Usia kehamilan yang memasuki usia 6 bulan bisa dikatakan usia kehamilan yang cukup matang, janin pun bisa dikatakan sudah dewasa. Janin sudah mendekati membentuk manusia yang sempurna, sebab perkembangan panca inderanya cukup matang. Semua panca indera yang sudah terbentuk saat usianya memasuki 5 bulan, kini saat usianya memasuki 6 bulan semakin berkembang secara sempurna. Jika pada saat hamil 5 bulan Anda tidak begitu yakin apakah dia dapat mendengar atau merasakan, saat hamil 6 bulan ini, bayi telah bergerak sangat aktif dan bisa merespons suara dan sentuhan. Suara kencang seperti teriakan atau bunyi musik memicu dirinya melakukan lonjakan atau tendangan kecil.

Minggu ke 24

Pada minggu – minggu sebelumnya, kulitnya sempat membentuk lemak dan sekarang lemak mulai perlahan  lahan hilang. Kulitnya akan terlihat transparan dan organ – organ seperti tulang, otot dan pembuluh darahnya masih bisa dilihat melalui kulitnya. Sekarang bayi mulai bisa merasakan keseimbangan karena organ keseimbangan didalam telinga bagian dalam sudah terbentuk. Pendengaran Janin sudah terbentuk sempurna. Janin akan bergerak dengan suara musik dari luar. Begitu juga ia akan menunjukkan respon khas saat mendengar suara – suara bising atau teriakan yang tak disukainya. Janin membentuk pola kapan saat tidur dan saat bangun. Anda akan merasakan saat janin bergerak terus, dan saat terdiam. Kelopak matanya kian sempurna dilengkapi bulu mata.

Minggu ke 25

Pada minggu ini kulit janin bayi sudah mulai berwarna merah muda, bukan karena kepanasan, disebabkan suhu dalam kandungan dijaga dengan sempurna oleh air ketuban. Kulit berubah warna karena dibawah lapisan kulit sudah membentuk kapiler yang kemudian diisi oleh aliran darah dalam tubuhnya, sehingga membuat warna kulit menjadi merah muda atau pink. Bayi juga sudah bisa buang air besar yang disebut mekonium yang terbentuk dalam usus besar, mekonium ini nanti akan ikut terbuang setelah dia lahir.

Minggu ke 26

Pada minggu ini masa kehamilan Anda, panjang si Kecil sudah lebih dari 35,5 cm dengan berat mencapai sekitar 1 kg. Saat ini, gerakannya sudah dapat Anda rasakan setiap hari. Seiring dengan perkembangan berat dan panjang tubuhnya, kini mata si bayi pun sudah mulai dapat membuka pada kisaran pekan ini. Responnya terhadap suara pun semakin membaik dan lebih konsisten menjelang akhir bulan ke 7, ketika jaringan syaraf ditelinganya akan mulai selesai dan sempurna. Saat ini bayi Anda mungkin sudah mulai bisa mendengar Anda dan pasangan sedang mengobrol, atau mungkin suara TV yang Anda tonton akan pula ia dengar bahkan suara kendaraan dan klakson kendaraan diluar pun akan dapat didengar oleh si buah hati dalam kandungan.

Minggu ke 27

Janin pada minggu ke 27 akan belajar bernafas menggunakan paru – parunya yang kini telah berkembang cepat. Dia belajar menghirup dan menghembuskan, meskipun belum menggunakan udara tapi menggunakan air ketuban. Janin dalam kandungan Anda akan menunjukan aktivitas otak dan otak akan mulai bekerja sangat kompleks. Janin Anda sekarang sudah bisa cegukan yang juga terjadi pada orang dewasa. Namun cegukannya tentu tidak bersuara, dia hanya akan menghenyutkan perutnya yang merupakan respons atas gerakan yang tidak terkendali pada diafragmanya.