perkembangan-bayi-usia-11-bulan

Bayi-bayi anda akan tumbuh sehat dan anda akan menjadi ibu yang paling bahagia melihat perkembangan bayi anda dari bulan ke bulan.Mengatuhui perkembangan buah hati juga perlu kita ketahui degan kita mengatahui kita dapat membantu  tumbuh kembangnya apa apa saja yang di butuhkan oleh perkembanganya, simak manfaat mengetahui perkembagan buah hati di bawah ini:

Manfaat mengetahui perkembangan bayi usia 11 bulan

Untuk anda seorang Bunda atau ayah yang memiliki bayi, tentunya menyaksikan tumbuh kembang anak adalah hal yang sangat menyenangkan. Mempertikan tiap tingkah lucu dan kejutan setiap hari karena perkembangannya yang pesat adalah hal membahagiaan yang tidak pernah anda dapatkan tanpa kehadiaran bayi anda. setiap pertamaban usianya tentunya bayi anda selalu melakukan perkembangannya dan sebagai orang tua memantau perkembangannya tentulah jadi tugas utama. Untuk itu, pengetahuan tentang perkembangan bayi sangat dibutuhkan untuk pedoman anda dalam menilai seberapa jauh anak anda tubuh dan berkembang dengan normal.

Selain itu, mengetahui tahap perkembangan pada bayi juga bermanfaat untuk mengantisifasi beberapa kemungkinan buruk yang sring trjadi pada bayi. Dengan mengetahui takaran perkmbangannya, maka anda dapat melihat apakan anak anda berkembang dengan normal atau tidak. Nah, disinilah fungsinya jika anda menmukan keganjalan pada anak anda di usia tertentu maka dengan sigap anda akan segera melakukan stimulasi atau konsultasi terlbih dahulu dengan dokter.

Apakah yang akan terjadi pada perkembangan bayi 11 bulan dan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu perkebangan buah hati?

Perkembangan Emosi Bayi

  1. Bayi Anda sudah bisa memiliki pendapat sendiri dan mereka tidak terlalu senang ketika diberitahu. Hal ini ditunjukkan dengan reaksi bayi ketika tidak suka dengan mainan atau suasana. Mereka selalu ingin bergerak atau mengambil mainan sendiri.
  2. Bayi Anda semakin cerdas untuk mengenali isyarat dari orang tua. Mereka sudah mulai paham mana yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Namun mereka juga tidak selalu menurut pada petunjuk orang tua sehingga orang tua harus mengajari dengan cara yang pelan.
  3. Bayi Anda akan tertarik dengan binatang secara nyata dan bukan hanya suara saja. Mereka selalu menunjukkan minat yang baik ketika bertemu dengan binatang. Bahkan dari cara ini bayi Anda sudah mulai suka dengan jenis binatang tertentu atau bahkan tidak suka.
  4. Bayi juga sudah mulai sedikit melawan perintah atau petunjuk dari orang tua. Hal ini disebabkan karena bayi merasa mandiri dan memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi. Karena itu bayi akan mulai melawan ketika diberitahu untuk melakukan hal yang benar atau tidak. Anda hanya perlu memberikan contoh karena bayi mungkin tidak terlalu suka hanya dengan perintah saja.
  5. Bayi Anda sudah mulai suka mengoceh dan mulai mengembangkan berbagai kata-kata. Orang tua biasanya akan terkejut dengan kata-kata yang bisa diucapkan oleh bayi dan merasa tidak pernah mengajari hal itu. Namun bayi Anda sebenarnya belajar saat mendengar berbagai kata-kata menarik dalam diskusi orang tua.

Perkembangan Fisik Bayi

  1. Bayi memiliki kaki dan punggung yang semakin kuat. Pada masa ini bayi Anda akan senang berdiri lalu duduk lagi dengan posisi yang langsung. Bayi Anda mungkin sudah tidak membutuhkan banyak bantuan untuk merubah posisi dari berdiri ke duduk.
  2. Bayi Anda akan memiliki lengan yang kuat karena itu bayi mulai bisa mencengkeram baju atau tubuh orang tua. Bayi bisa merebut mainan atau benda lain yang menurut bayi sangat menarik.
  3. Bayi sudah bisa menggerakkan jari tangan dengan baik termasuk ketika memegang berbagai benda ringan seperti cangkir atau plastik.
  4. Bayi Anda senang menggerakkan tangan dan jarinya sehingga mereka biasanya akan melempar berbagai benda yang dipegang ke arah samping.
  5. Bayi sudah bisa mendapatkan keseimbangan kaki dan lutut yang baik. Beberapa bayi sangat suka untuk naik turun tangga karena menurut mereka hal ini menyenangkan. Awasi agar bayi tidak terjatuh saat mulai menaiki tangga.
  6. Bayi sudah senang berjalan cepat untuk mengejar mainan atau benda yang menarik. Pada masa ini banyak orang tua meletakkan bayi dalam baby walker untuk membantu berjalan.
  7. Bayi sudah bisa menggerakkan punggung dengan baik sehingga mereka mulai bisa mendorong mainan atau berbagai benda lain.
  8. Jika bayi Anda sudah bisa berjalan sendiri namun masih membutuhkan bantuan, maka Anda bisa membantu dengan memegang satu tangan saja.

