Sumber Gambar : Google.com

 

07/05/2018 (Muhammad Tri Ardiyanto)

Assalammualaikum, Ayah dan Bunda sahabat As Shidiq Aqiqah. Mohammad Salah.. hmm siapa yang tak kenal pesepakbola muslim yang satu ini?  Prestasi gemilang yang ditorehkan pesepakbola asal Mesir di musim ini, membuatnya dipuja jutaan fans. Pemain asal mesir ini tak hanya panen kekaguman, Salah juga dianggap ibarat dai sejuta umat yang tak hanya memenangkan hati banyak penggemar, bahkan membuat mereka siap menjadi mualaf seiring gol-gol yang dilesakkan Salah ke gawang lawan.

Sejumlah fans Liverpool pun menyanyikan chant bahwa mereka siap mengikuti agama Mohamed Salah bila sang idola terus mencetak gol. Bahkan, Saat ini fans Liverpool mempunyai beberapa nyanyian untuk Salah. Yang menarik, salah satunya adalah apresiasi fans dengan prinsip hidup dan keyakinan Salah. Bahkan jika Salah terus mencetak gol lagi mereka akan menjadi muslim. Berikut nyanyian fans yang memiliki anthem You’ll Never Walk Alone (YNWA),

Mo Sa-lah lah lah lah lah

Mo Sa-lah lah lah lah lah

If he’s good enough for you

he’s good enough for me

If he scores another few

then I’ll be Muslim too

If he’s good enough for you

he’s good enough for me

Sitting in a mosque

That’s where I wanna be

Mo Sa-lah lah lah lah lah

 

Akibat prestasinya tersebut, Mohammad Salah telah menjelma menjadi Duta Timur Tengah, Bahkan juga duta  Islam di Barat. Ditengah kuatnya kebencian terhadap Timur Tengah dan islam yang menguat (Islamophobia), Salah mampu memperbaiki citra islam yang selama ini selalu diidentikkan dengan terorisme. Apalagi liverpuldian (Fans Fanatik Liverpool) sangat menikmati permainan menakjubkan Salah di Lapangan dan mereka juga menerima Salah yang berlatar belakang muslim.

Keterangan Gambar : M. Salah Sedang Membaca Al Quran

 

 

Keterangan Gambar : Fans Liverpool Yang Menyatakan Masuk Islam

 

Ada kebiasaan mantan pemain Bintang As Roma ini yang tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang adalah selalu menghatamkan Al Qur’an. Sebelum pertandingan ia selalu kedapatan membaca Al Qur’an. Salah Juga selalu datang ke masjid untuk mendirikan salat. Karenanya, Para fans yang ingin berjumpa dengan Salah dan ingin berfoto dengannya cukup dengan datang ke masjid. Jika pulang, Salah tidak pernah absen mendirikan salat. Mohamad Salah pun tidak lupa dengan tanah kelahirannya sehingga ia dikenal aktif dalam membantu orang-orang miskin, membangun rumah sakit, sekolah , dan teman-temannya di masa kecil.

Belajar Dari M. Salah Dalam Berdakwah

Secara sederhana, fenomena ini terjadi, karena perjuangan keras Mohamad Salah yang membuat hati para fansnya bergembira dan bisa merebut hati mereka, bahkan sampai membuat chant tentang kepercayaan.

Ini merupakan sebuah fenomena yang unik ketika sepakbola mampu merubah kepercayaan seseorang. Darisini  kita bisa mengambil nilai positif bahwa metode dakwah tidak hanya melulu melewati jalan gaya diatas mimbar, pembicaraan, teks, mengenai Tuhan, pahala, dosa, dan lain sebagainya.  Bahkan bisa jadi metode dakwah yang bisa terlaksana dengan gaya yang lebih kreatif. Yaitu melalu pendekatan yang lebih efektif dengan cinta, dengan pendekatan secara hati, dengan metode-metode yang mengena ke jiwa dan perasaan mereka.

Jika ingin berdakwah tirulah Mohammad Salah.. Sentuhlah tepat dihatinya kau kan jadi miliknya selamanya…..

Penulis pun juga berkeyakinan bahwa yang dilakukan Nabi kita, Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam pun tidak serta merta datang dan berceramah tentang isi Al-Qur’an, tetapi beliau pasti melakukan pendekatan-pendekatan personal, pendekatan ilmiah, pendekatan ilmu, barulah jika hati seseorang sudah terbuka, maka disinergikan dengan ayat Al-Qur’an. Inilah gaya pendekatan yang yang dilakukan oleh Mohamad Salah dalam berdakwah.

Dari sini pun kita dapat belajar bahwa untuk berdakwah tidak selalu harus menjadi seorang Dai. Kita juga dapat berdakwah minimal dengan menyebarkan rasa cinta, keamanan, ketentraman, keselamatan, dan prestasi. Dengan begitu kita bisa membuka hati mereka, merebut hati mereka, dan dengan mudah ilmu tentang islam yang Rahmatan Lil Alamiin masuk ke hati mereka, dan mereka berkesimpulan bahwa Islam itu damai, dan sedikit-demi-sedikit mengikis tentang islamphobia.

Menjadi Dikenal Bukan Untuk Terkenal, Tetapi Mengenalkan Mereka Yang Belum Mengenal Allah

Yuk kita contoh Mohammad Salah dalam berdakwah! Islam itu agama yang asik , tidak kaku. Terus bekerja dan berkarya dengan kreatif sebaik-baiknya, tebarkan kedamaian seluas-luasnya. Selebihnya biar Allah yang bekerja.