Kebanyakan remaja tidak memenuhhi waktu  tidur ideal yang di sarankan  oleh dokter , Yakni 9 jam . Acara olahraga larut malam, pekerjaan rumah yang banyak , Video game, dan media social sering kali menjadi alsan kurangnya waktu tidur para remaja. Faktor hormon dalam masa pubertas juga mendukung remaja untuk tetap terjaga hingga pukul 11 malam. Sehingga mereka mampu begadang di hari sekolah. Jika dibiarkan, kurang tidur bisa menimbulkan konsekuensi serius bagi remaja. Efek tersebut bisa mereka rasakan dari waktu ke waktu. Berikut beberapa risiko terbesar yang dihadapi remaja karena kurang tidur.

  1. Sulit Konsentrasi

Ini sering kali saya alami. Dulu saat masih duduk di bangku SMK, saya suka sekali begadang, akibatnya saya sulit sekali konsentrasi dalam belajar bahkan mengerjakan tugas sekolah pun sering kesulitan.
Semenjak itulah saya sadar, bahwa pola tidur yang saya terapkan salah. Kini saya tidak lagi suka begadang, kalaupun begadang pasti keesokan harinya tidur siang agar porsi tidur terpenuhi.

  1. Menjadi Pelupa

Ini salah satu akibat buruk dari kurangnya tidur. Anda yang sering lupa harus memperhatikan porsi tidur anda. Waktu tidur normal adalah 8 jam, jika kurang dari itu maka bisa jadi penyebab anda sering lupa adalah kurang tidur.

     3.Memicu Munculnya Jerawat
Banyak yang bilang bahwa kurang tidur bisa memicu munculnya jerawat. Hal tersebut memang benar adanya.
Jerawat bisa timbul karena hormon dalam tubuh sedang tidak stabil, seperti saat kurang tidur atau saat masa pubertas.
Jadi, bagi anda yang tidak mau jerawatan sebaiknya cukupkan tidur.

     4.Tidak Produktif
Apa yang terjadi jika anda kurang tidur ?
“mengantuk” pastinya.
Bagi remaja yang umumnya masih sekolah, mengantuk saat jam belajar adalah hal yang sering kali ditemui.
Akibatnya otak akan sulit mencerna pelajaran yang disampaikan guru, bahkan untuk memahaminya pun sulit, Tak jarang pula kita malah tertidur saat jam belajar

      5.Mudah Sakit
Kurang tidur adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus kita hindari. Kurang tidur akan membuat sistem kekebalan tubuh terus melemah, akibatnya tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit.
Untuk mengatasi hal ini, satu-satunya solusi adalah dengan mencukupkan tidur dan mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang akan membantu meningkatkan sistem imun.

Contoh penyakit yang bisa di derita :

Berisiko tinggi mengalami obesitas

Banyak studi penelitian yang menyebutkan adanya pengaruh kurang tidur dengan obesitas pada anak-anak dan orang dewasa. Kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon yang mengontrol nafsu makan, serta menurunkan motivasi dan energi yang mengurangi motivasi remaja untuk berolahraga. Dengan demikian peluang mereka untuk menderita obesitas pun semakin tinggi.

  1. Masalah kesehatan mental

Remaja yang kurang tidur memiliki mood atau suasana hati yang mudah berubah. Mereka juga mudah marah, mempunyai tingkat kecemasan yang tinggi, dan kesulitan mengontrol amarah tersebut.

tulah masalah yang muncul akibat kurang tidur. Mulai sekarang jangan sepelekan porsi dan kualitas tidur anda.
Karena jika anda menyepelekannya, bisa jadi masalah-masalah diatas akan anda alami.