf mulai berkembang, benjolan tangan dan kaki janin mulai terlihat. Selain sel pada benjolan tangan janin akan mengalami kematian sehingga akan membentuk jari – jari tangan. Pembentukan telinga makin sempurna dengan terbentuknya duktus endolimfatikus, yakni saluran untuk menyalurkan cairan yang terdapat dalam selaput labirin telinga dalam. Demikian pula sistem pencernaan makin sempurna dengan terjadi pembedaan yang kian nyata antara cikal – bakal usus besar dan usus buntu. Bahkan cikal – bakal ginjal dan hati pun sudah terbentuk. Begitu juga struktur muka secara keseluruhan mulai bisa “terbaca”.

 

Minggu ke 6

Pada minggu ke 6 janin dalam kandungan Anda akan mulai memberikan irama detak jantung yang lebih stabil. Perlu diketahui bahwa hingga kelahirannya nanti pada dasarnya jantung janin berdetak 150 kali tiap menit dimana itu kurang lebih dua kali lipat dari orang dewasa. Di minggu ini janin sudah mempersiapkan mengembangkan otak dan syaraf – syaraf otak.

 

Minggu ke 7

Di minggu ini embrio diperkirakan berukuran sekitar 11 – 17 mm. Jantung sudah terbentuk lengkap dan lebih sempurna. Syaraf dan otot bekerja bersamaan untuk pertama kalinya. Bayi mempunyai refleks dan bergerak spontan (Anda belum dapat merasakannya). Akhir minggu ini otak akan terbentuk hampir sempurna. Bagian hidung, bibir, lidah dan gigi mulai terbentuk, begitu pula cikal bakal mata yang terlihat berwarna hitam tanpa kelopak.  Tunas – tunas lengan sudah menyiku, sementara jari – jari tangan pun sudah mengarah terpisah satu sama lain. Sedangkan pemisahan jemari kakinya samar terlihat, meski telapak kakinya masih rata. Tunas tangan yang lebih cepat tumbuh ketimbang tunas kaki inilah yang sekiranya dapat menjawab pertanyaan mengapa bayi kelak lebih dulu belajar memegang benda – benda di sekitarnya daripada belajar berjalan.

 

Minggu ke 8

Pada kehamilan minggu ke 8, organ yang sudah mulai nampak pada minggu sebelumnya akan terus tumbuh dan berkembang. Akan tampak jelas kedua bibir janin pada mulutnya, terbentuknya kelopak mata, hidung yang mulai tumbuh dan organ dalam seperti hati juga semakin kuat. Besarnya janin akan tumbuh dengan cepat dan hampir 4 kali lipat dari sebelumnya.

 

Minggu ke 9

Bagi beberapa orang tidak sabar menunggu mengetahui jenis kelamin anaknya. Meskipun dalam kedokteran dan kebanyakan dokter akan memberikan kepastian pada bulan ke 7 mengenai jenis kelamin, namun dalam kenyataannya hamil minggu ke 9 atau diakhir bulan ke 2 kehamilan inilah periode pembentukan jenis kelamin dimulai. Namun pembentukan disini belum akan terlihat bila di USG sekalipun apakah perempuan atau laki – laki. Organ penting seperti pankreas, empedu dan pembentukan sidik jari dimulai diminggu ke 9 ini. Ukuran janin akan terlihat besar pada kepalanya bila dibandingkan dengan tubuhnya, yaitu sekitar setengahnya.