(14/11/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalammualaikum Warahmatullah Wabaraktuh, Ayah-Bunda sahabat As Shidiq Aqiqah.  Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai hikmah dari puasa senin dan kamis yang Rasulullah perintahkan pada kita. Ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam memerintahkan kita melakukan sesuatu pasti meninggalkan hikmah. Dan ternyata perintah tersebut meninggalkan dua hikmah loh ayah-bunda… Hikmah  secara ruhaniah ataupun secara sains.

Secara ruhaniah dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda,

“Amal-amal manusia diperiksa pada setip hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR at-Tirmidzi dalam Sunannya (III/122) Kitaabus Shaum bab Maa Jaa’a fii Shaum Yaumil Itsnain wal Khamiis dari Abu Hura-irah. At-Tirmidzi mengatakan, “Hadits ini Hasan Gharib.”

Secara  ruhaniah kita dianjurkan Rasulullah untuk berpuasa senin dan kamis agar kita sedang berada dalam posisi beribadah pada Allah manakala amal kita sedang diangkat dan diperiksa ke langit. Sehingga hal ini diharapkan mampu mengangkat derajat kita didepan Allah Ta’ala.

Sedangkan secara sains ternyata para peneliti di South University Hospital Manchester menegaskan bahwa mengikuti diet ketat selama dua hari dalam seminggu, sebagai ganti mengurangi kolesterol scara terus menerus, merupakan cara yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kanker payudara.

Dr Michelle Harvey yang memimpin penelitian ini menemukan bahwa wanita yang mengikuti diet dua hari saja dalam seminggu, berat badannya turun lebih banyak daripada mereka yang mengikuti pola makan sempurna. Penelitian lain menunjukkan bahwa karbohidrat dalam makanan selama dua hari dalam seminggu juga dapat mencegah beberapa penyakit. Selain itu juga mengurangi kelebihan berat badan, sehingga dapat mencegah diri dari penyakit tekanan darah, diabetes, dan kolestrol.

Kita mengatakan bahwa diet ketat oleh Rasulullah diungkapkan dengan istilah ibadah puasa, dimana seorang mukmin mengurangi jumlah konsumsi makanan selama dua hari ini. Alangkah sempurna lagi apabila berbuka dengan kurma dan air serta beberapa makanan alami dan menghindari makanan berlemak.

Jadi, itulah hikmah secara ruhaniah ataupun sains berpuasa senin-kamis ayah-bunda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Referensi

Syaikh Abdel Daem Kaheel. 2014. “Rahasia Sunnah Nabi”. Pustaka Al Kautsar : Jakarta Timur.