Menjadi seorang tua bukanlah hal yang mudah , Kekeliruan orang tua dalam menerapkan pola asuh kepada anak sehingga akhirnya pola tersebut  telah tertanam di dalam benaknya. Maka sangat di khawatirkan dampaknya membentuk  kepribadian  yang  tidak baik pada anak di masa dini dan di masa dia dewasa nanti , Oleh karena itu , Sangat pening  bagi orang tua  untuk  mempelajari prinsip prinsip dasar ilmu  parenting agar  bisa mencetak  karakter anak yang positif.

Umumnya sebuah karakter ini terbentuk karena  buah dari pemahaman  yang ia  dapatkan  dari 3 hubungan yang pasti di alami ole manusia , Hubungan ini lah yang di sebut hubungan yang di sebut  dengan triangle relationship. Yakni Hubungan dengan diri sendiri, lingkungan serta hubungan manusia kepada Tuhan- NYA, Yang di mana setiap  hubugngan ini akan memberikan pemahaman  danpemaknaan yang pada akhirnya akan menjadi sebuah keyakinan pada diri anak . Dengan cara memahami hubungan ini lah yang akan menentukan cara mereka  dalam memperlakukan duniannya yang mana akan berlaku pola pemahaman positif akan berimbas  pada perlakuan positif dan pemahaman negative akan berlaku perlakuan negative. Untuk itu, kita simak beberapa  hal penting dalam menumbuhkan karakter dalam diri anak sejak mereka beruisa dini:

1.Berikan pendidikan agama

Hal ini merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk krakter anak , Dalam hal ini menerapkan dan membangun karakter dalam diri anak terlebih dahulu  mereka perlu mengenali  Tuhan mereka, Dengan begini hidup seorang anak  akan memiliki tujuan  dan meyakini bahwa apa yang mereka  lakukan semat mata  bukan  untuk diri mereka sendiri namun juga untuk Tuhan mereka

Selain itu, tunjukan pada mereka bagaimana beribadah kepada Tuhannya dan bagaimana caranya mengucap syukur. Untuk hal ini, anda bisa memberikan buku, gambar dan cerita-cerita yang bisa menginspirasi mereka yang tentunya berkaitan dengan keagamaan. Atau juga anda bisa mulai memberikan pendidikan keagamaan sejak mereka usia dini dengan mengenalkan mereka pendidikan agama.

  1. Bangun pemahaman positif dalam diri anak sejak mereka masih beruisia dini.

Dengan menumbuhkan pemahaman positif pada  diri anak  salah satu nya denga memberikan    kepercayaan pada diri anak untuk mengambil sebuah keputusan bagi dirinya sendiri.  Bantu nak untuk mengarahkan  potensi diri nya sendiri. Dengan begitu anak dapat dengan mudah mengeksplorasi apa yang mereka miliki.

Dengan memberikan anak-anak kesempatan untuk mengembangkan dan memutuskan sendiri apa yang mereka inginkan, hal ini akan membuat anak merasa diberikan ruang untuk menjadi diri mereka sendiri.

3.Ingatlah anak anak adalah peniru yang baik

Apa yang mereka lihat itulah yang mereka tiru, tidak heran jika predikat anak adalah peniru yang baik amat melekat pada diri mereka. Untuk itu, sebagai orangtua perlu sekali kita memberikan contoh dan menjadi teladan yang baik. Tidak bijak rasanya jika harapan kita terhadap anak-anak tidak selaras dengan tingkah laku dan sifat kita sebagai orangtua.

Ketika anda menginginkan anak-anak memiliki karakter yang baik dan positif dalam dirinya, maka penting sekali mengawalinya dari dalam diri kita. Berikan contoh yang baik dalam segala hal, dengan begini anda akan membuat anak-anak tidak memiliki alasan lain untuk menolak dan meyangkal nasihat yang anda berikan pada mereka.

4.Ajarkan Anak Bersosialisasi dengan Lingkungannya

Jika ruang lingkup kehidupan sosial anak hanya terbatas sekitar rumah dan keluarganya saja, hal ini tentu akan memuat anak tidak dapat mengenal dan merasakan kehidupan bermasyarakat. Hanya saja, pilihan terhadap lingkungan akan dapat menentukan pembentukan karakter anak. Untuk itulah, sebagai orangtua kita dituntut untuk bisa lebih pintar dalam hal mendidik dan membesarkan mereka. Waktu yang lebih banyak dihabiskan dalam kehidupan anak-anak umumnya lebih cenderung dihabiskan dilingkungan dan keluarganya.

Untuk itu, menjadi pembimbing yang baik dengan memberikan pengarahan pada anak tentang hal apa yang boleh mereka lakukan dan tidak boleh mereka lakukan adalah pelajaran penting yang harus mereka dapatkan dari anda para orangtuanya. Dengan begini anak-anak akan memiliki batasan dalam berperilaku dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

Menumbuhkan dan membangun karakter positif pada diri anak-anak adalah hal penting untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang lebih berkualitas dan lebih cemerlang sebab pendidikan akademis saja tidak cukup membuat mereka menjadi benih unggulan.