Batuk pada bayi  jangan anggap sebagai sakit yang baisa-biasa saja bisa jadi batuk tersebut pertanda atau adanya gejala penyakit lain di dalam tubuh hal ini karena tubuh termasuk penyakit berat , bayi masih lemah yang menyebabkannya bisa dengan mudah terserang penyakit  ,Oleh karena itu kesehatanya harus benar benar di jaga dan di perhatikan . Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Anda sebagai orang tua harus selalu waspada terhadap penyakit yang menyerang bayi anda termasuk batuk.

Bagaimana cara mengatasi batuk pada bayi

Ada banyak cara untuk mengatasi batuk pada bayi . Mulai dari Obat obatan dokter, obat herbal maupun yang tradisional .Orang  Dulu sering menggunakan obat trdisional untuk mengatasi batuk pada orang tau dewasa maupun balita  karena obat tradisional di percaya  memiliki resiko yang  rendah dari pada obat obatan yang terbuat dari bahan kimia . Berikut ini adalah beberapa tips  dan obat tradisional untuk mengatasi batuk pada bayi.

1.Ramuan dari bahan kunyit

Selain bisa di gunakan oleh orang dewasa, kunyit bisa juga mengatasi batuk pada bayi maupun balita , Caranya tidak begitu rumit, Bagi anda yang masih mempunyai bayi atau balta yang masih menyusui , oleskan buuk kunyit ke payudara si ibu sebelum bayi menyusui. Selain itu ada juga cara lain yaitu denga cara mencapurkan bubuk kunyit kedalam susu . Berikan ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari. Dan juga kunyit mampu mengurangi inflamasi serta memperkuat daya tahan bayi.

2..Jeruk Nipis + madu

Bayi yang berusia diatas 1 tahun anda dapat mengobati nya dengan air minum handgat campuran jeruk nipis dan madu. Campuran jeruk nipis dan madu  ini dapat meredakan gatal pada tenggorokan serta mampu meransang keluarnay air liur guna meradakan batuk pada bayi.Untuk bayi usia 1 hingga 5 tahun  resepnya dalah setengah sdt madu dengan sedikit jeruk nipis campurkan  pada air hangat. Usahakan untuk meminumkan ini pada bay saat belum tidur. Dapat di minum beberapakali sehari esuai kebutuhan

3.Minyak Tradisional

Ramuan tradisional lainnya yang bisa mengatasi batuk pada bayi adalah minyak tradisional. Minyak yang banyak variannya di Indonesia seperti minyak kayu putih, minyak peppermint, ataupun minyak rosemary, dinilai bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sakit batuk pada bayi dan juga balita. Meskipun tidak dengan cara dikonsumsi seperti dua ramuan sebelumnya, namun cara ini juga dinilai cukup efektif membantu mengatasi batuk pada bayi 5 bulan, 1 tahun ataupun pada balita (tidak ada batasan umur). Jangan oleskan minyak tradisional ini dekat wajah bayi Anda, cukup di bagian dada, terlebih dahulu oleskan dalam jumlah sedikit.

  1. Bawang Putih

Berikutnya Anda dapat mencoba dengan bawang putih. Caranya adalah dengan mengeringkan bawang putih, bisa dengan dipanggang. Setelah kering dan dingin, masukkan ke kantong kain dan kemudian taruh di tempat tidur bayi Anda, tapi jangan terlalu dekat atau berada dalam jangkauan si bayi. Untuk bayi berusia diatas 6 bulan, dapat juga dilakukan dengan mengusapkan kantong kain pada dada, tapi jangan dilakukan secara langsung, cek dulu temperaturnya dan pegang dengan tangan.

Selain yang telah disebutkan di halaman sebelumnya, ada lagi beberapa lagi tips untuk meredakan batuk pada bayi. Berikan minum bayi dengan air hangat secara teratur supaya tetap terhidrasi. Kemudian juga berikan bubur sayuran, juga bubur ayam, keduanya dapat membantu mengembalikan imunitas bayi.

Meskipun ramuan tradisional ini efeknya memang relatif lebih lama dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan kimia atau obat dari dokter, namun risiko atau efek sampingnya lebih kecil dan relatif lebih aman untuk bayi dan balita. Selain bahannya yang alami, daya tahan tubuh bayi juga masih belum terlalu kuat untuk banyak mengonsumsi obat-obatan kimia.