Assalammualaikum, Ayah Bunda Sahabat As Shidiq Aqiqah. Mungkin sebagian dari kita ada yang masih suka meninggalkan Sholat fardu. Padahal Sholat fardu adalah rukun islam yang wajib ditegakkan setelah mengucap syahadat dan menginjak baligh. Tapi tahukah Ayah Bunda efek fatal dari meninggalkan sholat  fardu?  Sholat sendiri bukanlah sekedar ucapan ataupun gerakan biasa, semuanya memiliki nilai filosofi tersendiri. Apakah Ayah Bunda tahu bahwa bacaan Al Fatihah yang kita baca dalam sholat memiliki makna yang mendalam? Nah, Pada kesempatan hari ini kami akan membahas makna mendalam pada ayat ke 6 dari Surat Al Fatihah.

Dalam Surat Al Fatihah ayat ke 6 :

“Tunjukilah kami jalan yang lurus’’ (Qs Al Fatihah : 6).

Prof Dr Buya Hamka, Dalam Tasifrnya di Buku Tafsir Juz’Amma, Al Azhar. Setengah ahli tafsir mengatakan bahwa jalan yang lurus memiliki empat arti. Pertama, Al Irsyad, yaitu kita memohon kepada Allah agar diberikan kecerdikan dan kecerdasan sehingga dapat membedakan antara yang haq dan batil. Kedua, At Taufiq yaitu bersesuaian antara kehendak yang akan kita lakukan dengan apa yang Allah rencanakan. Ketiga, Al Ilham yaitu diberi petunjuk oleh Allah agar dapat mengatasi kesulitan. Keempat, Ad Dilalah yaitu diberi petunjuk  tanda-tanda sekiranya jalan yang akan ditempuh oleh diri kita akan membahayakan atau tidak.

Jika hati kita terasa sering merasa gelisah tanpa sebab, Hidup terasa sempit, Hidup seperti cobaan yang tiada hentinya mungkin letak masalahnya ada di kualitas sholat kita. Oleh karena itu, Ayah dan Bunda jangan sampai kita meninggalkan Sholat ya. Dengan meninggalkan Sholat sama saja kita telah melepas diri dari jaminan Allah. Dalam sebuah hadits Rasulullah pernah bersabda,’’ Barangsiapa meninggalkan shalat yang wajib dengan sengaja, maka janji Allah terlepas darinya.’’ (HR. Ahmad  No.22128. Dikatakan hasan lighoirihi oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa Tarhib No. 569). Semoga kita selalu istiqomah dalam menegakkan Sholat. Aamiin…