5-bulan-11

Bayi umur 7 bulan bisa apa sih?  Pada saat 7 bulan bayi seharusnya sudah mampu menguasai keahlian bayi 6 bulan, yakni; mengangkat kepalanya secara tegak saat tengkurap, menggenggam/ mencengkram benda dengan kuat, mengetahui arah suara dengan baik, dan mampu tersenyum ketika diajak bicara atau tersenyum. Jika kemampuan ini belum dicapai bayi setelah usianya mencapai 7 bulan sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan. bayi 7 bulan umumnya sudah mulai dapat merangkak. Aktivitas ini juga menjadi persiapan penguatan ototnya sehingga dapat berjalan.Pada usia ini, selain mulai bisa merangkak, rasa gatal akibat tumbuh gigi membuatnya makin sering memasukkan benda ke mulutnya untuk digigit. Dia juga mulai bisa duduk tanpa bantuan atau ditopang. Mengenai berat badan rata-rata, bayi 7 bulan berjenis kelamin laki-laki umumnya berbobot 6,7-10,2 kg dengan panjang kira-kira 65,1-73,2 cm, sementara bayi perempuan rata-rata berbobot 6,1-9,6 kg dengan panjang kira-kira 62,9-71,6 cm.

Adapun perkembangan bayi 7 bulan diantaranya sebagai berikut

Kemampuan Berkomunikasi

Memorinya telah berfungsi dengan baik sehingga dia dapat mengingat suara-suara yang familiar. Dia juga dapat memahami kata-kata sederhana, seperti ‘tidak’, ‘ma-ma’, atau ‘da-da’ sambil melambaikan tangan. Selain mulai berceloteh dengan kosa kata yang lebih kompleks, bayi 7 bulan dapat memahami larangan Anda untuk melakukan sesuatu dengan berkata ‘tidak’.

Kemampuan Sosial

Bayi 7 bulan sudah dapat terlihat mengetes otoritas Anda dengan menolak mengikuti arahan Anda. Namun sebenarnya dia hanya sedang ingin tahu. Maka tetap mulailah untuk memberitahunya mana yang baik dan tidak untuk dilakukan, misalnya tentang melempar mainan, merobek buku, atau memasukkan benda kotor ke mulut. Meski demikian, selalu ingat bahwa dia belum seperti orang dewasa yang dapat selalu memahami dan mengingat semua yang Anda katakan. Katakan saja ‘jangan’ jika dia melakukan hal yang tidak selayaknya, kemudian alihkan perhatiannya.

Dalam hubungan interpersonal, dia dapat merasa cemas, terutama jika ada orang asing yang mendekatinya. Hal ini menunjukkan bahwa anak Anda mulai memahami lingkungan di sekitarnya. Dia juga bisa menangis ketika Anda tidak ada di dekatnya atau lepas dari pandangannya. Pada usia ini, wajar jika dia belum memahami bahwa saat ibunya, misalnya pergi bekerja, ibunya akan kembali lagi. Dia juga dapat menyadari perubahan intonasi dan volume suara, sehingga bisa jadi dia akan menangis ketika Anda berkata kasar atau kencang.

Bayi 7 bulan akan menjadi makin ekspresif. Dia dapat mengikuti ketika orang di sekitarnya bertepuk tangan. Dia juga dapat melambai dan melepaskan ‘cium jauh’ pada kerabat atau orang yang dia kenal dekat. Pada usia ini, dia juga sudah dapat turut menirukan ekspresi orang lain. Misalnya dia akan menangis saat melihat orang lain menangis. Ini adalah kesempatan Anda untuk menanamkan nilai kebaikan karena bayi akan mengamati dan meniru bagaimana cara Anda bersikap pada orang lain.

 

Kemampuan Motorik

Pada usia ini, meski sebagian besar bayi akan belajar merangkak, namun sebagian lainnya langsung berjalan dan tidak melalui fase merangkak. Ada juga yang tidak merangkak maju, melainkan mundur.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama anak Anda tetap terlihat mampu mengkoordinasikan kedua bagian tubuh, baik tangan dan kakinya dengan baik. Hanya saja, yang perlu diingat, hindari menggunakan baby walker yang diklaim dapat membantu bayi belajar berjalan. Sarana ini justru berisiko mendatangkan kecelakaan pada bayi. Selain itu, sebelum dia mulai aktif merangkak, pastikan lantai Anda selalu bersih dan letak perabot dalam rumah Anda tidak membahayakan anak dalam memudahkannya bereksplorasi.

