belajar-menyenangkan-untuk-anak-usia-8-12-bulanKini, buah hati anda sudah memasuki masa 8 bulan yang masih membuat anda sebagai orang tua masih merasa kagum dan menarik untuk diikuti setiap detik perkembangannya. Anda mungkin sudah mengetahui dan mengenali karakter buah hati anda dengan baik. Namun harus dipahami betul oleh para orang tua bahwa setiap bulan perkembangan buah hati anda tentu saja berbeda dan merupakan proses yang baik yang harus anda perhatikan dengan seksama. Dengan mengetahuinya dengan baik akan membuat anda bisa memahami dan mempersiapkan diri anda sendiri menjadi orang tua yang baik yang mengikutiKenali Perkembangan Bayi 8 Bulan yang Baik

  • Menggenggam

Perkembangan bayi 8 bulan berikutnya yang penting untuk diperhatikan selain kemampuan duduk, merangkak dan berdiri adalah kemampuan tangan dalam menggenggam benda di sekitarnya. Pada usia ini, seorang bayi 8 bulan sudah mampu meraih benda baik dengan keinginan sendiri maupun yang anda berikan dengan menggunakan kedua tangannya. Pada masa inilah kedua tangan anak kita akan sangat aktif, selain berusaha meraih sesuatu, ia akan berusaha menggenggam apapun yang diterimanya, ia akan mahir meremas makanan atau bahan lunak yang anda tempatkan ke dalam genggamannya.

Pada usia ini, selain karena ia sudah dapat duduk dengan baik anda bisa mengajarkan mereka untuk mulai menikmati makanannya sendiri. Caranya anda bisa membeli sepaket kursi dan meja khusus yang dapat digunakan oleh bayi untuk makan. Setelah duduk di kursi tersebut, letakkan mangkok makanan bayi anda dan biarkan ia menikmati makanannya dan jangan lupa untuk tetap memperagakan cara mengkonsumsi makanan dengan benar.

  • Pengucapan yang belum jelas

Anda pasti sering mengganggu bayi berusia kurang lebih 8 bulan dengan menyebutkan bahasa-bahasa aneh seperti “nananana atau papapapa” dan sebagainya. Selain karena mereka akan mengikuti anda, pada usia seperti ini seorang bayi biasanya akan mengeluarkan kata-kata yang berulang-ulang tanpa arti bermakna.

  • Belajar duduk, merangkak dan berdiri

Biasanya pada usia 6 bulan seorang bayi sudah mampu duduk sendiri dan hal ini akan makin baik ketika sang anak menginjak usia 8 bulan. Bayi berusia 8 bulan biasanya sudah mampu duduk tanpa harus berpegangan lagi pada kita maupun benda di sekitar. Bahkan pada usia 8 bulan ini, seorang bayi akan mulai belajar merangkak jika anda meninggalkannya duduk di lantai ataupun kasur. Selain berjalan dengan merangkak, perkembangan bayi 8 bulan yang juga patut dinilai adalah keinginan untuk belajar berdiri.

Hal ini dapat dilakukannya sendiri loh! Coba anda perhatikan, pada usia 8-9 bulan, seorang anak akan berusaha memegang benda disekitarnya dan berusaha untuk berdiri sendiri. Selain itu, anda juga bisa melakukan rangsangan dengan cara memposisikan sang anak di tepi sofa atau kursi, maka ia akan berusaha menahan berat tubuhnya ke sofa untuk tetap berdiri. Hal ini penting untuk anda perhatikan, terutama untuk hal keselamatan sang bayi. Pada usia ini, perlu menghindarkan mereka dari barang pecah belah dan meninggalkan mereka sendiri tanpa pengawasan.

  • Penglihatan yang baik

Anda tentu mengetahui bahwa penglihatan seorang anak sejak lahir belumlah sempurna 100%, mereka perlu waktu untuk proses pertumbuhan juga perkembangan bola mata untuk melihat dengan baik. Pada usia 8 bulan ini, seorang anak sudah memiliki penglihatan sebaik orang dewasa normal dalam hal kejelasan dan persepsi ruangan. Walaupun penglihatan jarak jauhnya masih lebih sempurna namun penglihatannya mereka sudah cukup baik untuk mengenali orang dan melakukan oreientasi ruangan yang sering ia lihat.

