baby-01

Anak adalah anugerah dari Allah SWT yang dititipkan kepada Anda untuk dijaga dan dididik dengan baik. Biasanya bagi keluarga yang baru dikaruniai anak akan terlihat sangat senang dan bahagia karena keluarganya akan semakin ramai, apalagi anak yang baru dilahirkan akan terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Namun bagi Anda seorang keluarga yang baru mendapatkan anak, Anda tidak boleh menghiraukan hak yang harus diberikan untuk si buah hati. Simak beberapa hak anak yang harus Anda pelajari sesuai syariat islam.

  1. Mendapatkan makanan manis

Berilah anak Anda makanan manis setelah baru beberapa hari dilahirkan seperti kurma atau makanan manis yang lainnya. Namun makanan manis tersebut harus lunak dan mudah dikunyah oleh anak Anda. Hal ini dapat membuat anak Anda akan lebih tenang dan tidak rewel karena mereka mendapatkan makanan pertamanya yang manis. Sebenarnya hal ini merupakan sunnah namun jika dikerjakan akan baik untuk buah hati Anda. Karena hal ini sering dilakukan oleh Rasulullah SAW.

  1. Mendapatkan nama yang baik

Nama bagi seorang anak merupakan sebuah hal yang sangat penting, karena nama tersebut akan dibawa olehnya sampai dewasa nanti. Dianjurkan untuk Anda agar memberikan nama yang memiliki arti yang sangat baik. Sehingga nantinya anak tersebut akan berperilaku sangat baik sesuai namanya.

  1. Memiliki rambut yang gundul pada saat hari ketujuh

Sesuai dengan Hadits Riwayat Tirmizi no 1519, Bagi Anda yang baru memiliki anak maka Anda wajib menggunduli anak Anda pada hari ketujuh setelah kelahirannya.

  1. Aqiqah

Sangat penting bagi Anda untuk mengaqiqah anak Anda sesuai syariat islam yang telah ditentukan, karena setiap anak tergadai dengan aqiqahnya. Aqiqah Syar’I dapat membuat anak Anda terbebas dari utang kepada Allah SWT. Sesuai aqiqah syar’I anak laki laki hendaknya disembelih 2 ekor kambing, sedangkan anak perempuan hendaknya disembelih 1 ekor kambing.

  1. Khitan

Jika 4 hak anak diatas dapat dikerjakan secara waktu yang sama, maka untuk yang ke lima ini dilakukan pada saat yang berbeda. Jika buah hati Anda laki laki maka Anda bisa melakukan khitan pada saat umur dia telah menginjak 10 tahun. Namun jika anak Anda perempuan harus di khitan setelah baru dilahirkan