(17/9/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh , sahabat as shidiq aqiqah.

Seperti yang kita ketahui bahwa emas adalah salah satu barang tambang yang memiliki nilai harga dan keindahan yang tinggi. Selain itu, emas juga digandrungi oleh banyak kaum hawa dari kalung, gelang, anting, dan cincin karena dapat menjadi pendongrak kepercayaan diri mereka.

Namun, seiring berjalannya waktu dan kemajuan dunia fashion, selain digandrungi oleh kaum hawa, emas juga digandrungi sebagian kaum adam. Padahal, patut diketahui bahwa ada larangan dan hukuman yang tegas dalam islam bagi kaum adam yang menggunakan emas.  Lalu,  Apa saja yang menjadi dalil dilarangnya memakai emas bagi kaum adam serta ancamannya? berikut penjelasannya :

Dari Abu Musa, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria.” (HR. An Nasai no. 5148 dan Ahmad 4/392. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat cincin emas pada seorang pria. Kemudian beliau melepaskannya lalu melemparkannya dan bersabda, “Kenapa seseorang dari kalian sengaja mengambil bara api dari neraka dan meletakkannya di tangannya?” Kemudian setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pergi, lalu ada orang yang berkata kepada orang yang memiliki cincin tersebut, “Ambillah cincinmu. Manfaatkanlah cincin tersebut.” Orang itu menjawab, “Tidak, demi Allah saya tidak akan mengambil cincin ini selamanya, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah membuangnya.” (HR. Muslim no. 2090).

 

Berdasarkan pada uraian diatas, Jelas bahwa emas adalah hal yang haram digunakan bagi kaum adam. Dan bagi yang tetap bersikukuh  untuk menggunakannya maka tak ayalnya ia seperti seseorang yang telah mempersiapkan dirinya untuk mengambil bara api dari neraka.

Hikmah Larangan Emas Bagi Kaum Adam

Menurut penelitian yang dilakukam oleh tim peneliti dari University of MichiganPara peneliti menemukan bahwa emas mengandung unsur atom yang bisa menembus kulit dan masuk ke dalam pembuluh darah. Jika persentase atom tersebut melebihi batas normal, maka bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti pusing, mual, hingga risiko terkena penyakit Alzheimer (Penyakit Pikun Cepat Lupa).

Selain itu Ustadz Abdul Somad dalam sebuah ceramahnya menjelaskan, “Rupanya emas ada butiran- butiran halus macam debu, masuk ke pori-pori, masuk ke dalam aliran darah, masuk ke jantung. Dan orang yang suka memakai emas bisa kena penyakit Alzheimer. Kenapa perempuan boleh pakai emas? perempuan masuk dia ke dalam nanti keluar lagi melalui menstruasi. Makanya kalau ada bapak-bapak  yang haid pakailah itu emas”

Demikianlah hikmah dilarangnya pria menggunakan emas , semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya sahabat. Insya Allah.. Aamiin..