hewan1aqiqah

Aqiqah telah disyariatkan dalam islam, sebagaimana Rasulullah SAW pernah mengaqiqahi Hasan dan Husein pada hari ketujuh. Dalam istilah agama, aqiqah berarti hewan yang disembelih karena lahirnya seorang anak, baik laki-laki maupun perempuan. Hewan yang diperbolehkan untuk disembelih untuk aqiqah adalah kambing atau domba. Namun apakah syarat kambing atau domba utnuk aqiqah sama seperti syarat yang ditentukan untuk kurban. Bagi anda yang ingin melakukan aqiqah, berikut dalil serta syarat-syarat hewan untuk aqiqah agar dapat melaksanakan aqiqah yang syar’i.

Demi menjaga keraguan dalam menentukan kategori kambing/domba, maka Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Untuk anak pria dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” (HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).

Dari hadist di atas, sudah disebutkan bahwa tidak masalah jika tipe kelaminnya jantan ataupun betina, asalkan kondisi hewan tidak cacat, sehat dan sudah dewasa. Kategori umur hewan untuk aqiqah dikiaskan sama seperti hewan untuk kurban. Yaitu kambing/biri-biri telah mencapai umur setahun, tidak kurus kering, bahkan tidak boleh sedikit pun dijual dari daging dan kulitnya.

Penyajian kambing aqiqah boleh dalam keadaan matang atau mentah. Dan hendaknya dalam menyalurkan diutamakan pada sekitar lingkungan rumah bayi tersebut dengan tidak melupakan anak yatim, fakir, dan miskin. Namun ada sebagian ulama berpendapat, dalam penyaluran (pemberian) kambing aqiqah, lebih utama dilakukan setelah daging dimasak, dan tidak dibagikan dalam kondisi masih mentah. Hal ini karena mengingat fakir miskin dalam keadaan tidak mampu untuk memasak daging yang diberikan. Sehingga yang paling utama adalah meringankan beban mereka.

Sedangkan jumlah kambing aqiqah untuk disembelih adalah dua ekor kambing untuk laki-laki, dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ketentuan jumlah hewan untuk aqiqah ini berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang artinya:

“Sesungguhnya Rasulullah SAW memerintahkan mereka untuk mengaqiqahi anak laki-laki dengan dua kambing, dan anak perempuan dengan satu kambing.” (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Itulah syarat-syarat kambing untuk aqiqah. Agar aqiqah syar’i, sebelum melakukan aqiqah, sangatlah penting bagi anda mengetahui syarat dan ketentuan hewan untuk aqiqah. Kini anda juga tak perlu khawatir mencari jasa aqiqah, khususnya bagi anda yang berdomisili di Ibu kota, kini banyak jasa aqiqah Jakarta salah satunya yaitu As Shidiq Aqiqah yang siap memenuhi kebutuhan acara aqiqah anak anda.