Jika para orang tua merasa sang buah hati agak lambat untuk bisa berjalan, sebaiknya para orang tua tidak perlu kawatir selama tidak nampak kelainan pada fisik sang buah hati, terutama bagian kaki. Terkadang beberapa anak perlu motivasi dan distimulasi untuk berani berjalan. Berikut ini beberpa tips yang bisa dilakukan agar si kecil segera bisa berjalan..

  1. Latih sang buah hati untuk dapat berdiri tegak

Saat usia anak menginjak 9 – 10 bulan, disarankan untuk sering melatih anak anda untuk belajar berdiri tegak tanpa berpegangan selama 30 detik. Jika anak anda terjatuh, berilah motivasi kepada anak anda agar dapat kembali bangkit berdiri.

  1. Pegang tangannya

Latih anak anda untuk melangkahkaan kakinya sambil tangan nya yang berpegangan dengan ayah atau ibunya. Jika sudah mulai terbiasa, cobalah memegang tangan anak anda dengan menggunakan satu tangan.

  1. Berdiri dalam tempat tidurnya

Tempatkan sang anak dalam tempat tidurnya, pancing agar anak berlatih berdiri sendiri dengan cara berpegangan pada dinding tempat tidurnya dan perlahan pandulah anak anda agar dapat menyusuri tempat tidurnya. Selalu temani dan mengawasi anak anda pada saat berlatih di tempat tidurnya, agar memastikan keamanan nya.

  1. Stimulasi dengan mainan

Letakan mainan favoritnya di posisi tertentu dan bantu memotivasi agar mereka mengambil mainan nya dengan cara berjalan.

  1. Mendorong

Saat anak sedang belajar berjalan, biasanya suka sekali dengan aktifitas mendorong, maka berikanlah mainan bayi yang bisa di dorong sehingga memicu agar si anak cepat bisa berjalan dengan baik.

Berada pada posisi beralan dapat melatih otot kaki dan otot motoriknya yang baik untuk tumbuh kembang si kecil, Anda perlu untuk membantunya agar ia terbiasa dengan posisi berjalannya. Namun jangan paksakan bayi untuk berjalan jika bayi masih tidak menyukainya karena akan membuat moodnya tidak nyaman. Dan jangan lupa untuk mengaqiqah bayi Anda dengan jasa aqiqah yang mengedepankan kebersihan hewannya dan kehalalan masakannya seperti Asshidiq Aqiqah yang sudah teruji kualitasnya dan telah mendapatkan sertifikasi halal.