5-buln

Bayi 5 bulan umumnya sudah dapat mencoba duduk dari posisi tengkurap dengan menopang tubuhnya dengan kedua tangan sendiri. Meski demikian, sebaiknya tempatkan bantal di sisi kanan-kirinya dan terus dampingi karena posisi tubuhnya belum stabil dan juga Bulan ke-5 merupakan masa transisi bagi bayi anda di mana ia mulai mencoba berbicara (benar-benar berbicara) dan mengeksplorasi berbagai suara yang bisa ia buat.

Berikut Ulasan Singkat Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 5

  1. Kemampuan Bicara

Bayi Anda telah familiar dengan bunyi-bunyi yang terdengar sehari-hari di sekitarnya, seperti suara TV, bunyi binatang piaraan, suara telepon, sehingga suara-suara ini sudah tidak lagi akan mengganggu atau menarik perhatiannya. Dia baru akan menoleh ke sumber suara jika ada suara yang baru pertama kali didengarnya.

Di usia ini, dia dapat memperhatikan Anda dengan saksama saat Anda bicara. Ocehannya pun mulai lebih beragam dan lebih sering. Pada usia ini, dia umumnya sudah dapat mengucapkan beberapa patah kata, seperti ‘ma’, ‘pa’, ‘ba’, atau ‘ga’. Beberapa bayi lain dapat menggabungkan satu patah kata dengan sepatah kata lain. Meski kata-kata yang dia ucapkan belum ditujukan kepada Anda, namun satu atau dua bulan lagi dia akan memanggil Anda dengan panggilan yang sering Anda sebut.

5-bulan-11

  1. Kemampuan Motorik

Di usia ini, bayi sudah dapat berguling dari telentang ke tengkurap dan sebaliknya bahkan umumnya sudah dapat duduk tanpa ditopang untuk beberapa saat.  Dia akan duduk dari posisi tengkurap dengan menopang tubuh dengan tangannya sendiri. Untuk membantu menstabilkan posisi duduknya, posisikan kedua kakinya merentang menyerupai huruf V. Tempatkan mainan di hadapannya untuk dimainkan dan tempatkan bantal di sekelilingnya. Perkembangan ini menandakan bayi bersiap untuk merangkak beberapa bulan ke depan.

Bayi sudah dapat meraih benda yang berada dalam jangkauannya, mulai mempelajari untuk memindahkannya dari satu tangan ke tangan lain.  dan  dapat melempar benda-benda yang berada dalam genggamannya hanya untuk melihat benda itu jatuh. Jika Anda menempatkan mainan gantung di atas tempat tidur Si Kecil untuk dia jangkau, sebaiknya pindahkan mainan tersebut agar tidak jatuh menimpanya saat dia tarik.

Pada minggu kedua, bayi 5 bulan kemungkinan sudah dapat memegang botol susunya sendiri. Meski demikian, sebaiknya hindari meninggalkannya seorang diri saat dia minum dari botol. Susu yang tersendat dan tidak tertelan dapat masuk ke saluran yang menghubungkan bagian belakang tenggorokan dengan bagian tengah telinga. Kondisi ini berisiko menyebabkan infeksi telinga.

Anda dapat melatih otot-otot motoriknya dengan menempatkan mainan dalam jangkauan sang bayi dan menunggunya meraih mainan tersebut atau  mengajarinya memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lain berulang kali. Memainkan mainan-mainan yang dapat menimbulkan bunyi, menyanyi, dan tepuk tangan juga dapat menstimulasi perkembangan koordinasi anggota tubuhnya. Meski begitu, semua stimulasi sebaiknya diberikan seperlunya agar bayi tidak kelelahan.

  1. Kemampuan Sosial

Bayi 5 bulan dapat menyadari jika Anda sedang memanggil namanya atau membicarakan dirinya. Dia akan menoleh ke arah Anda. Selain itu, biasanya dia sudah dapat lebih berinteraksi dengan sekitarnya, ditandai dengan perilaku berikut:

Si Kecil sudah mulai dapat memberikan ciuman dan pelukan.

Dia sudah dapat mengangkat tangan sebagai tanda ingin digendong atau menangis ketika Anda menjauh darinya.

Selain menangis, tersenyum, dan tertawa, bayi 5 bulan sudah dapat menjerit, menirukan suara, dan bersuara dengan nada yang berbeda-beda sesuai dengan respons terhadap keadaan hatinya, seperti rasa senang, puas, kecewa, atau sedih.

Dia senang didengarkan, direspons, dan diajak bicara.

Dia juga akan tertawa ketika melihat ekspresi atau sesuatu yang dia anggap lucu.

Bayi 5 bulan yang sudah dapat mengenali orang-orang terdekatnya bisa jadi akan menangis jika berada di antara orang-orang atau lingkungan yang tidak dikenalnya. Tidak apa-apa karena ini merupakan caranya menunjukkan ekspresi cemas dan tidak aman.

  1. Perkembangan  Tidur

Kebanyakan bayi umur 5 bulan bisa tidur sepanjang malam walaupun tidak semua. Memandikannya dengan air hangat kemudian menggendong atau mengayunkannya sambil bernyanyi atau bercerita akan membuatnya mengantuk.

Pada siang hari bayi masih membutuhkan dua kali tidur (pagi dan sore). Usahakan untuk tidak menunda tidurnya sampai ia terlalu capek atau rewel. Tidurkan bayi anda jika ia kelihatan mengantuk.

  1. Perkembanga Indera

Penglihatan bayi 5 bulan terus berkembang. Pada tahap ini, bayi masih belum memiliki penglihatan 20⁄20, tapi ia bisa melihat dengan baik dari berbagai jarak dan kedua matanya sudah bisa fokus bersamaan tanpa juling. Ia juga sudah bisa membedakan berbagai warna tapi biasanya masih lebih menyukai warna primer seperti merah, biru dan kuning

Tips pengasuhan dan perawatan bayi usia 5 bulan

  • Bayi menyukai musik. Mainkan segala jenis lagu mulai dari klasik, jazz sampai pop. Bayi anda akan girang, tersenyum dan bahkan mungkin berceloteh.
  • Berikan bayi anda mainan warna warni yang simple seperti balok lunak atau giring-giring. Sebutkan nama benda yang anda berikan untuk mengajari bayi anda kosakata baru.
  • Pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 5 bulan berlangsung cepat, tidak lama lagi ia akan bergerak makin jauh. Jika anda belum mengamankan rumah anda, lakukan sesegera mungkin. Tutup colokan listrik, taruh produk pembersih dan barang berbahaya lainnya di tempat yang jauh dari jangkauan bayi. Jangan meninggalkan minuman panas, setrikaan,dsbnya di tempat yang bisa dijangkau bayi anda.

Itu lah urain yang saya sampaikan tetang perkembangan buah hati usia 5 bulan, semoga bermanfaat terimakasih!!