mitos-ibu-hamil-tidak-boleh-makan-kepiting-kopi-dan-alkohol

Makanan yang bergizi sangat penting untuk ibu hamil, karena akan berpengaruh pada kandungan dan janin. Makanan ibu hamil tersebut harus bergizi seimbang, artinya makanan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan. Saat sedang mengandung, sebenarnya Anda tidak perlu makan terlalu banyak seakan – akan untuk dua orang. Faktanya, Anda hanya perlu menambahkan sekitar 300 kalori tambahan, yaitu kira – kira setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal dengan susu rendah lemak. Konsumsilah makanan dalam porsi yang sedikit, tapi dengan intensitas yang lebih sering. Seorang ibu hamil tidak boleh makan sembarangan, semuanya harus tepat sasaran. Memang dalam beberapa bulan ngidam tidak mampu terelakkan, keinginan untuk memenuhi tuntutan momongan dirasa menjadi hal yang wajib dilakukan. Anda boleh saja menuruti kemauan calon buah hati, tetapi tetap perhatikan pula gizi dari makanan tersebut.

Jika Anda menginginkan calon buah hati tetap sehat sampai waktunya melahirkan, prioritas utama yang harus Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Sehat di sini adalah makanan yang mengandung banyak gizi sehingga menutrisi kebutuhan ibu dan janin yang dikandung.

Untuk jumlah kebutuhan kalori ibu hamil sesuai dengan usia kehamilannya, yaitu: Makanan untuk ibu hamil muda atau enam bulan pertama kehamilan (trimester pertama dan kedua), sebaiknya mengandung kalori sekitar 2.000 kalori per hari. Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan (trimester ketiga), Ibu hamil  akan membutuhkan tambahan 200 kalori per hari, sehingga totalnya sekitar 2.200 kalori per hari.
Untuk jenis makanan, wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 10% kalori dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari karbohidrat. Disamping sumber kalori tersebut makanan ibu hamil juga harus mengandung lebih banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium (yang diperlukan untuk kelenjar tiroid) dan seng. Semua nutrisi ini dapat ditemukan dalam produk segar dan protein.

Berikut adalah daftar makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil disetiap trimesternya :

  1. Trimester Pertama (I)

Kehamilan pada trimester pertama sangatlah penting karena sebagai fondasi atau awal dari perkembangan janin. Makanan yang dikonsumsi pada saat trimester pertama sangat menentukan perkembangan pada janin. Makanan yang baik di konsumsi pada trimester ini antara lain :

1)    Bayam

Sayuran hijau yang satu ini baik untuk ibu hamil muda karena banyak mengandung asam folat. Asam Folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu, Bayam juga mengandung serat, mangan besi, vitamin A C dan K.

2)     Buah

Berbagai jenis buah-buahan sangat cocok menjadi makanan untuk ibu hamil 1 bulan. Selama kehamilan usahakan untuk memilih buah segar daripada buah kalengan. Hal ini dikarenakan buah kalengan mengandung bahan pengawet dan juga mengandung garam berlebih. Kedua hal ini tentunya akan merugikan kesehatan terutama saat kehamilan. Resiko terjadinya hipertensi yang kadang muncul selama kehamilan dapat dikurangi dengan membatasi asupan garam.

Selain manfaat dari nutrisinya, kandungan serat dalam buah akan membantu mengatasi sembelit yang terjadi selama masa kehamilan, sedangkan bagi janin, banyaknya nutrisi dalam buah tentu akan sangat baik untuk perkembangannya. Pilihan buahnya adalah apel, jeruk, pisang, alpukat, anggur, kurma, tomat dan lain sebagainya. Sedangkan yang dilarang adalah durian, nanas, delima, dan pepaya muda.

3)      Kacang – kacangan

Sebagian besar dari kita tahu bahwa kacang – kacangan merupakan sumber protein dan serat, oleh karena itu kacang selama kehamilan akan membantu mengatasi sembelit. Hampir 40 % wanita hamil akan menjadi sembelit selama kehamilan. Penyebab sembelit tersebut meliputi tekanan rahim yang semakin besar, hormone progesteron yang memperlambat gerak pencernaan, dan suplemen zat besi. Kacang juga mengandung sumber yang kaya akan asam folat dan zat besi.

