Ini adalah masa Anda harus menentukan akan bersalin di mana, dengan metode apa, dan bersiap jika harus menjalani operasi. Tidak hanya menyiapkan perlengkapan bayi, pada masa hamil 8 bulan ini Anda juga perlu bersiap melatih pernapasan dan melakukan persiapan menyusui.  Pada usia kehamilan 8 bulan, janin tumbuh dengan sangat aktif, terutama pada otaknya. Karena untuk memaksimalkan pertumbuhan otak, sangat disarakan untuk Anda mengkonsumsi suplemen dan makanan bergizi, terutama yang mengandung omega 3. Janin akan tumbuh setidaknya satu kilo sebelum akhir periode ini. Bentuk badan janin yang semaking besar membuatnya tidak leluasa bergerak, karenanya pada masa 8 bulan, janin cenderung untuk lebih tenang. Paru – paru janin masih berkembang, tetapi seluruh badan dan organ sudah tumbuh dengan maksimal. Mata janin sudah berfungsi, membuatnya dapat melihat fokus dan bahkan berkedip. Anda bahkan bisa mengenali kapan si janin tidur dan bangun. Ari – ari (plasenta) Janin dibalut dengan cairan seperti gelatin, jadi walaupun ia bergerak, ari – arinya tidak akan membelit. Ukuran janin pada periode ini sekitar 12 inci dan beratnya mencapai sekita 2.5 kg.

Minggu ke 32

Jika Anda bertanya kapan janin siap untuk dilahirkan, maka pada minggu ini adalah waktunya. Janin bakal bisa bertahan hidup dengan sehat meskipun harus dilahirkan pada minggu ini. Semua organnya sudah berfungsi dengan baik, hanya pada paru – paru yang butuh sedikit perkembangan untuk berfungsi secara maksimal. Posisi janin juga sudah baik dengan menempatkan kepalanya dibawah.

Minggu ke 33

Berat badan janin saat ini sekitar 1,9 – 2 Kg dengan panjang total badan 41 – 42 cm. Tulang – tulangnya semakin mengeras dan bergabung menjadi satu sehingga memudahkan janin untuk bergerak dan memasuki saluran (panggul) ketika dilahirkan nanti. Tulang ini belum berfungsi (bergabung) secara sempurna sampai saat remaja nantinya, karena itulah tulang dapat tetap tumbuh seperti layaknya jaringan otak. Mata janin sudah dapat mengenali cahaya dengan berkonstriksi dan berdilatasi ketika terpapar oleh cahaya. Perkembangan paru janin hampir sempurna dengan lemak tubuh yang terus bertumpuk di bawah kulitnya untuk perlindungan dan menjaga kehangatan janin. Cairan ketuban mencapai level terbanyak pada trimester ini dan akan memiliki jumlah yang tetap sampai saat melahirkan tiba. Sejak minggu ini janin umumnya berada pada posisi kepala dibawah.

Minggu ke 34

Minggu ini janin Anda akan banyak terdapat lapisan seperti lapisan keju berwarna putih, lapisan lilin ini akan menjaga kulitnya aman. Lapisan kulit ini disebut juga dengan lapisan pelindung vernix caseosa. Lapisan ini akan tampak pada saat dilahirkan, biasanya setelah dilahirkan maka bidan akan segera membersihkannya dengan dimandikan untuk pertama kalinya. Calon bayi Anda akan mulai bisa mendengarkan lagu sederhana, jika anda mulai ngomong pada bayi anda pada minggu ini meskipun dia belum bisa mengerti dia akan mendengarkan. Jadi jangan terlihat konyol kalau Anda berbicara dengan janin Anda, karena dia memang sudah bisa mendengar.

Minggu ke 35

Paru – paru bayi Anda hampir sepenuhnya dikembangkan. Dalam tingkatan ini, bayi masih membangun timbunan lemak di bawah kulit untuk tetap hangat setelah ia meninggalkan rahim Anda nantinya. Hampir 99% bayi yang dilahirkan pada minggu ke 35 sudah mampu bertahan hidup jika dilahirkan dan tanpa masalah serius yang berarti, pada umumnya hanya pada otak dan paru-parunya saja yang belum berkembang sempurna sepenuhnya.

Minggu ke 36

Lapisan lemak pada tubuhnya sudah mulai banyak dan tebal, bisa mencapai 15% dari total berat badannya. Jika bayi anda laki – laki maka testisnya sudah mulai menurun. Pendengaran bayi semakin membaik dan bisa mendengar suara dari luar semakin baik, dia akan merespon pada suara dengan nada tinggi. Otot yang digunakan untuk menghisap sudah mulai baik, sehingga jika dia dilahirkan sudah mampu makan dengan cara menghisap susu dari sang ibu.

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • posisi bayi mulai usia 1-9 bulan