manfaat-olahraga-di-pagi-hari-1Apakah Anda termasuk orang yang terbiasa bangun di pagi hari? Atau Anda termasuk orang yang terbiasa bangun siang? Semoga Anda termasuk kedalam orang yang terbiasa bangun pagi yaaaaa… Bangun dari tidur merupakan salah satu tanda kebesaran Allah S.W.T sebagai bukti atas kekuasaanya yang merupakan kebangkitan setelah mati. Allah menamakan tidur itu sebagai kematian dan bangun tidur sebagai kebangkitan, Allah berfirman :
“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa yang belum mati di waktu tidurnya, maka dia tahanlah jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan, sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda – tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (Az Zumar : 42)
 Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk berusaha.” (Al Furqan : 47)

Berikut ini adalah manfaat bangun pagi :

  • Mendapatkan Udara Segar

Kita akan mendapatkan udara yang segar dibandingkan dengan udara di siang hari. Udara segar sangat bermanfaat bagi pernafasan dibandingkan dengan udara yang telah bercampur dengan polusi kendaraan dan polusi pabrik.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Dengan menghirup udara pagi, kita bisa melancarkan peredaran darah. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh membuat aliran darah menjadi lancar karena manfaat oksigen yang masuk ke dalam tubuh adalah oksigen paling baik.

  • Meningkatkan Produktivitas & Efisiensi

Penelitian di Texas pada tahun 2008 menyebutkan bahwa orang yang bangun lebih pagi menjadi lebih produktif dan efisien di pekerjaan. Seorang pelajar yang bangun pagi biasanya memiliki nilai yang cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang bangun siang.

  • Mengurangi Stress

Bangun lebih pagi membuat kita dapat berangkat kerja dengan tidak terburu-buru, ditambah lagi saat pagi jalanan sepi, jadi bisa terhindar dari macet. Suasana hati yang tenang akan membentuk pikiran-pikiran yang positif ketika bekerja.

  • Memaksimalkan Fungsi Otak

Menurut Dr. Muslim Nathin, bangun pagi dapat mengurangi kecenderungan terserangnya penyakit kardiovaskular atau bisa disebut juga gangguan jantung pembuluh darah. Karena kita mendapat kesempatan untuk menikmati udara segar yang belum sama sekali tersentuh oleh polusi, momentum tersebut sangatlah tepat untuk memasukkan sebanyak mungkin oksigen murni ke paru – paru dengan aktifitas sholat subuh atau berolahraga.