Apakah yang  dimaksut dengan Orang tua pemadam kebakaran ,Orang tua pemadam kebakaran adalah orang tua yang ketika anaknya melakukan kesalahan, maka dia akan marah, menasehati anaknya terus menerus. Akan tetapi ketika anaknya melakukan kebaikan, orang tua tersebut diam-diam saja dan santai.

Anak-anak sedang berkelahi, lalu orang tua memarahi, memukul, kadang kalo anak sedang akur, maka orang tua diam saja. Orang tua yang memiliki sifat pemadam kebakaran adalah orang tua yang tidak menyelesaikan masalah, justru orang tua tersebutakan mengakibatkan anak-anak menjadi aneh-aneh tingkahnya, kenapa bisa begitu? Anak merasa mendapatkan perhatian ketika berulah, sedangkan apabila
tidak berubah maka orang tua tidak akan peduli dan mendiamkannya tanpa mengapresiasi kebaikan anaknya. Selain itu orang tua yang memiliki sifat pemadam kebakaran, akan menjadikan anaknya tidak paham mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Sebenarnya sumber permasalahn ada di dalam anggapan bahwa ketika anak melakukan sesuatu hal yang tidak baik, maka hal itu dianggap wajar dan tidak perlu diapresiasi. Padahal sebaliknya, ketika anak melakukan sesuatu hal yang baik maka harus diapresiasi. Hal ini juga sama dengan sikap manusia yang akan mendekat kepada Allah ketika susah saja, ketika kita mendapatkan kenikmatan maka kita lupa sama Allah.

Rasulullah SAW bersabda ” ingatlah Allah, kenalilah Allah ketika kalian sedang dalam keadaan lapang, ketika kita mendapatkan nikmat Allah berupa kesehatan, kesenangan, nikmat kekayaan, nikmat kebahagiaan, niscaya Allah akan mengingat kalian ketika kalian sedang dalam keadaan sakit, karena musibah (HR. Imam Al-Hakim)

Semoga Bermanfaat !!!