Menginjak bulan terakhir kehamilan adalah usia kehamilan yang mungkin membuat nervous atau gugup pada beberapa sang ibu khususnya yang baru pertama kali hamil karena memikirkan masalah menghadapi kelahiran nanti. Support atau dukungan dari orang – orang terdekat memang diperlukan supaya sang ibu tidak panik dan takut menghadapi kelahiran, dan konsultasilah ke dokter kandungan Anda untuk mengetahui perkembangan janin Anda dengan baik dan mempersiapkan segala sesuatunya.

Minggu ke 37

  • Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, maka pada usia ini umumnya kepala bayi berada di lubang panggul dan disangga oleh tulang panggul. Namun jika ini adalah kehamilan kedua dan seterusnya, maka kemungkinan kepala bayi belum turun.
  • Kebanyakan kepala bayi pada usia ini sudah penuh dengan rambut sepanjang kurang lebih 3,5 cm. Namun sebagian bayi ada juga yang tidak memiliki rambut sedikitpun.
  • Sebagian besar lanugo atau rambut halus yang menyelubungi bayi telah hilang, ditelan dan disimpan bayi dalam ususnya. Nantinya bahan ini akan dikeluarkan melalui kotoran pertamanya yang disebut mekonium.

Minggu ke 38

Sekarang bayi Anda sudah merasa nyaman dengan posisinya, dia akan menggantung pada bawah rahim siap dilahirkan. Bayi Anda sudah banyak berkembang dan lapisan putih (vernix caseosa) yang ada sebelumnya sudah mulai perlahan – lahan luntur atau rontok, namun Anda tetap akan melihatnya beberapa saat dia lahir nanti. Perkembangan otaknya semakin baik tiap harinya sehingga mampu melakukan pekerjaan kompleks untuk memfungsikan organ – organ tubuh dan responnya, jika dilahirkan pada minggu ini maka bayi Anda sudah bisa dibilang lahir normal dan bayi siap lahir.

Minggu ke 39

Janin pada usia ini sudah mencapai tingkat fullterm (sempurna). Semua organnya sudah terbentuk. Termasuk indera – inderanya, sehingga bisa Anda rasakan bahwa tubuh bayi sudah semakin memenuhi ruang rahim. Hingga gerakannya pun lebih menggeliat karena sempitnya ruangan.  Apalagi dokter mengatakan bahwa kepala janin Anda sudah masuk ke rongga panggul, jadi berasa sekali makin turun ke bawah dan menekan selangkangan serta panggul bagian bawah. Rasanya sudah sangat berat sekali karena posisi janin berada di bawah.

Minggu ke 40 – 41

Diakhir kehamilan bayi Anda sudah memiliki panjang kira – kira 50 – 51 cm dan berat badannya 3 – 3,4 kg. Bayi Anda sudah siap dilahirkan dan perkembangan paru – parunya semakin membaik dan siap untuk digunakan bernafas jika dilahirkan. Otaknya berkembang baik dan nalurinya akan bekerja, dia akan menghisap jarinya sendiri seperti halnya dia akan bisa menyusu karena nalurinya. Saat dilahirkan mungkin tengkorak kepalanya masih belum sempurna dan matanya sedikit membengkak, lapisan lemak putih (vernix caseosa) juga mungkin masih ada. Namun jangan khawatir, dia akan berkembang menyempurnakannya dan lapisan putih akan hilang setelah dimandikan. Inilah saatnya Anda menyambut satu lagi anggota keluarga baru Anda, sang buah hati.