Pertumbuhan motorik Bayi

  1. Bayi Anda sudah memiliki naluri untuk bergerak sendiri dan tidak terlalu suka didampingi. Mereka mulai mencari berbagai benda yang bisa dipegang atau menjadi tumpuan badan ketika mulai berdiri. Beberapa bayi bahkan sudah bisa berdiri sendiri tanpa bantuan orang dewasa.
  2. Bayi sudah bisa memiliki keseimbangan yang baik sehingga mereka mulai bermain dengan belajar berdiri satu kaki.
  3. Bayi Anda mulai bisa menggerakkan kaki ke atas dan mereka mulai tertarik untuk memanjat sofa atau perabot lain.
  4. Bayi Anda mulai bisa mengingat rute untuk mendapatkan permainan sehingga mereka sudah bisa mencari mainan favorit yang diletakkan disuatu tempat. Anda bisa meletakkan sebuah mainan di tempat yang mudah dijangkau bayi Anda. Bayi Anda sudah memiliki koordinasi yang sangat baik antara bagian tangan, kaki dan mata. Bayi Anda mulai senang mengenali warna dan mengelompokkan mainan berdasarkan warna. Anda bisa memberikan beberapa mainan balok warna atau piring plastik.
  5. Bayi Anda mulai bisa menelan dengan baik dan bahkan terlepas dari botol atau dot minuman. Bayi Anda tertarik untuk minum dengan cangkir seperti orang dewasa lainnya.
  6. Bayi Anda sudah bisa memberikan isyarat ketika meminta mainan, susu, minuman, makanan atau berbagai benda lain.
  7. Bayi Anda mulai senang mandiri sehingga sulit untuk dinasehati, bergerak dengan badan mereka sendiri dan tidak suka digendong. Bahkan bayi Anda sudah bisa meronta untuk turun dari gendongan.

Pertumbuhan sensorik bayi

  1. Bayi Anda sudah memiliki indra dengan fungsi yang sangat baik. Mereka sudah tertarik ketika mendengar suara atau kalimat orang dewasa. Bahkan mata mereka juga berkembang dengan baik sehingga bisa melihat berbagai benda atau objek dengan berbagai warna.
  2. Bayi Anda mulai mengembangkan rasa suka atau tidak suka terhadap semua hal. Mereka sudah bisa menunjukkan rasa marah ketika tidak suka dengan sebuah mainan atau merasa bosan. Beberapa bayi bahkan sudah bisa mengucapkan kata “tidak” ketika mulai tidak suka dengan mainanBayi Anda sudah memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga bisa merespon pembicaraan orang dewasa. Bayi melihat ekspresi orang tua dan mulai mengembangkan ekspresi lucu dari wajah maupun bibir.
  3. Bayi Anda mulai belajar untuk berkomunikasi dengan cara yang baik karena itu Anda bisa mulai mengembangkan berbagai kata tunggal misalnya nama benda atau nama binatang. Untuk mendukung kemampuan komunikasi maka tirukan suara binatang agar anak semakin tertarik untuk belajar.
  4. Bayi Anda sudah mulai ingin mandiri dan melakukan berbagai hal dengan tangan mereka sendiri.

Waktu Tidur Bayi Usia 11 Bulan

Bayi yang sudah berusia 11 bulan biasanya akan lebih nyenyak tidur pada malam hari ,Bahkan beberapa bayi sama sekali tidak minta susu atau makan pada malam hari dan semua tergantung dari kebiasaan bayi Anda. Bayi membutuhkan waktu tidur selama 11 hingga 12 jam pada malam hari. Kemudian bayi biasanya akan tetap tidur pada siang atau menjelang sore hari. Waktu untuk tidur siang tetap dibutuhkan karena bayi Anda membutuhkan masa istirahat pada siang hari setelah lelah bermain atau bergerak.

