(6/9/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalammualaikum ayah bunda sahabat As Shidiq Aqiqah

As siqth. Apa itu as siqth? ya, As Siqth adalah bayi yang lahir dari rahim ibunya secara prematur dalam keadaan tidak bernyawa. Ayah dan Bunda jangan bersedih ya.. terdapat banyak hadits yang keterangannya sangat menggembirakan hati ayah bunda yang mengalaminya. Salah satu hadits tersebut adalah :

Dari Mu’adz Ibnu Jabal, Bahwasannya Rasulullah pernah bersabda :

Demi Tuhan yang diriku berada dalam genggaman kekuasaanNya, sesungguhnya siqth benar-benar akan menarik ibunya ke dalam surga dengan pusarnya bila sang ibu rela dengan kehilangannya.” (HR Ahmad No 21076 dan Ibnu Majah dalam Kitabul Janaiz No 1598)

Kedudukan ini hanya diperoleh bagi sang ibu yang sabar demi mengharapkan pahala Allah dengan kematian bayinya.

Diriwayatkan dari sayydina Ali bahwa Rasulullah pernah bersabda ,

“Sesungguhnya siqth benar-benar meminta dengan mendesak kepada Tuhannya bila kedua orang tuanya dimasukkan ke dalam neraka. Akhirnya dikatakan kepadanya : “Hai Siqth yang mendesak kepada Tuhannya, masukkanlah kedua orangtuamu ke dalam surga, ‘ lalu ia menarik kedua orangtuanya dengan pusarnya dari neraka dan memasukkan keduanya kedalam surga ” (HR Ibnu Abu Syaibah Juz 3 No 11887)

Siqth atau bayi yang lahir dari rahim ibunya dalam keadaan tidak bernyawa ini tidak rela apabila melihat kedua orangtuanya dimasukkan ke dalam neraka. Maka ia akan meminta dengan penuh mendesak agar kedua orangtuanya dimasukkan ke dalam surga bersamanya (An Nihayah karya Ibnul Atsir, bab kata Raghima)

Jangan bersedih lagi ya bagi ayah dan bunda yang mengalaminya. Sabar itu memang berat tetapi lebih berat lagi jika harus kehilangan pahala sabar bukan?

Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.. Insya Allah. Aamiin…

Referensi :

Abdur Rahman, Jamaal.2005. “Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah. Bandung : Daaruth Thaibah Al Khadra.