alasan-wanita-mengidam-saat-hamil

Banyak orang yang mengatakan bahwa ‘mengidam’ adalah ciri-ciri orang hamil, dan memang hampir semua wanita yang hamil akan melalui fase mengidam tersebut. Namun, apakah sebenarnya ngidam yang dimaksud tersebut?

Banyak ilmuwan yang berusaha mencari tahu  apa sebenarnya fungsi dari mengidam tersebut pada kehamilan. Walaupun belum ada sebuah jawaban pasti secara ilmiah, namun ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya keinginan akan sesuatu atau ngidam saat masa kehamilan tersebut, antara lain sebagai berikut:

1.Faktor Hormonal

Kebanyakan wanita yang hamil kerap meminta beberapa hal, khususnya makanan yang bahkan sebelumnya mereka sama sekali tidak menyukainya. Biasanya hal ini sangat erat kaitannya dengan perubahan hormonal dan rangsangan terhadap rasa dan bau pada makanan. Dalam beberapa kasus, beberapa wanita bahkan mengatakan bahwa mereka mengeluh karena pada saat hamil mereka seperti merasakan rasa logam di dalam mulutnya. Tapi tak perlu khawatir, karena seusai kehamilan perubahan hormonal ini akan kembali seperti semula.

  1. Untuk mendapatkan asupan gizi

Wanita yang sedang hamil tentunya diharusnya untuk mendapatkan gizi yang lebih banyak, baik bagi dirinya sendiri ataupun bagi bayi yang ada di dalam kandungannya tersebut. Ini juga yang bisa menjadi dasar dari terjadinya fenomena mengidam tersebut. Maka, untuk pemenuhan gizi tersebut banyak wanita hamil yang kerap meminta dan mengidam berbagai makanan yang tidak biasa.

  1. Untuk dijadikan sebagai penenang

Banyak wanita yang sedang dalam masa kehamilan kerap merasakan stres. Maka pada saat itulah mereka akan mengidam untuk menghilangkan stres tersebut dan akan mencari beberapa makanan yang tidak biasa atau bahkan makanan tertentu yang akan mempengaruhi mood ibu hamil tersebut.

  1. Pengaruh terhadap kesehatan

Di awal kehamilan, banyak wanita hamil yang akan jauh lebih peka terhadap bau ataupun rasa di sekitarnya. Ini juga berhubungan dengan kesehatan mereka di mana hormon dan berbagai indera perasa mereka meningkat.

Itulah tadi 4 alasan yang mempengaruhi wanita hamil untuk mengidam. Jangan lupa juga untuk melaksanakan Aqiqah pada anak nantinya bersama Asshidiq Aqiqah Jakarta, satu satunya jasa Aqiqah professional dan modern yang memudahkan keluarga untuk melaksanakan Aqiqah sesuai syariat Islam.