asi-ekslusif

ASI merupakan sumber nutrisi yang paling penting pada bayi karena ASI memiliki komposisi yang baik seperti kandungan antibody alami yang dapat membantu dalam mencegah infeksi dan gangguan kesehatan pada bayi sehingga dapat menunjang tumbuh kembang bayi. Pemberian ASI pada bayi minimal diberikan secara eksklusif yang artinya tidak memberikan makanan lain selain ASI selama 6 bulan pertama. Setelah 6 bulan pertama, si kecil dapat diberikan makanan pendamping lainnya.

Bunda tak perlu khawatir ASI eksklusif tidak membuat si kecil kenyang, karena ASI memiliki jenis dan manfaat yang berbeda beda, berikut ini adalah jenis ASI beserta manfaatnya :

  1. Kolostrum

ASI ini diberikan pada hari ke 1 – 3 setelah kelahiran bayi. Jenis Asi ini mengandung protein yang dapat berfungsi sebagai antibody dalam membunuh kuman

  1. Susu Transisi

ASI ini diberikan pada hari ke 4 – 10 kelahiran bayi. Pada jenis susu ini terdapat immunoglobin protein dan juga laktosa dengan konsentrasi lebih rendah daripada kolostrum akan tetapi memiliki kandungan lemak dan jumlah kalori yang tinggi.

  1. Susu Matur

ASI ini diberikan pada hari ke 10 dan seterusnya setelah hari kelahiran bayi. Di dalam susu matur mengandung lemak dan juga karbohidrat yang lebih banyak dari sebelumnya.

Dari kandungan kandungan yang disebutkan diatas, dapat kita simpulkan bahwa ASI eksklusif sangat penting bagi si kecil, dan tidak perlu menambah makanan lainnya karena si kecil dipastikan akan kenyang. Bunda juga harus mengetahui masih banyak lagi manfaat pemberian ASI Eksklusif pada bayi, pada sebuah penelitian ditemukan bahwa anak yang disusui dengan ASI Eksklusif maka akan mengurangi berbagai jenis penyakit dan dapat membuat si kecil menjadi cerdas dan pintar pada usia dewasa. Sekian manfaat ASI Eksklusif yang dapat bermanfaat untuk si kecil, dapatkan juga tips tips lainnya untuk tumbuh kembang si kecil di Asshidiqaqiqah.com sebuah layanan jasa aqiqah yang sangat mengedapankan kesehatan hewan qurban dan kebersihan masakannya.