(18/10/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Ayah-Bunda sahabat As Shidiq Aqiqah.

Ustadz Abdul Somad dalam sebuah ceramahnya menjelaskan mengenai pengalaman beliau yang pernah sakit asam lambung. Dalam ceramahnya tersebut beliau menyatakan memiliki resep untuk mengatasinya tersebut yaitu dengan kunyit dan madu!

“Memarut induk kunyit lalu diparut kemudian dimasukkan kain yang tipis diperas.. tak boleh campur air. Diperas sampai setengah gelas lalu dituang madu sampai setengah gelas. Kemudian, dicampur dan diminum” Jelas beliau.

“Rupanya tangan kita kalau luka dibalutkan kunyit esok kering. Begitu juga usus yang luka itu, kena air kunyit kering. Tambah dengan shalawat. Diminum pagi sekali dan menjelang tidur sekali.” Tambah beliau.

Selain itu, beliau juga mengungkapkan pengalamannya dalam mengobati asam lambungnya tersebut dengan kunyit + madu tersebut.

“Meminum saripati kunyit setengah gelas itu… susah diungkapkan dengan kata-kata. Alhamdulillah 7 hari sembuh” Ujar Ustadz Abdul Somad yang disambut gemuruh tawa jamaahnya.

Tinjauan Medis

Dikutip dalam alodokter, Dr Luh Putu Previyanti menuturkan,”Kunyit memilik beberapa manfaat kunyit antara lain :

  • Mengurangi nyeri pada penderita Osteoathritis atau nyeri sendi
  • mengatasi kulit gatal dan ruam kulit
  • Mengurangi nyeri menstruasi
  • Mengatasi nyeri akibat tukak lambung
  • Merangsang kantong empedu untuk menghasilkan empedu sehingga pencernaan lebih lancar
  • Mengurangi gejala perut kembung

beberapa manfaat kunyit tsb memang telah terbukti secara medis, namun dalam penerapannya diperlukan penelitian lebih lanjut. Penggunaan kunyit untuk penyakit asam lambung tidak dilarang, namun ada baiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter mengenai cara mengkonsumsi yang benar. ”

Dalam alodokter, Dr Delvira Parinding mengatakan, ” …Dari hasil penelitian, beberapa bahan alami seperti kunyit dikenal memiliki khasiat untuk menurunkan produksi asam lambung pada kondisi tukak lambung, sehingga dapat mengurangi gejala seperti mual, nyeri ulu hati, begah/rasa cepat kenyang, dsb. Sedangkan madu belum diketahui adanya efek yang membantu pencegahan atau penyembuhan gejala maag/kenaikan asam lambung, namun tetap aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung dan selain itu memiliki manfaat baik bagi tubuh seperti membantu mengurangi gejala batuk, penyembuhan luka di kulit dan sariawan, serta melancarkan pencernaan.”

Nah jadi begitu Ayah-bunda pengalaman Ustadz Abdul Somad dalam mengobati sakit asam lambungnya. Kalau ayah-bunda yang memiliki penyakit serupa bisa dicoba. Kalau dari pengalaman, kawan dari penulis pernah ada yang mencoba dan Alhamdulillah sembuh. Demikian artikel kami pada hari ini. Semoga bermanfaat ya Ayah-Bunda. Aamiin…