Tau kah ibu membiarkan anak memilih sendiri pakainnya itu mempunyai manfaat dari segi kecerdasan si anak ,  kepercayaan diri anak  dan banyak lagi yang lain, nah disini saya akan sampaikan apa apa saja manfaat dari membiarkan anak memilih pilihan nya sendiri

Berikut ulsannya:

  • Membina pikiran kreatif si anak

Idenya kan , suka ada ada saja , Ya, misalkan memakai kacamata keliling mall. Tapi ya biar saja, dar kecil di biarkan untuk berpikir out of the box. Jadi nggak takut untuk mencoba sesuatu di luar kebiasaan yang anda, selama itu tidak membahayakan dirinya dan lingkungan.

Belajar mengembangkan gayanya sendiri.

Jadi kita sebagai ibu bisa belajar preference-nya anak kita gaya seperti apa. Apakah gaya princess atau cenderung tomboi?. Kita pun belajar untuk menghargai apa yang membuat mereka nyaman.

  • Belajar mencocokkan pola dan warna.

Dalam prosesnya, tentu kita bisa sambil mengarahkan mereka ke jalan yang benar :D. Bahwa kalau rok atau celananya sudah bermotif ramai, sebaiknya pilih yang atasannya berwarna polos.

  • Mengaitkan acara dan pakaian

Dalam membiarkan anak belajar memilih bajunya sendiri, tentu kita juga harus memberi batasan dan memberi panduan dari awal. Misalnya; kalau menghadiri pesta perkawinan hanya boleh mengambil dari baju yang digantung. Siasati juga dengan mengatur baju mereka sedemikian rupa. Misalnya baju pergi di rak paling atas, baju main di rumah di rak tengah, baju tidur di rak bawah. Jadi anak memilih dalam batasan-batasan yang sudah ditentukan. Ini penting untuk meminimalisir tingkat kefatalan dalam memakai baju :D.

Membiarkan mereka memiliki kendali atas kehidupan mereka.

Yang namanya anak kecil, pastilah hidupnya sudah diatur orangtuanya dari baru bangun tidur sampai tidur lagi. Biarlah urusan memakai baju ini menjadi momen di mana mereka merasa punya kontrol dalam kehidupan mereka. Pastinya ini akan membuat mereka lebih bercaya diri dan merasa kompeten. Asalkan pilihan mereka itu jangan kita cela, ya.