untitled-4Buah hati Bunda sekarang sudah berumur 2 bulan dan bukan merupakan bayi baru lahir lagi. Memasuki bulan ke-2 Bunda mengasuh bayi anda dan mengamati perkembangan bayi minggu ke minggu, anda akan mulai memahami kepribadian bayi Bunda . Bunda sudah bisa belajar apa yang disukai dan tidak disukai bayi, juga apa yang membuat bayi Bunda menangis misalnya karena lapar, mengantuk atau popok basah. Berikut ulasan singkat pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 2 bulan yang bisa anda harapkan terjadi pada bayi anda.

Kemampuan Bicara

Dia dapat membuat suara-suara bayi dan ekspresi wajahnya mulai dapat berubah-ubah sesuai yang dirasakannya, misalnya menaikkan alis mata, meniup, atau mata melotot untuk memberi tahu jika ada sesuatu yang tidak nyaman, seperti popok yang basah, merasa lapar, atau merasa lelah.

Kemampuan Tengkurap

Di akhir bulan, bayi mungkin sudah cukup kuat untuk menahan kepalanya sebentar untuk mengamati sekitarnya. Pertumbuhan bayi usia 2 bulan berjalan setahap demi setahap. Dengan membentuk leher yang kuat, bayi bisa menopang kepalanya. Kemudian saat ditengkurapkan, ia akan mencoba mengangkat badannya dengan mendorong tangannya yang akan memperkuat otot tubuh bagian atas dan punggung. Otot-otot ini akan membantunya duduk, bergerak dan menarik diri untuk berdiri suatu saat nanti.

Untuk mendukung perkembangan bayi umur 2 bulan, temani buah hati anda pada saat tengkurap. Berbicaralah padanya agar ia tahu anda menemaninya dan mendukung perkembangannya. Agar waktu tengkurap menjadi lebih menarik untuknya anda juga bisa mencoba meletakkannya di atas karpet warna-warni dengan tekstur yang menarik atau yang bisa memainkan suara musik.

Anda bisa menelungkupkan bayi anda pada saat bayi sedang terjaga dan tertarik untuk bermain. Membiasakan bayi tengkurap akan membantu memperkuat otot leher untuk menopang kepalanya.

Kemampuan Indera

Perkembangan indera penglihatan bayi usia 2 bulan juga terus berlanjut. Sekarang ia sudah bisa melihat objek dari jarak sekitar 18 inci. Bayi anda bisa melihat anda dengan cukup jelas pada saat menyusui. Juga bayi anda seharusnya bisa mengikuti gerakan anda pada saat anda mendekat.

Sering kali pada akhir bulan ke-2, bayi sudah bisa melihat lebih jauh dan menyukai pemandangan menarik seperti air, binatang, anak-anak lain serta objek menarik lainnya. Ia akan senang digendong dengan posisi tegak menghadap keluar. Menempatkan bayi di bouncer merupakan posisi yang aman baginya untuk menikmati pemandangan yang mengasyikkan di hadapannya.

Pendengaran buah hati anda juga terus berkembang. Bayi anda terutama akan sangat menikmati mendengarkan suara anda.

Kemampuan Sosial

Bayi Anda mulai dapat berinteraksi dengan memberikan senyumannya yang pertama. Dengan membalas senyumannya, ia akan tahu bahwa tindakannya ternyata mendapat respon. Selain itu, ia dapat:

  • Seperti meniup dan mengeluarkan suara ketika Anda sedang bicara padanya.
  • Bayi bahkan mungkin dapat meniru ekspresi Anda.
  • Dapat mengenali dari jarak tertentu.
  • Pada usia 8 minggu, bayi Anda dapat mengenali suara dan makin dapat mendengar bunyi-bunyi di sekitarnya.

Kemampuan Motorik

Pada usia 7 minggu, dia mulai berusaha meraih dan menggenggam benda-benda di sekitarnya. Meski tidak selalu berhasil, namun sekali menggenggam sesuatu, benda itu akan sulit dilepaskan dari genggamannya. Hindarkan benda-benda yang dianggap berbahaya dari jangkauannya, seperti benda tajam atau botol air panas. Berikut beberapa perkembangan kemampuan motoriknya yang lain:

  • Pada usia 5 minggu, gerakan bayi Anda akan makin teratur. Reflek terkejut yang sering terjadi saat baru lahir mulai tidak terlihat lagi.
  • Dapat menenangkan diri sendiri dengan menghisap jari tangannya.
  • Matanya dapat mengikuti pergerakan benda.
  • Genggaman tangannya mulai dapat membuka dan menutup.
  • Mulai dapat bermain dengan jarinya.
  • Pada usia 7 minggu, bayi mulai tertarik pada benda-benda tiga dimensi berwarna cerah dan mainan yang bisa berbunyi.
  • Selain itu, pada usia 7 minggu, matanya dapat mengikuti pergerakan obyek ke sana-kemari. Anda dapat menstimulasinya dengan menggerakkan mainan di depan matanya. Aktifitas mandi pun dapat menjadi kesempatan baginya untuk belajar. Misalnya dengan menempatkan mainan-mainan yang dapat berbunyi jika ditekan.
  • Pada usia 8 minggu, lehernya makin kuat. Dia dapat menegakkan kepala hingga 45 derajat dengan topangan tangan dan bergerak menyerupai orang push-up saat berbaring tengkurap.
  • Pada akhir bulan, bayi mungkin dapat berusaha meraih Anda saat ingin diperhatikan.

Tips Merawat Bayi Umur 2 Bulan

Pada bulan pertama umur bayi adalah masa yang mengkhawatirkan sekaligus juga mengasyikkan bagi orang tua baru. Jangan takut meminta saran untuk perawatan dan tumbuh kembang bayi saat berumur 2 bulan ke dokter spesialis anak ataupun keluarga.
Pada masa-masa ini memberikan sentuhan awal kepada bayi sangatlah penting. Luangkanlah waktu untuk memijat, memeluk, memegang, serta mengayunkannya di pangkuan Anda.  Kebanyakan bayi di usia ini akan sangat senang ketika digendong dengan posisi dia dapat merasakan kehangatan orang tuanya dengan lembut.
Untuk melakukan perawatan pada bayi di usia 2 bulan ini kita bisa tidak membiarkannya untuk duduk ataupun tidur di car seat, bouncer ataupun stroller sepanjang hari, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan motorik. Selingi kegiatan bayi dengan tengkurap ataupun kegiatan lain yang mampu membuat bayi menjadi aktif bergerak di berbagai posisi yang berbeda.
Jika ia malah menangis cobalah untuk menenangkannya dencan cara digendong atau memberikannya nyanyian yang lembut.  Semoga penjelsan tentang perkembangan bayi usia 2 bulan serta tips merawat bayi 2 bulan bermanfaat bagi Bunda dalam menambah wawasan serta dalam cara merwat bayi nya.