4)       Seafood

Seafood atau makanan laut ternyata juga bagus untuk menjadi salah satu jenis makanan untuk ibu hamil trimester pertama. Berbagai jenis makanan laut atau seafood ini cukup banyak mengandung protein dan juga asam lemak omega 3. Nutrisi-nutrisi ini sangat bagus untuk perkembangan otak janin, ingin anak Anda cerdas bukan? Beberapa jenis makanan laut yang bisa Anda konsumsi adalah jenis ikan dan udang.

5)       Produk Olahan Susu

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak berbagai produk olahan yang terbuat dari susu. Seperti yang kita ketahui bahwa pertumbuhan sel membutuhkan protein, termasuk juga pertumbuhan janin yang sangat pesat sehingga sang ibu akan sangat membutuhkan asupan protein. Maka dari itu mengonsumsi berbagai jenis olahan susu adalah salah satu jalan terbaik untuk mendapatkan asupan protein yang cukup.

  1. Trimester kedua (II)

Kehamilan trimester kedua terjadi pada usia kehamilan bulan ke 4 – 6. Pada saat ini ibu hamil sudah dapat menikmati makanan dan minuman yang dikonsumsi tanpa merasakan adanya gangguan mual dan muntah. Untuk itulah, pada saat usia kehamilan ini, ibu hamil harus senantiasa dapat menjaga keseimbangan berat badan dengan konsumsi makanan sehat yang memiliki kadar gizi seimbang. Antara lain :

1)    Telur

Telur menjadi makanan yang bergizi untuk ibu hamil karena kuning telur mengandung choline, nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi (janin) di samping meningkatkan otak Anda sendiri. Ibu hamil harus mendapatkan sekitar 450 mg choline setiap hari.

Dan jika Anda vegetarian atau tidak suka telur, sumber-sumber lain yang mengandung choline termasuk daging sapi, susu dan kacang kedelai.

2)    Alpukat

Ibu hamil trimester kedua dianjurkan mengonsumsi alpukat, karena Alpukat adalah sumber serat vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin B6. Diperkaya juga dengan lemak tak jenuh yang sehat, yang merupakan lemak “baik” yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Alpukat telah diketahui dapat membantu mengurangi morning sickness dan membantu pertumbuhan otak bayi dan pertumbuhan jaringan

  1. Trimester ketiga (III)

Trimester kehamilan 3 adalah saat yang paling menegangkan sekaligus penantian panjang sang bunda akan kelahiran sang jabang bayi. Pada periode penting ini disarankan ibu hamil melakukan segala persiapan bagi proses kelahiran buah hati. Nutrisi-nutrisi penting harus di penuhi agar proses kelahiran bayinya lancar dan normal. Makanan yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga antara lain :

1)    Ikan

Ikan yang banyak lemak semisal sarden, tuna, salmon, dan mackerel ternyata kaya akan omega-3 yang menjadi nutrisi kesehatan otak dan jantung Anda sekaligus janin tercinta. Para dokter menyarankan akan konsumsi ikan lemak tidak boleh lebih dari 1,2 kg setiap minggunya. Karena kita tidak tahu asal ikan lemak tersebut, apakan dari peternakan ikan yang mengandung zat merkuri yang merugikan kesehatan dedek bayi.

2)    Pepaya

Buah pepaya yang besar, murah, dan menyegar ternyata mempunyai kandungan vitamin C, serat, potassium, dan folat, yang semua itu sangat baik untuk meredam rasa panas dan heartburn pada perut Anda. Anda hanya boleh makan pepaya yang sudah masa, karena pepaya muda atau mentah masih terdapat getah pepsin yang akan mempercepat proses kontraksi.

3)    Yogurt

Susah buang air besar atau dalam bidang medis disebut sebagai konstipasi akan sering dialami oleh ibu hamil masa hamil 7 bulan ke atas. Yogurt menjadi makanan yang berkhasiat untuk memperlancar buang air besar. Kandungan kalsium tinggi pada yogurt dapat mengurangi sakit pada punggung Anda.

4)    Susu

Ibu hamil 7 bulan ke atas akan mengalami sulit atau susah tidur, sehingga posisi tidur miring adalah cara terbaik untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Minum susu sebelum tidur akan membuat pikiran menjadi lebih tenang, dan tubuh menjadi rileks.

Pengunjung Juga Mencari:

  • apa yabg baik dikomsumsi ibu hamil pada 40hari terakhir
  • fakta sayuran yang sehat untuk ibu hamil muda sampai hamil tua
  • makan sehat buat ibu hamil dan dedek bayi
  • makanan berkhasiat heipetitis c untuk ibu mengandung
  • makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil