untitled

Apa saja sih ciri ciri perkembangan yang di alami bayi usia 4 bulan itu dan bagaimana cara merawatnya, Saat bayi umur 4 bulan, mulai kelihatan lucunya. Karena bayi sudah bisa memberikan respon, baik dengan tertawa, tersenyum, sampai mulai berceloteh sendiri. Nah, kalau kamu ingin tahu apakah ciri perkembangan bayi 4 bulan yang sehat, kamu bisa simak tanda-tandanya di bawah ini

Tertawa

Ahaa… duh lucunya! Kamu pasti sangat senang melihatnya tertawa. Bayi usia 4 bulan sudah bisa tertawa sebagai caranya dalam berkomunikasi.

Pandangan Lebih Tajam

Di usia 4 bulan, bayi sudah bisa membedakan warna. Mana warna yang cerah dan mana yang hitam-putih. Biasanya mereka suka warna yang cerah. Oleh karenanya di dekat ranjang bayi, sebaiknya beri dengan mainan atau apapun yang berwarna cerah.

Mata Bayi Mengikuti

Mata bayi sudah mampu mengikuti gerakan. Misalkan saja kamu keluar-masuk kamar, coba sambil perhatikan, mata bayi akan mengikuti gerakanmu.

Sudah Bisa Tidur Semalaman

Kalau bulan-bulan sebelumnya biasanya kamu sering begadang untuk menemani bayi yang kerap terbangun di malam hari, maka saat usia 4 bulan biasanya sudah agak berkurang. Karena bayi biasanya sudah bisa nyenyak tidur semalaman. Plus juga tidur saat siang hari. Saat usia 4 bulan ini, waktu tidur bayi dalam sehari sekitar 15 jam

Mencoba Berguling

Biasanya pada usia 4 bulan bayi sudah mulai berusaha untuk berguling. Bayi senang melakukannya. Tapi kamu harus terus awasi dan kamu tidak boleh memaksanya untuk berguling. Biarkan dia melakukannya sendiri. Atau kamu juga bisa coba rangsang dengan letakkan mainan favorit di dekatnya dan lihat bagaimana caranya untuk mendapatkan mainan itu.

Mulai Ada Tanda Gigi Mau Tumbuh

Memang kebanyakan bayi mulai tumbuh gigi saat usia delapan bulan, tapi saat usia 4 bulan mulai da tanda-tanda kalau bayi ini mau tumbuh giginya. Cirinya seperti mulai ngiler dan terjadi ruam pada wajah yang disebabkan karena air liur. Terus, bayi mulai suka menggigit baju atau apapun yang bisa dijangkau. Aktivitas ini dilakukan untuk mengurangi rasa gatal yang ada pada gusi. Nah, kalau melihat bayimu seperti ini, bersyukurlah, Karena berarti pertumbuhan bayi sehat dan normal.

Mengambil Benda di Dekatnya

Kemampuan motorik bayi mulai meningkat saat berumur 4 bulan. Biasanya kalau ada benda apapun, ia akan berusaha menggapainya. Misalkan ada boneka, mainan atau yang lainnya. Bayi juga senang melihat obyek yang warna-warni. Karena itu kadang di usia ini, bayi dibelikan mainan gantung yang berwarna-warni dan bisa berputar.

Sudah Mulai Kuat Menahan Leher dan Kepala

Saat bayi berusia 4 bulan, biasanya sudah bisa menahan berat kepala dan leher ketika sedang tengkurap. Jadi tidak seperti sebelumnya yang susah untuk menahan berat kepala.

Sudah Bisa Menendang

Perkembangan bayi usia 4 bulan yang baik juga ditandai dengan kemampuan untuk menendang. Jadi jangan kaget misalkan kamu sedang tidur dan tiba-tiba merasakan tendangan dari bayi yang ada di sampingmu.

Tersenyum

Ekspresi lainnya yang juga muncul pada bayi usia 4 bulan seperti tersenyum karena senang. Kalau sudah tersenyum seperti ini, rasanya pasti kamu sangat bahagia.

Cemberut

Atau bisa juga bayi ini bermuka cemberut kalau sedang kesal. Tapi meski begitu, kamu pasti akan senang melihat ekspresi si kecil ini.