Bayi 7 bulan dapat memutar badan dan menegakkan punggungnya untuk dapat duduk lebih lama. Dia juga mulai dapat menyusun dan mengelompokkan mainannya ke dalam kategori ukuran kecil atau besar.

Untuk melatih kemampuan motoriknya, Anda dapat mengajaknya menjalankan permainan yang lebih rumit. Tempatkan salah satu mainannya di lantai, tutupi dengan sebuah kain. Buka kain sambil berkata dengan ekspresi gembira, “Ini dia!”, kemudian tutup kembali dan ulangi. Dia akan senang memperhatikan benda yang hilang dan nampak berulang kali. Selain itu permainan “cilukba” juga dapat membuat bayi senang.

Pada usia ini Anda sudah mulai dapat mengajak bayi berhenti menggunakan botol dan mulai memperkenalkan cangkir. Cangkir yang dapat digunakan pada usia ini adalah sippy cup dengan dua pegangan di samping dan moncong atau bagian mengerucut yang memudahkan bayi minum. Memperkenalkan cangkir lebih dini membuat bayi lebih mudah untuk berhenti menggunakan botol.

Hal yang perlu anda ketahui juga pada bayi usia 7 bulan yaitu

  1. Gelisah Menghadapi Orang Asing

Pada rentang usia 6-12 bulan, bayi biasanya akan menimbulkan reaksi negatif jika bertemu dengan orang asing. Kondisi ini bisa dikenal dengan istilah Stranger Anxiety. Biasanya dia akan rewel, berulah, atau bahkan menangis jika bertemu dengan orang-orang yang tidak dikenalnya. Ini merupakan proses yang normal, karena pada usia ini bayi sudah mulai mengenal dengan baik siapa-siapa orang yang dekat dengannya dan siapa yang tidak.

Kalau bayi Anda tiba-tiba menangis ketika bertemu dengan orang yang asing baginya, maka Anda tidak perlu memarahinya. Bahkan ada sebagian orang tua yang “menyalahkan” bayinya dengan mengatakan kepada orang tersebut, “Waduh, maaf ya Bu… si Halsa memang suka bertingkah kalau ketemu orang baru!”. Ini merupakan pendekatan yang kurang tepat lho!

Yang seharusnya Anda lakukan adalah menghibur bayi Anda. Anda bisa mengatakan, “Halsa, ini kan Paman Ahmad… Paman Ahmad pengen sekali ketemu dengan Halsa…”. Jika ia masih belum mau dekat, maka jangan dipaksa. Nantinya, dengan melihat keakraban Anda dengan “si orang asing”, bayi Anda pun akan merasa aman dengan kehadirannya.

 

  1. Amankan Rumah Anda

Karena pada tahap ini bayi Anda normalnya sudah memiliki mobilitas yang tinggi dan sudah mulai “merambah” ke seputar rumah, maka pastikan Anda membuat rumah Anda aman untuknya. Diantara hal yang bisa Anda lakukan:

  • Tutuplah stop kontak yang mungkin terjangkau oleh bayi Anda
  • Tutupi ujung-ujung tajam yang terdapat pada meubel di rumah Anda yang dapat terjangkau olehnya
  • Perhatikan kalau ada bagian meubel yang rusak yang bisa membahayakannya
  • Berikan semacam pagar pendek pada mulut tangga yang ada di rumah Anda
  1. Bayi Belum Bisa Merangkak? Tidak Perlu Khawatir…

Perlu Anda ketahui, para ahli menganggap bahwa “merangkak” itu sendiri BUKAN merupakan suatu pencapaian yang harus dilalui oleh setiap bayi. Makanya, jangan heran kalau ada bayi yang bisa berjalan TANPA sebelumnya bisa merangkak terlebih dahulu. Bayi seperti ini melewatkan fase merangkak. Bahkan sebagian bayi ada juga yang baru bisa merangkak menjelang usia 1 tahun.

Yang merupakan sebuah pencapaian adalah melihat benda-benda yang berada di luar jangkauan si bayi dan berusaha untuk mendapatkannya. Apabila bayi Anda sudah menunjukkan “gejala” ini, berarti ia sedang memperbaiki perkembangan kognitif dan motoriknya.

Dalam usahanya mengambil benda yang berada di luar jangkauan, si bayi mungkin akan merayap di atas perutnya, ada juga yang sambil dalam posisi duduk beringsut-ingsut di atas pantatnya menghampiri benda tadi, ada pula yang merangkak, bahkan sebagian kecil bayi ada yang mencoba berdiri tegak dan berjalan untuk berusaha mengambil benda tersebut. Semua ini bisa terjadi pada usia 7 bulan…