Puasa memiliki banyak manfaat ta kecuali pada anak anak juga.  Meskipun anak kecil belum memiliki  kewajiban untuk berpuasa , tetapi tidak ada salah nya untuk mengajarjkan anak berpuasa . Lalu apa saja sebenarnya manfaat puasa ramdhan bagi si kecil, Yuk kit abaca artikel di bawah ini!

1.Meningkatkan Kecerdasan Si Kecil

Salah satu manfaat puasa Ramadan bagi si kecil adalah dapat meningkatkan kecerdasan mereka, yakni kecerdasan spritual mereka. Berdasarkan sebuah penelitian psikolog asal Amerika, Daniel Golemen, ternyata terdapat perbedaan perkembangan psikologis pada anak yang sabar menunggu dan tidak sabar, hal ini dapat kita lihat pada saat si kecil berpuasa. Si kecil yang berpuasa akan memiliki jiwa yang jauh lebih sabar, ramah, patuh, taat, tenang, dan jujur. Sebab, mereka terlatih untuk dapat menahan diri dari berbagai hal yang dapat membatalkan puasanya.

2.Memiliki Perkembangan Mental yang Baik

Anak kecil yang gemar dan terbiasa melakukan puasa Ramadan akan memiliki perkembangan mental yang baik. Pada awalnya memang belum terlihat dan terasa, tetapi lambat laun anak-anak kecil yang rajin berpuasa ini akan menunjukan perkembangan mereka dengan pesat dalam banyak hal, salah satunya adalah perkembangan mental mereka. Tidak percaya? Bandingkan saja antara anak-anak yang gemar berpuasa dan yang tidak. Si kecil yang gemar berpuasa memiliki mental yang baik, mereka akan tidak mudah marah, cengeng,  ataupun rewel. Berbeda halnya jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berpuasa.

3.Menumbuhkan Empati

Puasa Ramadan dapat menumbuhkan empati si kecil, salah satunya empati terhadap orang-orang di luar sana yang harus berjuang menahan dahaga dan lapar sepanjang waktu mereka karena terkendala biaya untuk membeli makanan dan minuman. Perlu diingat, untuk menumbuhkan empati kepada si kecil, orang tua berperan penting. Orang tua tak hanya perlu mengajarkan anak berpuasa, namun juga menunjukan kepada si kecil bahwa memang benar-benar masih banyak orang-orang yang kelaparan di luar sana. Hal ini tentu saja akan menumbuhkan rasa empati kepada si kecil. Jangan lupa ajarkan pula bagaimana caranya bersyukur kepada mereka.

  1. Melatih Kedisiplinan

Manfaat puasa Ramadan bagi si kecil selanjutnya adalah dapat melatih kedisiplinan mereka. Mereka akan terlatih kapan waktunya mereka bangun untuk sahur, tidur siang, bermain, sampai waktu mereka tidur. Tak hanya itu, puasa Ramadan juga dapat melatih kedisiplinan mereka untuk tidak makan sebelum waktunya berbuka, kecuali jika si kecil tidak kuat berpuasa atau sedang sakit.

5.Menyehatkan Tubuh

Menyehatkan tubuh si kecil merupakan salah satu manfaat puasa Ramadan yang dapat mereka peroleh. Sebab, dengan berpuasa tubuh mereka akan melakukan detoksifikasi yang akan membuang berbagai racun dalam diri si kecil. Agar tubuh si kecil jauh lebih sehat lagi, alangkah baiknya jika orang tua memerhatikan asupan gizi yang si kecil makan ketika sahur dan berbuka.

  1. Melatih untuk Melanjalankan Ibadah

anfaat puasa Ramadan bagi si kecil lainnya adalah dapat menjadikan ini sebagai sarana untuk melatih mereka beribadah. Tak hanya berpuasa saja, tetapi juga ibadah lainnya yang dapat dilakukan di bulan puasa, seperti mengaji, salat tarawih, maupun berzakat. Tentu saja hal ini akan sangat baik bagi si kecil. Mereka akan terbiasa melakukan ibadah sejak mereka masih kecil. Jadi, ketika dewasa mereka sudah terbiasa dan tidak asing lagi.

Inilah 6 manfaat puasa Ramdhan yang  akan si kecil dapatkan.  Sebagai orang tua tugas orang tua adalah menanamkan pengertian anak tentang puasa dan lakukan pendekatan kepada anak dengan cara yang baik dan menyenangkan. Katakan kalimat motivasi sehingga mereka menjadi bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa Biasakan mereka untuk puasa Ramadan dengan bertahap sesuai dengan usia dan kemampuannya, Jangan pernah lelah untuk mengajarkan mereka  berpuasa. .