Pada kehamilan bulan ke 4 Anda sudah tidak begitu khawatir akan bahaya pendarahan yang banyak terjadi. Hal ini karena bayi telah menempel lebih kuat dari sebelumnya. Namun demikian kita tetap harus mengontrol diri dan menjaga kandungan. Ibu hamil pada bulan ke 4 dikejutkan dengan perubahan yang signifikan dari perkembangan janin. Perut ibu hamil pun kini sudah tampak sedikit membesar diikuti dengan perubahan janin yang ada di dalam rahimnya.

Pergerakan janin sudah mulai lebih terasa dibandingkan dengan usia janin tiga bulan. Banyak ibu hamil yang merasakan pegerakan janin saat kandungan memasuki usia 4 bulan. Saat janin sudah memasuki usia 4 bulan, janin tersebut sudah menyerupai seperti manusia, lengkap dengan berbagai macam indera di dalam tubuhnya. Kemampuan janin pun semakin berkembang dan janin sudah bisa dikatakan dewasa. Semua organ sudah tumbuh hampir sempurna namun dibutuhkan pematangan agar organ janin lebih sempurna.

Pada usia kehamilan ini perubahan fisik juga dialami oleh ibu yang mengandungnya. Diantaranya jantung yang harus bekerja lebih keras untuk menyuplai darah pada janin yang mulai tumbuh. Kemudian pada bagian pelvis akan terasa berisi, seperti ada bola lunak didalamnya. Berat tubuh Anda juga mulai meningkat jika sebelumnya belum mengalami peningkatan karena morning sickness.

 

Minggu ke 15

Awal hamil bulan ke 4 bulu – bulu halus sudah mulai tumbuh, hal ini juga berfungsi untuk mempertahankan suhu panas dalam tubuhnya. Yang kemudian bulu halus ini bisa juga rontok saat akan dilahirkan. Disini pulalah tumbuhnya bulu mata dan alis dimulai. Bayi Anda sudah bisa menggerakan otot – otot wajah seperti meringis dan mengerutkan wajah. Namun hal itu bukanlah ekspresi wajah suasana hatinya hanya untuk meregangkan otot wajahnya.

Minggu ke 16

Perkembangan janin 16 minggu akan menunjukkan pertumbuhan yang semakin cepat dibandingkan dengan minggu – minggu sebelumnya. Panjang janin sudah mencapai 11.5 cm, sedangkan berat sudah lebih dari 100 gram. Gerakan dari janin pun akan mulai menjad lebih kuat, apalagi jika Anda mengusap perut Anda. Seluruh permukaan tubuh janin mulai ditumbuhi oleh lanugo atau rambut – rambut halus. Plasenta yang menjadi jalur makanan yang menyalurkan makanan dari ibu ke janin pun sudah terbentuk secara sempurna dan fungsinya pun sudah sempurna.

Minggu ke 17

Tali pusar masih berkembang dan menjadi lebih tebal dan kuat. Bayi Anda sudah mulai memproduksi jaringan lemak yang membantu dia dalam menyesuaikan panas tubuhnya. Kaki dan lengan sudah mulai memanjang, lengannya sudah bisa meraih kepalanya dan bisa menepuk – nepuk. Telinga bayi juga sudah mulai sempurna dan mempersiapkan diri untuk bisa mendengar suara.

Minggu ke 18

Pada minggu ini bayi Anda sudah mulai bisa mendengar suara – suara, baik itu dari dalam seperti aliran darah tali pusar, detak jantung sang ibu dan juga suara – suara dari luar seperti musik, jeritan dan suara – suara diluar dekat dengan dia. Pada minggu inilah Anda mulai bisa mendengarkan musik pada bayi Anda. Meskipun tidak mengerti maksudnya, bayi sudah bisa merasakan dan tentu suara – suara dari orang tua atau sang ibu menjadi tidak asing jika sering mendengarkan.