mitos-ibu-hamil-tidak-boleh-makan-kepiting-kopi-dan-alkohol

Makanan yang bergizi sangat penting untuk ibu hamil, karena akan berpengaruh pada kandungan dan janin. Makanan ibu hamil tersebut harus bergizi seimbang, artinya makanan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan. Saat sedang mengandung, sebenarnya Anda tidak perlu makan terlalu banyak seakan – akan untuk dua orang. Faktanya, Anda hanya perlu menambahkan sekitar 300 kalori tambahan, yaitu kira – kira setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal dengan susu rendah lemak. Konsumsilah makanan dalam porsi yang sedikit, tapi dengan intensitas yang lebih sering. Seorang ibu hamil tidak boleh makan sembarangan, semuanya harus tepat sasaran. Memang dalam beberapa bulan ngidam tidak mampu terelakkan, keinginan untuk memenuhi tuntutan momongan dirasa menjadi hal yang wajib dilakukan. Anda boleh saja menuruti kemauan calon buah hati, tetapi tetap perhatikan pula gizi dari makanan tersebut.

Jika Anda menginginkan calon buah hati tetap sehat sampai waktunya melahirkan, prioritas utama yang harus Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Sehat di sini adalah makanan yang mengandung banyak gizi sehingga menutrisi kebutuhan ibu dan janin yang dikandung.

Untuk jumlah kebutuhan kalori ibu hamil sesuai dengan usia kehamilannya, yaitu: Makanan untuk ibu hamil muda atau enam bulan pertama kehamilan (trimester pertama dan kedua), sebaiknya mengandung kalori sekitar 2.000 kalori per hari. Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan (trimester ketiga), Ibu hamil  akan membutuhkan tambahan 200 kalori per hari, sehingga totalnya sekitar 2.200 kalori per hari.
Untuk jenis makanan, wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 10% kalori dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari karbohidrat. Disamping sumber kalori tersebut makanan ibu hamil juga harus mengandung lebih banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium (yang diperlukan untuk kelenjar tiroid) dan seng. Semua nutrisi ini dapat ditemukan dalam produk segar dan p