144131_bulan13

Saat inilah anak mulai memasuki tahun kedua kehidupannya. Mungkin ia mengalami kesulitan untuk menaiki dan menuruni tangga. Tapi walau begitu keinginannya untuk berkeliling ruangan mengamati benda-benda di sekitarnya akan sangat besar itulah contoh perkembangan yang di alami usia 13 bulan. Aartikel ini akan menjelaskan apa saja perkembangan yang terjadi pada bayi usia 13-24 bulan ,silahkan simak ulsan berikut

Motorik Halus

Pada umur 13-24 bulan, Si Kecil diharapkan sudah bisa memasukkan benda ke dalam lubang, menggunakan benda sesuai fungsinya, mengambil alat permainan dari lantai jatuh. Serta membuka-buka lembaran buku, mencoret-coret, menarik, memutar, mendrong benda-benda, melempar-lempar, menggambar dengan gerakan tangan menyeluruh, menggeser tangan dan membuat garis besar.

Motorik kasar

Pada umur 13-24 bulan ini, diharapkan Si Kecil bisa berjalan sendiri, berjalan mundur, menarik dan mendorong alat permainan, duduk sendiri, naik dan turun tangga dengan pertolongan, serta begoyoang-goyang mengikuti irama musik.

Mulai Berjalan

Tidak usah terlalu khawatir apabila anak sering terjatuh. Karena sebenarnya itu merupakan proses dalam belajarnya. Sering-seringlah ajak anak untuk berjalan di atas rumput, di atas pasir atau tanah. Tapi hati-hati dengan benda-benda tajam yang bisa melukainya. Di usia 14 bulan setelah bayi  berjalan dan terjatuh berkali-kali, maka dia akan mulai mendapatkan kepercayaan dirinya. Saat itulah ia mulai senang memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Mendorong-dorong kursi, tempat sampah,dan barang-barang lain terlihat betapa energi balita seakan tiada habisnya. Dia begitu antusias menjelajah.

Mulai Mengucap Kata

Ada beberapa anak yang sudah mulai bisa mengucapkan kata tunggal. Mereka sudah mulai menunjukkan kemampuan bicaranya dengan menggumamkan satu dua patah kata dengan jelas misalnya “Mama”, “Papa” atau “Susu”. Pujilah dia bila sudah berhasil mengucapkan kata itu dengan baik.

Kita sebagai orang tua juga sudah mulai tahu apa kemauan dan keinginan balita dari bahasa tubuh dan bahasa simbol yang digunakannya. Contohnya, saat balita merasa haus, dia akan menyodorkan gelasnya sambil berkata “em..ma”, walaupun kata-katanya masih tak jelas tapi bahasa tubuhnya menegaskan “Tolong bunda, aku haus, nih, minta minum.”  Untuk melatihnya berbicara mengungkapkan perasaannya, kita bisa ulangi permintaanya “Dedek mau minum ? Haus ya sayang?” Perkembangan luar biasa bayi usia 13-14 bulan tersebut memang tak bisa lepas dari kesabaran dan dukungan penuh kita sebagai orang tua

Mulai Mencoret-Coret

Walaupun sudah menunjukkan minat untuk mencoret-coret, tapi anak masih kesulitan untuk memegang krayonnya. Biarkan saja dia bereksplorasi dengan berbagai coretan khayalannya. Di usia 13 bulan, dia juga akan belajar memasukkan dan mengeluarkan benda dari tempatnya berulang-ulang kali. Dia memasukkan kotak kemudian mengeluarkannya dengan melemparkannya. Hati-hati dengan barang yang mudah pecah di sekelilingnya.

Mulai Menyusun

Kita juga bisa ikut bermain dengan menyusun menara kecil dari beberapa kotak balok yang pasti akan langsung dirobohkannya setelah itu. Buatlah permainan “membangun dan merobohkan menara” ini sebagai saat untuk anak berinteraksi dengan kita orang tuanya. Bisa sambil tertawa-tawa, saling menggelitik dan sebagainya.

Makanan yang dibutuhkan

Anak usia diatas 1 tahun, sudah seharusnya mengenal makanan padat. Makanannya sama seperti orang dewasa, bervariasi, tetapi harus tetap dipotong dalam bentuk lebih kecil kecil dibandingkan dengan makanan orang dewasa. Susu bukanlah sumber utama nutrisi anak dengan usia diatas 1 tahun. Tentu susu penting, sebagai sumber protein, vitamin, dan kalsium, tetapi anak tidak seharusnya mengandalkan susu saja sebagai zat gizi yang utama. Di usia ini, anak biasanya sudah harus makan 3x sehari, disertai camilan disela waktu makan tersebut. Cemilan sehat,. Susu 1-2 kali sehari dengan botol ukuran diatas 210 cc sudah lebih dari cukup untuk sumber kebutuhan gizinya.

Itulah ulasan Perkembangan yang di alami oleh Bayi usia 13-24 bulan ,Semoga bermanfaat terimakasih.