Pada trimester kehamilan terakhir ini, sebagian wanita akan merasa sesak nafas akibat bertambah besarnya kandungan. Namun kondisi ini akan mereda setelah bayi berada pada posisi siap lahir dengan kepala di bawah. Untuk mengetahui posisi bayi 7 bulan, mungkin Anda perlu melakukan pemeriksaan USG supaya bisa melihat posisinya dengan pasti dan jelas. Pasalnya posisi bayi tidak bisa diperiksa dan diperkirakan secara asal – asalan. Apalagi posisi bayi dalam kandungan tidak bisa ditandakan dengan gejala fisik seperti ciri – ciri kehamilan pada umumnya. Banyak ibu hamil yang menggelar syukuran untuk menyambut acara 7 bulanan. Ruh janin juga sudah ditiupkan saat usia 4 bulan, kemudian usia 7 bulan janin sudah mendekati sempurna. Janin mulai bergerak lebih aktif dan lebih cepat dibandingkan dengan usia sebelumnya. Anda kini bisa merasakan gerakan kaki dan juga gerakan tangan di perutnya. Kadang lengan dan kaki janin bisa membuat permukaan perut Anda menjadi tidak rata dan bergelombang.

Minggu ke 28

Pada minggu ke 28 inilah janin sudah mulai menutup dan membuka matanya. Dia mulai memproduksi banyak lemak dalam kulitnya sehingga kulit yang sebelumnya mengendor lama – kelamaan akan menjadi lebih kencang. Pada minggu ini paru – parunya sudah cukup baik untuk digunakan bernafas menggunakan udara, sehingga jika dia dilahirkan pada minggu 28 ini dia bisa bernafas dan bertahan hidup.

Minggu ke 29

  • Kedua testikel pada bayi laki – laki telah turun dari dekat ginjal ke skrotum. Sementara¬† klitoris pada perempuan telah tampak.
  • Kepala bayi cukup besar untuk otaknya yang makin berkembang.
  • Tempurung kepala dan tulang – tulangnya mengeras seiring dengan berkembangnya otak, paru – paru, dan otot.

Minggu ke 30

Pada kehamilan minggu ke 30 bayi anda akan mulai mengembangkan lemak lebih banyak dari sebelumnya yang membuat kulitnya semakin lembut, lemak putih dalam tubuhnya akan digunakan juga nanti setelah dilahirkan untuk membantunya menyesuaikan diri dalam mempertahankan panas tubuhnya. Banyaknya lemak ini bisa berpengaruh pada gerakannya dalam kandungan yang sedikit berkurang, namun jika tidak ada gerakan sama sekali yang anda rasakan maka sebaiknya segera periksa ke dokter.

Minggu ke 31

Pada minggu terakhir bulan ke 7 alat kelaminnya sudah mulai berkembang menuju kesempurnaan. Janin anda juga berkembang cukup cepat dalam hal berat badan, pertumbuhan berat badannya akan lebih besar dari pada panjangnya. Si bayi seharusnya juga sudah berada pada posisi yang benar untuk siap dilahirkan. Otak dan saraf utama mulai dikembangkan dengan baik untuk membantunya mempersiapkan kelima indranya.