untitled-3

Sekarang pada usia  3 bulan pasti si kecil Bunda sedang senang senangnya  menghisap jari tanganya .Untuk mengatahui lebih lanjut tetang perkembangan bayi usia 2 bulan  simak ulasan berikut ini

Pada perkembangan bayi 3 bulan, maka sang bayi bisa diperkenalkan ke dunia luar dengan membawanya jalan-jalan disekitar rumah saja. Selain itu, sebaiknya bayi juga diperdengarkan lagu-lagu lembut apa lagi diperdengarkan dengan lantunan ayat al-qura’an yang bisa merangsang perkembangan otaknya. Pada usia 3 bulan, bayi sudah belajar menggumam dan suara-suara seperti P,B, dan M menjadi gumamannya yang pertama. Jangan heran bayi usia 3 bulan sudah mulai bisa menyebut mama atau papa walau masih tidak begitu jelas. Bayi pada usia 3 bulan sudah bisa diajak berkomunikasi dan cara bayi berkomunikasi adalah dengan menggerak-gerakan tanganya. Dia juga sudah bisa mengekpresikan gembira, sedih, dan tertawa. Bayi usia 3 bulan akan meraih apapun yang disodorkan kepadanya dan tertawa senang sambil kakinya menendang-nendang. Pada usia 3 bulan bayi sudah bisa menunggu ibunya untuk memberikan apa yang dia inginkan selain itu bayi juga lebih jarang menangis jika lapar dan hanya sekedar merengek saja.

Dari ulasan di atas dapat di pahami lebih rinci apa saja sih perkembangan yang terjadi pada Kemampuan motorik, Tidur, Indera, dan juga komonikasinya serta cara merwat bayi usia 3 bulan

 Perkembangan Komunikasi

  • Di usia 3 bulan, bayi mulai memperlihatkan kemampuan sosialnya. Ia mulai berinteraksi dengan orang dan tersenyum untuk kesenangan (senyum sosial).
  • Bayi 3 bulan makin jarang menangis, biasanya tidak lebih dari 1 jam per hari. Jika bayi anda menangis berlebihan dan anda mencemaskan pertumbuhan bayi usia 3 bulan anda, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anak anda karena penyebabnya mungkin kolik atau masalah medis lainnya. Pelajari juga Makna Tangisan Bayi.
  • Bayi mulai berceloteh dan dan membuat suara vokal seperti “oh” dan “ah”.

Perkembangan motorik

  • Refleks bawaan lahir seperti refleks kaget yang diperlihatkannya pada beberapa bulan awal biasanya berangsur-angsur hilang sekarang.
  • Otot lehernya bertambah kuat dan bisa menopang kepalanya tanpa atau hanya sedikit terhuyung-huyung pada posisi tegak.
  • Pertumbuhan bayi 3 bulan – Tubuh bagian atas sudah cukup kuat untuk menopang kepala dan dadanya dengan tangan pada waktu ditengkurapkan.
  • Mulai bisa menjulurkan kaki dan menendang.
  • Menunjukkan tanda-tanda awal koordinasi mata dan tangan – membuka dan menutup tangan, memukul ke arah mainan warna warni yang berjuntai, meraih mainan atau giring-giring sekilas,bermain dengan tangan dan memasukkan tangan ke mulut.
  • Ia bahkan mungkin mulai menyadari bahwa ia bisa membuat suara dengan menggerakkan giring-giring nyaman. Ini merupakan awal pemahaman bayi akan hubungan sebab akibat.

Perkembangan Indera

  • Perkembangan bayi umur 3 bulan dalam hal indera pendengaran dan penglihatan juga semakin sempurna. Bayi 3 bulan menengok dan tersenyum ke arah suara orang tuanya dan senang mendengar semua jenis musik.
  • Bayi 3 bulan masih lebih senang melihat warna-warna yang tajam dan kontras seperti mainan berwarna terang.
  • Raut wajah juga sangat menarik hati bayi 3 bulan. Tatap bayi anda dan ia akan balas menatap mata anda.

Perkembangan tidur

  • Tumbuh kembang bayi usia 3 bulan dalam hal sistem saraf semakin sempurna dan lambungnya sudah bisa menerima lebih banyak susu. Hal ini memungkinkan bayi anda untuk tidur lebih lama antara enam sampai tujuh jam dalam satu waktu, yang berarti juga anda bisa tidur lebih nyenyak di waktu malam.
  • Jadwal tidur siangnya juga harusnya lebih teratur sekarang. Kebanyakan bayi 3 bulan akan tidur sebentar sekitar 1 12 sampai 2 jam beberapa kali dalam sehari.

Tips merawat bayi usia 3 bulan

Bayi usia 3 memiliki sistem saraf yang hamper sempurna.

Artinya, bayi usia 3 bulan mampu sudah mampu mengkonsumsi lebih banyak susu daripada sebelumnya. Semakin banyak susu yang diminum, maka semakin lama bayi anda dapat tidur. Biasanya, bayi usia ini bisa tidur 6 hingga 7 jam dalam satu waktu, sehingga anda dapat juga dapat menikmati tidur malam. Sebaiknya, waktu tidur siang bayi usia 3 bulan harus diatur, sekitar satu setengah sampai dua jam sehari.

Saran bagi orang tua, apabila bayi anda terbangun saat tidur malam. Biarkan dulu selama kurang lebih 30 detik, sebelum anda mencoba menidurkannya. Hal ini supaya bayi dapat belajar untuk tidur sendiri. Misalkan ketika bayi terbangun dikarenakan ia sedang lapar atau popoknya basah maka hal yang harus anda lakukan adalah memberi susu atau mengganti popoknya dalam keadaan gelap (jangan menyalakan lampu), agar ia mudah tidur kembali. Dengan begini, bayi anda akan belajar bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur.

Bayi berusia 3 bulan memiliki indera pendengaran yang hampir sempurna. Biasakanlah untuk berinteraksi dengan bayi anda sesering mungkin. Libatkan bayi anda dalam setiap percakapan, misalnya saat anda akan memberi susu atau mengganti popok, bayi akan mendengarkan dan memperhatikan ekspresi wajah anda. Lambat laun, bayi akan mengembangkan gerak isyaratnya sendiri jika ingin sesuatu.

Bayi usia 3 bulan senang mendengarkan semua jenis musik, jadi jangan ragu untuk memutar beberapa lagu anak-anak atau yang sejenis dan patut bagi bayi anda. Akan lebih baik lagi, jika anda mencoba bernyanyi mengiringi lagu tersebut.
Dalam hal penglihatan, bayi usia 3 bulan lebih menyukai warna-warna yang terang atau kontras. Pilihlah mainan dengan warna-warna tersebut.

Bayi 3 bulan mulai membuat suara-suara vocal, seperti “ah” atau “oh” dan sudah jarang menangis. Jika menangispun, biasanya tidak lebih dari satu jam dalam sehari. Namun, jika bayi anda menangis lama sekali dan anda mencemaskan bayi anda, disarankan segera berkonsultasi ke dokter anda, sebab bisa jadi penyebabnya adalah masalah medis.

Perlu diingat bagi para orang tua, keadaan yang mempengaruhi perkembangan bayi berbeda satu sama lain, apalagi bayi yang lahir prematur. Jika ada hal-hal yang kiranya terhambat dalam perkembangan bayi anda, seperti belum bisa merespon suara-suara, atau menggerakkan matanya mengikuti objek atau orang, atau tidak terlihat ada keinginan untuk mencoba meraih sesuatu, yang membuat anda kuatir, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter anda.