ubah-kebiasaan-buruk

Kesehatan adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia. Tapi banyak diantara manusia yang kurang menyadari betapa pentingnya hal itu bagi hidup kita. Sehingga kebanyakan dari mereka menyepelekan hal itu dengan melakukan banyak kebiasaan yang berdampak negatif untuk kesehatannya.

Kebanyakan dari mereka melakukan suatu kebiasaan yang tanpa mereka sadari bisa merusak dan mengganggu kesehatan tubuhnya. Ya mungkin untuk saat ini masih belum nampak dampak dari kebiasaan tersebut karena biasanya kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut baru terasa ketika kita sudah sakit dan tergeletak di rumah sakit.

Oleh sebab itu, kita harus mengetahui kebiasaan-kebiasaan mana yang berdampak buruk untuk kesehatan kita. Berikut ini saya akan menyajikan beberapa kebiasaan buruk yang harus kita waspadai dan harus kita tinggalkan :

1.Bergadang

Begadang seperti menjadi kebiasaan buruk yang cepat menular apalagi di zaman sekarang. Dengan begadang berarti kita telah mengurangi hak tubuh kita yang biasanya waktu malam dipakai untuk istirahat selama minimal 8 jam.

Mayoritas anak muda di Indonesia sangat suka melakukan hal yang satu ini. Apalagi dengan minimnya pengawasan dari orang tua, sehingga membuat mereka sering melakukan kebiasaan begadang ini bersama dengan teman sepergaulannya. Bila hal ini menjadi rutinitas, maka kemungkinan besar akan merusak dan mengganggu fungsi jantung dan paru-parunya.

2.Terlalu sering mengosumsi makanan instan

Di zaman kita ini telah banyak beredar di sekitar kita makanan-makanan yang cepat saji. Meskipun makanan tersebut tidak memberikan efek secara langsung, tapi untuk jangka panjang makanan-makanan tersebut akan memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi kita.

Sebut saja contoh yang paling banyak dikonsumsi yaitu mi instan. Setelah diteliti, jika kita merutinkan diri untuk memakannya, kemungkinan besar suatu saat nanti kita akan terserang penyakit-penyakit kelas atas, salah satunya yaitu kanker.

3.Merokok

Merokok telah menjadi salah satu virus udara terbesar yang tersebar di kalangan masyarakat Indonesia baik di kalangan awam terlebih lagi di kalangan masyarakat menengah keatas. Padahal jika dilihat dari bungkus rokoknya, disana telah tertulis potensi penyakit yang akan diderita oleh para perokok kedepannya. Tapi hal itu seperti tak ada pengaruhnya sama sekali, karena mereka tetap saja membeli dan mengkonsumsinya.

Bahkan hanya dengan merokok 1 batang per hari, dapat menyebabkan pembekuan darah sehingga bisa menyumbat aliran darah dan menimbulkan plak di arteri dan pembuluh darah. Selain itu kita bisa memberikan dampak yang lebih buruk bagi perokok pasif yang berada di sekitar kita pada saat merokok.

4.Minum minuman keras

Sebagaimana yang kita ketahui,alkohol atau minuman keras sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Tapi tetap saja minuman keras masih terus beredar di negeri tercinta ini sampai sekarang.

Sehingga memungkinkan bagi kita khususnya orang-orang yang depresi karena mempunyai masalah yang tak kunjung terselesaikan tertarik untuk membeli dan meminumnya. Dan bila hal ini menjadi kebiasaan maka yang pasti kita akan terkena penyakit liver, lambung dan ginjal.

5.Nonton tv berlebihan

Bila hal ini dilakukan secara normal saja, bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita apalagi bila dilakukan secara berlebihan.

Hal itu disebabkan karena tv memiliki radiasi yang tinggi dan bila tubuh kita sering terkena radiasi ini maka kemungkinan besar kita akan terkena penyakit-penyakit yang mengerikan suatu saat nanti. Jadi mulai sekarang aturlah seminimal mungkin waktu untuk menonton tv.

6.Nonton tv terlalu dekat

Menonton tv terlalu dekat biasanya sering dilakukan oleh anak-anak yang masih belum mengerti apa-apa atau oleh orang tua yang sudah rabun dan memiliki masalah pendengaran.

Tapi bila hal ini sering dilakukan oleh orang yang normal maka bisa dipastikan suatu saat nanti dia akan mengalami gangguan pada matanya seperti rabun dan lain-lain.

7.Menelpon sampai berjam jam

Sering menelepon sampai terlalu lama atau bahkan sampai berjam-jam bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita. Biasanya hal ini sering dilakukan oleh anak-anak muda yang berpacaran dan pebisnis untuk melakukan transaksi dengan pelanggannya.

Hal ini bisa memberikan dampak yang buruk bagi pendengaran dan tubuh kita karena sama seperti laptop dan tv, handphone juga memiliki radiasi meskipun tingkat radiasinya lebih kecil bila dibandingkan dengan dua barang elektronik tersebut. Meskipun begitu, kita harus bisa mengontrol pemakaiannya karena yang namanya radiasi pasti mempunyai dampak yang buruk bagi tubuh kita suatu saat nanti.

8.Berada di depan laptop atau komputer terlalu lama

Seperti halnya tv, laptop atau komputer juga memiliki radiasi yang tinggi bahkan cenderung lebih tinggi. Maka jika kita sering berada di depan laptop atau komputer, secara otomatis tubuh kita akan sering terkena radiasi tersebut.

Dan jika tubuh kita terlalu banyak terkena radiasi tersebut, kemungkinan besar suatu saat nanti kita akan terkena penyaki-penyakit kelas atas, seperti kanker otak, dan lain-lain.

  1. Memakai headphone atau earphone

Hal ini sudah menjadi tren tersendiri di zaman elektronik ini. Bahkan headphone atau earphone seolah-olah telah menjadi sahabat sejati bagi telinga kita.

Bila hal ini sering kita lakukan, maka yang pasti terkena dampaknya untuk pertama kali adalah pendengaran kita. jadi mulai saat ini, kita harus bisa meminimalisir kebiasaan buruk tersebut atau bahkan meninggalkannya sama sekali.

10.Langsung membuka laptop atau barang elektronik lainnya ketika baru bangun tidur

Hal ini telah menjadi kebiasaan semua orang di zaman sekarang ini. Seiring berkembangnya zaman malah semakin menambah banyak kebiasaan buruk dalam keseharian kita.

Bila hal ini sering dilakukan maka biasanya pengaru radiasi tersebut akan lebih cepat terasa bagi kita. dan kemungkinan besar tidak lama lagi kita akan terkena penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh radiasi tersebut.

Itulah kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus kita hindari jika kita tetap ingin mempunyai kehidupan yang sehat sampai berusia lanjut. Dan semoga kita juga bisa menjaga dan mengingatkan orang-orang di sekeliling kita untuk menghindari dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dalam kehidupan sehari-hari.