img-article-find-the-best-baby-bath-tub

Memandikan bayi adalah kegiatan yang penting di lakukan oleh orang tua Selain ditujukan untuk membersihkan badan bayi, memandikan bayi perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak melukai bayi mengingingat kondisi bayi yang sangat lemah. Selain itu, memandikan bayi merupakan bagian penting dari merawatan bayi.

Memandikan bayi, terutama yang baru lahir, dapat menjadi kegiatan yang mendebarkan bagi orang tua baru. Penting untuk mempersiapkan diri dan mengetahui cara memandikan bayi agar Anda dan bayi tetap nyaman selama prosesnya.

Jika Anda hendak memandikan bayi, hindari memandikan bayi setelah dia menyusu atau makan. Lebih baik menunggu beberapa saat hingga perutnya menyesuaikan asupan yang baru saja masuk. Panduan tahapan cara memandikan bayi di bawah ini diharapkan dapat membantu Anda.

  1. Siapkan semua keperluan mandi bayi

2 .Jangan lupa periksa suhu air sebelum anda memandikan si buah hati kedalam air mandi nya. Cara yang paling gampang untuk mengecek suhu air yang pas adalah dengan mencelupkan siku anda ke air. Apabila air tidak terlalu terasa panas  atau terlalu dinggin maka air sudah aman untuk bayi anda.  Memakai air yang hangat sangat penting saat memandikan bayi agar dapat memberikan rasa nyamn dan juga menjaga suhu air kurang lebih bisa sama dengan suhu tubuh si bayi. Sehinga si bayi tidak merasa kedinginan . Suhu yang ideal adalah antara 36 – 37 celcius.

  1. jangan mengunakan air dingin kenapa begitu karena itu akan membuat kulitnya menjadi kering ,suhu air yang dingin tidak baik untuk kesehatan si bayi
  2. perhatikan untuk busa jangan terlalu berlebihan harus dibatasi ,Karena memandikan bayi denagn busa yangmengandung detergent tidak bagus untuk kulit bayi yang mash sensitif makajangan pernah memandiakan bayi yang mengandung detergent yang terlalu banyak yang baik dalah sabun yang mangandung vitamin E.
  3. Sabun yang mengandung anti septik atau anti bakteri tidak di anjurkan untuk mengunakannya karena itu bersifat iritant yang tentunya kurang baik untuk kulit bayi yangmaih berkembang.
  4. Buka baju bayi denggan prlahan dan hati hati, selimuti lah denagn handuk di paagkuan anda setelah itu usap mata bayi dengan kapas yang telah di basahi dengan air matang yang dingin, bersihkanlah sekitar bagian wajah dan mulut bayi ,Bersihkan mata bayi arah luar kedalam dengan kapas yang telah dibasahi .
  5. Basuhlah bagian wajah, kepala, leher, dada, lengan ,punggung dan juga tungkainya.

Jangan lupa daerah-daerah liptan nya , bersihkan bagian lubang hidung bayi denag bagian terluar  dari telinga yang dapat dilahat menggunakan kapas basah (catoon but) yang basah

  1. Usapkan sabun kebagian kepala , dan badan bayi. Lebih baik gunakan Washlap, pilih sabun bayi yang aman dengan formal PH balance agar tidak tersa pedih di mata bayi.

9.keramasi juga rambut bayi,  pengang dengan hati hati kepala bayi di atas bak mandi , berikutnya keringkan ,lepaskan lah handuk , latakanlah salah satu tangan di bawah pundak  bayi, sementara tangan satunya lagi letakan di bagian pantat . Masukkan bayi anda secara perlahan kedalam bak mandi .

  1. topang bagian leher dan pundak bayi , sabuni setelah itu dibilas . Pegang bagian pantat dan angkat. Selimuti si bayi dengan handuk , Tepuk tepuklah dengan lembut agar kering , Biarkan dulu di selimuti dengan handuk saat anda memkaikan baju dan popok bayi.

Semoga artikel ini mempermudah persoalan ibu  dalam memandikan buah hati.