Berat Badan Bayi Naik Dua Kali Lipat

Saat bayi berumur empat bulan, kenaikan berat badan bisa dua kali lipat dari waktu lahir. Jadi misalkan di waktu lahir bayi ini bobotnya 3 kg, maka ketika usia 4 bulan mungkin bobotnya sudah tambah jadi 6 kg. Nah, kalau sudah begitu berarti bayinya sehat dan tidak ada yang perlu kamu khawatirkan.

Berikut juga akan di jelaskan untuk lebih rinci perkembangan nya dalam segi motorik,pertumbuhan gigi ,tidur,indera, komunikasi,makan dan perkembangan berat badan serta cara merawat bayi usia 4 bulan dengan baik

1.Kemampuan motorik

Untuk perkembangan motorik halus, bayi anda semakin terampil sekarang. Ia mulai bisa memindahkan mainan atau objek lainnya dengan kedua tangannya. Bahkan ia akan mengapai apa saja yang bisa dicapainya termasuk rambut anda, boneka gantung dan objek warna warni atau berkilau yang tergantung di dekatnya (anting, kalung, dll).

Sedangkan tumbuh kembang bayi 4 bulan dari segi motorik kasar, kepalanya sudah tidak lagi terhuyung-huyung saat ini. Bayi 4 bulan umumnya sudah memiliki kontrol kepala yang cukup baik pada saat didudukinya dan bisa menahan kepala dan lehernya pada saat posisi tengkurap. Mereka juga sudah bisa menendang dan mendorong dengan kakinya. Bahkan ada bayi yang sudah bisa berguling telentang dari posisi tengkurap.

Pertama kalinya bayi berguling umumnya dari posisi tengkurap ke telentang. Bentuk perut bayi yang bulat memungkinkan bayi untuk berayun dari sisi ke sisi dan kemudian membalikkan badannya. Dorong buah hati anda untuk berguling dengan menaruh mainan favoritnya sedikit di luar jangkauannya. Sewaktu ia mencoba meraih mainannya ia mungkin berguling lagi.

2.Tidur

Bayi umur 4 bulan sudah bisa tidur nyenyak sepanjang malam, biasanya tujuh sampai delapan jam. Ditambah dengan tidur siang dua kali, total tidur bayi akan berkisar antara 14 sampai 16 jam per hari.

 

3.Indera

Pada tiga bulan pertama bayi kesulitan dalam membedakan kontras warna sehingga ia lebih tertarik dengan warna terang dan objek hitam putih. Di usia empat bulan, penglihatan bayi semakin tajam. Ia mulai bisa melihat kontras warna yang lebih samar seperti kancing biru di kemeja biru. Jangkauan penglihatannya juga semakin jauh namun biasanya mereka masih lebih suka memperhatikan orang dalam jarak dekat.

Matanya seharusnya tidak juling lagi pada usia ini di mana kedua matanya sudah bisa mengikuti objek atau orang di sekitar ruangan secara bersamaan. Jika matanya masih sering juling jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan dokter anak anda.

4.Perkembangan Komunikasi

Pada umur 4 bulan, bayi mulai menyadari akan reaksi orang-orang di sekitarnya terhadap tindakannya. Jika ia menangis, anda menghampirinya. Jika ia menjatuhkan sesuatu, anda memungutnya. Ia bahkan sengaja menjatuhkan objek yang sama berulang kali hanya untuk melihat anda memungutnya lagi dan lagi.

Bayi usia ini juga belajar untuk berkomunikasi secara efektif. Mereka mengekspresikan diri melalui degukan, celotehan seperti ooh dan aah, pekikan dan tertawa. Ia juga bisa mengekspresikan beragam emosi mulai dari tersenyum lebar karena gembira, muka cemberut karena kesal hingga membuka mulut lebar-lebar karena kaget atau heran. Bayi usia 4 bulan juga mulai belajar mengenali emosi anda dari suara dan ekspresi wajah anda.

