Saat usia 5 bulan, janin akan memiliki perkembangan yang signifkan dibandingkan dengan usia 4 bulan. Perkembangan janin dalam tahap ini sudah mampu mengenali lingkungan yang ada di sekitarnya ditunjang dengan organ janin yang semakin berkembang sempurna. Janin bisa merasakan berbagai macam rangsangan yang ada di sekitarnya, janin pun juga sudah bisa merasakan berbagai macam sensasi yang ada di sekitarnya. Jika saat hamil 4 bulan Anda kadang masih merasa mual, di masa ini umumnya rasa mual saat kehamilan telah usai. Tubuh Anda mulai dapat menyesuaikan diri untuk beraktivitas dengan perut yang membesar. Anda pun mulai dapat merasakan dan menikmati pergerakan si Kecil di perut dan nyaman untuk bepergian di masa hamil. Pada bulan kelima ukuran bayi Anda bisa mencapai 25 cm dan berat hampir setengah kilogram yaitu berkisar 0,45 kg.

 

Minggu ke 19

Tangan dan kaki bayi sudah mulai proporsional. Mungkin Anda sudah mulai bisa merasakan gerakan sang janin karena bayi sudah mulai memperkuat jaringan otot untuk bergerak. Koordinasi otak dan gerakan dipersiapkan untuk membantunya dalam melakukan gerakan dan pelemasan otot. Kulit bayi akan mulai mengembangkan lapisan yang lembut dan berwarna putih yang disebut dengan vernix caseosa.

 

Minggu ke 20

Sekarang bayi Anda akan semakin tumbuh besar dan mulai menelan air ketuban meskipun nutrisi utamanya dialirkan melalui plasenta pada tali pusar. Bayi Anda kira – kira sebesar pisang. Rambut, kuku dan wajahnya mulai terbentuk untuk kemudian memperlihatkan mirip Ibu atau Ayahnya. Bayi dalam kandungan sudah mulai melakukan pergerakan dan peregangan otot lebih intens dari sebelumnya.

 

Minggu ke 21

  • Bobot bayi kini mulai lebih berat dari plasenta.
  • Tubuhnya diliputi bulu – bulu halus bernama lanugo yang diduga berperan menjaga tubuh bayi tetap pada suhu yang diperlukan. Lanugo biasanya akan menghilang sebelum bayi lahir.
  • Kelopak mata bayi telah selesai terbentuk.
  • Bayi telah bergerak – gerak, sementara itu organ pencernaannya juga menjadi makin matang.
  • Vagina pada bayi wanita telah terbentuk dan akan terus berkembang hingga masa kelahiran.
  • Bayi memperoleh oksigen dari Anda melalui plasenta. Paru – parunya memang belum berfungsi dengan baik, namun bayi mulai berlatih bernapas untuk mempersiapkan diri hidup di luar rahim.

 

Minggu ke 22

  • Kaki bayi Anda sudah tidak terlalu menempel pada perut seperti sebelumnya.
  • Meski beratnya terus bertambah, tapi kulitnya masih tampak keriput karena belum memiliki cukup berat.
  • Organ penghasil hormon dan organ pankreas telah berkembang.
  • Gigi pertama memang belum akan muncul hingga beberapa bulan setelah lahir, namun tunas gigi telah terbentuk pada gusi.

 

Minggu ke 23

Didalam rahim bayi kita akan bernafas melalui air ketuban tidak menggunakan udara, namun pada minggu ini bayi anda sudah mulai mengembangkan paru – parunya jika nanti lahir bisa bernafas menggunakan udara. Bayi Anda berkembang cukup pesat pada minggu ini, karena perkembangan yang begitu cepat dan kulitnya mungkin akan sedikit kendur namun akan kencang kembali setelah terisi lemak. Wajah telah terbentuk sempurna bahkan putingnya sudah mulai tumbuh. Miliaran sel otak terbentuk dan bayi mulai bisa mendengar detak jantung sang ibu bahkan suara dari luar yang jauh namun cukup keras akan dia dengar, seperti suara adzan, klakson, petasan dan lain – lain.