  • Eksplorasi objek

Perkembangan bayi 8 bulan berikutnya yang akan kita bahas adalah kemampuan eksplorasi objek berupa benda-benda disekelilingnya. Seorang bayi pada usia ini akan sangat mudah menggoncang, menghempas dan menjatuhkan objek tertentu terutama benda-benda yang menarik perhatiannya. Benda-benda tersebut akan diraihnya dengan kedua tangan, dibuang atau dihempaskan ke lantai dan akan diambilnya kembali.

Untuk itulah seorang bayi usia 8 bulan tidak boleh ditinggalkan tanpa pengawasan di tempat yang tidak aman, hal ini bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diharapkan. Selain dengan memberikan pengawasan pada sang buah hati, kita bisa menyiasati perkembangan bayi usia 8 bulan ini dengan menyiapkan ruang bermain khusus yang aman bagi sang buah hati untuk mengeksplor objek maupun benda-benda tertentu.

Seperti sudah disebutkan di atas, proses tumbuh-kembang seorang anak sangat bergantung terhadap asupan nutrisi yang ia dapatkan setiap harinya. Selain proses tumbuh-kembang yang terjadi bertahap, makanan yang bisa dikonsumsi oleh seorang bayi juga bertahap, baik dalam jumlah maupun konsistensinya. Selain ASI, menumakanan bayi 8 bulan yang dapat dikonsumsi pada usia ini adalah bubur susu, pisang lumat halus, pepaya lumat halus, air tomat saring dan secara bertahap dapat anda berikan bibir tim lunak yang ditambahkan dengan kuning telur, ayam, ikan dan sumber protein lain sebanyak 3 kali sendok makan setiap kali makan.

  • Ikatan emosi

Selain pertumbuhan dan perkembangan fisik seperti yang sudah dijelaskan di atas, seorang anak juga mengalami perkembangan secara psikis atau mental. Perkembangan bayi 8 bulan yang dapat anda lihat secara mental adalah rasa empati terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini ditunjukkan ketika ia melihat seseorang menangis, maka mereka juga akan ikut menangis.

Ikatan emosional ini juga berlaku pada anda sebagai orang tua terutama seorang ibu khususnya saat anda akan berpisah dan harus meninggalkannya untuk sementara waktu. Pada usia 8 bulan ini, seorang anak mulai susah ditinggalkan sendiri oleh orang tuanya terutama jika ditinggalkan bersama orang lain yang baru dikenal. Jika terjadi kondisi seperti ini, maka sebagai orang tua anda perlu memberi pemahaman guna menenangkan mereka.

Tentu saja anda tidak akan menjelaskan dengan mengucapakan kata-kata yang tentu belum mereka mengerti sepenuhnya. Saat sang buah hati mulai merengek dan tidak ingin berpisah, sediakanlah waktu khusus untuk menemaninya, memeluk, membacakan buku cerita dan menidurkan mereka. Anda tetap perlu membangun rasa aman dalam diri sang anak, dengan cara tetap mengucapkan kata-kata bahwa anda akan segera kembali.

Konsultasikan ke Dokter

Jika bayi Anda terlahir prematur, Anda perlu mengingat bahwa perkembangannya bisa jadi lebih lambat dari bayi sebayanya. Mungkin pada usia 8 bulan ini ia belum dapat merangkak, apalagi berjalan. Namun jika pada usia setahun dia belum juga dapat merangkak dan belajar berdiri, maka Anda perlu periksakan ke dokter. Anda dapat merangsang perkembangannya dengan menggerakkan kedua tangan dan kakinya bersamaan dalam rangkaian gerakan yang terkoordinasi.

Jika belum dapat merangkak, barangkali dia memulainya dengan merayap. Pergerakan ini melatih koordinasi dan kekuatan otot tangan dan kakinya sebagai persiapan ke tahap perkembangan selanjutnya.

Perkembangan bayi berbeda satu sama lain. Namun jika dirasa mengkhawatirkan, Anda dapat memeriksakan si kecil ke dokter kalau ia:

  • Tidak menunjukkan tanda-tanda akan merangkak.
  • Tidak mencoba mencari-cari benda yang Anda sembunyikan di hadapannya.
  • Tidak mengucapkan kata apa pun.
  • Tidak menggunakan bahasa tubuh, seperti menggeleng untuk menyatakan ‘tidak’.
  • Saat merangkak, salah satu bagian tubuhnya tampak diseret atau tidak seimbang.

Untuk terus menstimulasi perkembangannya, bebaskan dia untuk mencoba berbagai sarana untuk berkreasi, seperti bermain lego, alat warna, balok susun, atau berbagai permainan edukatif lainnya.