5.Pertumbuhan gigi bayi usia 4 bulan

Umumnya bayi baru mulai tumbuh gigi pada usia delapan bulan, namun ada sebagian bayi yang sudah tumbuh gigi pada usia empat bulan. Tanda-tanda bayi sudah mau tumbuh gigi: ngiler, ruam di wajah karena air liur, menggigit objek untuk mengurangi rasa gatal, rewel, hilang selera makan, menarik telinga kanan atau mengucek pipi yang sakit dan diare.

 

Perawatan bayi 4 bulan: Makan

Hindari memberikan makanan padat pada bayi usia 4 bulan kecuali jika bayi anda berbadan besar (sehingga asi atau susu formula tidak cukup mengenyangkannya dan mendukung perkembangan bayi usia 4 bulan anda) dan siap untuk menerima makanan padat. Pastikan bayi anda sudah bisa menopang kepala dan lehernya dengan baik serta bisa duduk tegak dengan disangga. Jika memungkinkan konsultasikan hal ini dengan dokter anak anda terlebih dahulu.

Makanan padat pertama bayi anda bisa berupa bubur susu yang encer (bisa dicampur dengan asi atau sufor) atau buah-buahan yang diencerkan (pisang, alpukat, pir dsbnya). Lihat reaksi bayi anda, jika ia menolaknya maka anda mungkin harus menunggu satu atau dua minggu lagi sebelum mencoba memberinya makan kembali.

Tips perawatan bayi 4 bulan

  • Berikan buah hati anda berbagai benda dengan tekstur berbeda untuk dieksplorasi.
  • Sediakan waktu beberapa menit setiap hari untuk membaca atau bernyanyi bagi bayi anda.
  • Mengecap merupakan salah satu caranya untuk mengeksplorasi dunianya saat ini karenanya apapun yang berhasil dipungutnya akan dimasukkan ke mulutnya. Hindari mengeletakkan benda-benda kecil yang bisa membuatnya tercekik.
  • Walaupun perkembangan bayi 4 bulan belum masuk tahap merangkak dan bahkan mungkin belum bisa berguling, anda sudah bisa mulai mengamankan rumah anda misalnya mengunci lemari, memasang pagar tangga dan menyimpan produk pembersih dan barang-barang berbahaya lain di tempat tinggi dan jauh dari jangkauan tangan bayi anda yang penuh rasa ingin tahu.
  • Perawatan bayi usia 4 bulan termasuk juga menemani bayi anda bermain. Ceritakan apa yang sedang anda kerjakan, yang ia kerjakan, objek yang dipegangnya dan segala sesuatu yang menarik perhatiannya. Dengan mendukung minat alami bayi anda, anda menunjukkan respek atas perkembangannya bayi 4 bulan anda sebagai individu yang unik.
  • Anda juga bisa mulai membacakan buku cerita atau bernyanyi kepada buah hati anda. Ia akan senang dipeluk atau digendong sambil mendengar suara anda. Awalnya, ia mungkin tidak tertarik dengan apa yang anda bacakan dan lebih senang menyentuh sampul atau isinya, mencoba membalik halaman atau bahkan menjilati buku tersebut. Namun, suara anda yang lembut, kedekatan yang terjalin dan pengalaman menyentuh buku tersebut sangat penting. Tanpa anda sadari seiring dengan tumbuh kembang bayi 4 bulan anda, ia akan semakin tertarik dengan suara anda dan objek yang anda ceritakan. Tidak lama lagi ia akan mengambil sebuah buku, meminta anda membacakannya dan mengulang suara yang anda buat terus menerus.
  • Sentuh bayi anda. Selain mempererat ikatan batin, sentuhan juga bisa membantu perkembangan otak. Mengemong bayi anda atau mengelus kepalanya sampai ia tertidur meningkatkan pelepasan hormon yang berguna untuk pertumbuhan bayi 4 bulan anda.
  • Memijat bayi merupakan bagian dari perawatan bayi 4 bulan. Luangkan waktu beberapa menit sehari untuk memijat bayi anda untuk mendukung perkembangan bayi 4 usia bulan anda. Bayi yang dipijat secara rutin lebih sedikit memproduksi hormon stres sehingga umumnya bertambah berat badan lebih cepat, tidur lebih nyenyak.