(02/10/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalammualaikum warahmatullahi Wabarakatuh, Ayah-Bunda sahabat As Shidiq Aqiqah.

Saat dalam kondisi yang lapar mungkin sebagian dari kita ada yang terburu-buru sekali saat mengambil makan. Akibatnya ada kelalain yang dilakukan. Yaitu lupa membaca doa ketika hendak menyantap makanan tersebut. Padahal patut diketahui bahwa di awal makan kita diperintahkan untuk membaca bismillah/ “Allahumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar, bismillah”.
Lalu, Bagaimana jika lupa membaca di awal makan? apa yang mesti kita lakukan sehingga rutinitas makan kita tetap diberkahi serta dijauhi dari godaan setan?

Dalam sebuah hadits,  Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaah awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).” (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. At Tirmidzi mengatakan hadits tersebut hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih)

Dalam lafazh lain disebutkan,

Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia ucapkan “Bismillah”. Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaklah ia mengucapkan: Bismillaah fii awwalihi wa aakhirihi (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”. (HR. Tirmidzi no. 1858, Abu Daud no. 3767 dan Ibnu Majah no. 3264. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih dan Syaikh Al Albani menyatakan hadits ini shahih).

Bahaya Makan Tanpa Membaca Doa

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda,

 

Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan. (HR. Muslim dan Ahmad)

Dari hadits diatas,  setan akan ikut menyantap makanan yang dimakan oleh orang yang tidak membaca bismillah. Dalam sebuah ceramahnya Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, ” Kalau anda makan/minum tidak diawali bismillah maka setan Dasim akan mengatakan ,”Ini adalah jatah makan kita” Ketika kita segera membaca Bismillaah awwalahu wa aakhirohu dia (setan dasim) akan memuntahkan kembali”

Ayah-Bunda harus tahu bahwa setan suka menyusup dalam aliran darah Bani Adam.  Rasulullah pernah bersabda, :

“Sesungguhnya setan menyusup dalam diri manusia melalui aliran darah. Aku khawatir sekiranya setan itu menyusupkan kejelekan dalam hati kalian berdua.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 3281 dan Muslim no. 2175).

 

Dan salah satu cara setan menyusup ke dalam aliran darah manusia  melalui makanan yang disantap tanpa bismillah! Kok bisa?Begini penjelasannya…

Kita beli beras. Beras dimasak menjadi nasi. Nasi dikunyah masuk ke dalam mulut. Dari mulut akan dicerna oleh tubuh. Setelah dicerna ia akan menjadi komposisi dalam tubuh kita. Kemudian mengalir dalam tubuh kita yang dipompa oleh jantung. Lari ke otak yang merupakan pusat pikiran. Seandainya kita sulit  menerima dan melakukan yang baik-baik dalam diri kita…. Coba perhatikanlah cara kita makan. Bisa jadi ada indikasi yang salah dalam cara kita makan.  Rasulullah pernah bersabda,

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

 

Jadi seperti itulah ayah-bunda solusi, serta bahaya apabila kita makan tanpa diawali doa. Letak bahayanya adalah setan Dasim akan ikut menyantap dan mengalir dalam darah kita. Untuk mengatasi hal tersebut, maka bacalah Bismillaah awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya) atau Bismillaah fii awwalihi wa aakhirihi (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya) untuk menjaga keberkahan makanan yang akan disantap. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat. Insyah Allah.. Aamiin..