Tips merawat bayi usia 11 bulan

Dalam merawat bayi usia 11 bulan, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat bayi pada usia sebelumnya. Hanya saja beberapa hal harus diperhatikan sesuai dengan bertambahnay usia dan tubuh kembangnya. Berikut ini hal yang perlu anda perhatikan saat merawat bayi usia 11 bulan :

  1. Memberikan nutrisi kepada bayi

Nutrisi dan gizi merupakan hala yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Baik secara fisik mau pun emosionalnya. Makanan yang anda berikan kepada bayi anda akan sangat mempengaruhi pada kesehatan, tumbuhn kembang, dan kecerdasan otaknya. Nutrisi yang dibutuhkan bayi pada usia ini pada hakikatnya terdapat dalam air susu ibu, namun untuk mendukung tumbuh kembangnya makanan padat juga sangat perlu diberikan.

Untuk mendukung perkembangan pada bayi 11 bulan anda dapat memberikan makanan yang mengandung nutrisi baik untuknya. Nutrisi tersebut biasanya terkandung dalam buah, sayur mayur atau pun biskuit sehat. Pemberian sayuran pada anak dapat anda lakukan dengan mencampurnya dalam tim yang anda buat sendiri tanpa tambahna penydap untuk menjaga kesehatan bayi anda. Sedangkan buah, dapat anda berikan dalam bentuk sarinya yang di olah menjadi hidangan yang lebih menarik untuk bayi anda, misalkan di olah menjadi puding atau bisa jiga dalam bentuk kue basah.

Selain nutrisi, asupan cairan ke dalam tubuh juga harus anda perhatikan. Cairan pada bayi dapat di penuhi dengan air susu ibu. Namun, sebagai pembantu anda dapat memberikan susu formula untuk mendukung kecerdasan otaknya.

  1. Perhatikan pola tidur bayi anda

Tidur merupakan rutinitas utama untuk  bayi selain bermain. Sebagai orang tua, tentunya anda harus mengatur pola tidur buah hati dengan bener. Ciptakan suasana menyenangkan pada siang sampe hari supaya bayi dapat bermain dengan senang dan ciptakan suuasana membosankan pada malam hari supaya bayi merasa bosan dab memilih untuk tidur.

Mengatur pola tidur bayi, secara tidak sadar anda juga memberi pelajaran pada buah hati anda supaya terttib melakukan sesuatu pada waktunya. Dengan mengatur pola tidur, bayi akan mengerti kapan waktu bermain dan kapan waktunya tidur.

  1. Perhatikan lingkungan sekitar bayi anda

Pada usia 11 bulan, bayi anda telah bisa mencerna dan menirukan apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Untuk itu, lingkungan tempat bayi anda tumbuh harus diperhatikan karena lingkungan akan membentuk kepribadiannya. Ciptakan lingkungan sehat, religious namun tetap menyenangkan bagi bayi anda.

Pada usia ini, bayi juga mulai membutuhkan teman, pilihkan teman bermain untuknya yang sesuai dengan usianya. Tetap perhatikan dan pantau bayi anda ketika bermain.

  1. Rawat bayi anda sendiri tanpa bantuan perawat atau pengasuh

Pada dasarnya bayi usia 11 bulan akan lebih dekat dengan ibunya. Hal ini disebabkan karena kedekatannya sejak dalam kandungan. Sebaiknya pada usia ini anda merawat bayi anda sendiri tanpa bantuan perawat bayi, karena hal ini akan berpengaruh pada karakter anda.

Pendidikan yang anda berikan kpada anak anda, akan sia-sia saat perawat bayi anda tidak memberikan pendidikan yang sama. Selain itu, kedekatan anda dengan buah hati akan berkurang karena bayi anda lebih dekat dengan perawatnya di banding dengan ibunya yang terlalu sibuk sehingga tidak bisa memantaunya setiap waktu.

Kalau pun anda terpaksa harus menggunakan jasa perawat untuk merawat bayi anda, usahakan perawat adalah orang yang sangat anda kenal, ketahui latar belakang perawat tersebut untuk berjaga jaga bahwa bayi anda berada dalam tangan orang yang tepat dan jauh dari bahaya.

  1. Berikan mainan yang sesuai dengan usia dan tubuh kembangnya

Jenis mainan yang anda berikan kepada bayi anda sangat mempengaruhi pada perkembangan bayi anda. berikan bayi anda mainan yang sesuai dengan usianya dan jenis mainan usahakan dapat mendorong perkembanganya. Pada usia 11  bulan, anda dapat memberikan mainan berupa mainan balok atau mainan dengan  permukaan dan bntuk berbeda karena pada usia ini bayi akan mulai membedakan permukaan kasar dan lembut

Itulah Ayah bunda pengatahuan yang penting anda ketahui dan cara bagaimana kita membantu tumbuh kembang nya, semoga artikel ini bermanfaat ,terimakasih  Ayah Bunda

 

 

 

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • hal hal yang harus diperhatikan dalam aqiqah
  • Pendidikan bagi bayi yg mulai mengoceh